Sukses

7 Rahasia Jadi Kaya di Usia Usia 20-an Tahun

Membangun kekayaan bukanlah tentang menaruh semua harapan ke suatu hari nanti.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang pasti memimpikan menjadi [kaya.](https://www.liputan6.com/bisnis/read/4124614/5-tips-praktis-memperbaiki-kondisi-keuangan?source=search "") Jika beruntung, Anda mungkin dapat menjadi miliarder dari usaha sendiri.

Meski kenyataannya, membangun kekayaan bukanlah tentang menaruh semua harapan ke "suatu hari nanti." Anda tidak pernah terlalu tua untuk mulai membangun kekayaan, tetapi jika mulai ketika muda, justru memiliki potensi yang jauh lebih besar untuk mengumpulkan kekayaan, dan lebih banyak waktu untuk membiarkan kekayaan itu bertambah seiring bertambahnya usia.

Berikut 7 strategi yang dapat membantu Anda menjadi kaya di usia 20 sampai 30a-an tahun, seperti melansir laman Inc.com, Sabtu (28/2/2020):

1. Berhenti menunda-nunda

Kebodohan masa muda adalah percaya bahwa selalu ada cukup waktu untuk semuanya. Anak-anak muda sering percaya bahwa pensiun, atau membangun kekayaan, adalah sesuatu yang datang kemudian dalam kehidupan.

Sayangnya, ini sering mengarah pada siklus "Oh, saya harus melakukannya bulan depan," bulan demi bulan, sampai sebelum Anda menyadarinya, suda 10 tahun lebih tua dan melewatkan satu dekade begitu saja.

Bila ingin kaya, langkah pertama adalah berhenti menunda-nunda. Menabung dan berinvestasi memang tak mudah. Namun semakin lama Anda menunggu untuk melakukannya, semakin sedikit keuntungan yang bisa didapatkan.

2. Tak ada hal ajaib

Hilangkan harapan jika ada sesuatu yang ajaib bisa membuat Anda kaya secara tiba-tiba. Jelas hal ini tidak ada. Tujuan mendasar dari menjadi kaya sederhana. Hasilkan lebih dari yang Anda belanjakan, dan gunakan kelebihan untuk berinvestasi dengan bijak.

Cara berinvestasi bisa dilakukan beragam, tetapi tetapkan tujuan yang jelas bahwa melakukan investasi adalah demi menghasilkan lebih banyak uang di masa depan.

Jadi cara untuk mencapai ini adalah dengan menghasilkan lebih banyak uang, pengeluaran lebih sedikit, dan berinvestasi lebih bijak.

3. Investasikan diri 

Tujuan Anda selanjutnya adalah berinvestasi pada diri sendiri. Anda adalah sumber daya terbaik untuk mengumpulkan kekayaan. Berinvestasi dalam diri sendiri berarti menghabiskan lebih banyak waktu untuk pendidikan, menyempurnakan keahlian, dan berkembang untuk bertemu orang-orang baru yang mungkin membantu mencapai tujuan.

Semakin terdidik, terampil, berpengalaman, dan banyak koneksi, semakin banyak peluang berharga yang akan didapatkan. Mulai dari gaji yang lebih tinggi dan lebih banyak pilihan untuk Anda di masa mendatang. Keduanya akan membantu membangun fondasi keuangan yang lebih kuat.

 

 

Tonton Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Buat anggaran

Ingat langkah-langkah dari poin 2: Hasilkan lebih banyak uang, belanjakan lebih sedikit, dan investasikan dengan bijak.

Buat anggaran terperinci untuk diri sendiri berdasarkan proyeksi pendapatan dan pengeluaran saat ini. Tetapkan batasan tegas untuk pengeluaran, dan perhatikan dengan cermat kemana sebagian besar uang pergi, Anda mungkin akan terkejut pada beberapa area di mana menghabiskan paling banyak uang.

Setelah diidentifikasi, Anda dapat mulai memperbaiki anggaran untuk menghabiskan sesedikit mungkin, dan menyalurkan sisanya ke dalam program tabungan atau investasi.

5. Bayar utang

Sebelum mulai menabung dan menginvestasikan uang secara teratur, biasanya merupakan ide yang baik untuk melunasi hutang yang mungkin dikumpulkan. Utang kartu kredit, utang kredit kendaraan dapat mempengaruhi Anda.

Jangan biarkan ini menggerogoti potensi Anda, tapi jadikan prioritas pertama untuk menghilangkan utang Anda sesegera mungkin.

6. Ambil risiko

Anda masih muda, sehingga memiliki banyak waktu. Sekarang saatnya mengambil risiko dalam berinvestasi.

Jika perlu, pertimbangkan berhenti dari pekerjaan untuk memulai bisnis sendiri. Ikuti usaha baru dan peluang baru.

Kebanyakan orang kaya akan memberi tahu Anda salah satu kunci sukses terbesar mereka adalah mengambil risiko yang sudah diperhitungkan.

7. Diversifikasi

Meskipun berani mengambil risiko adalah strategi yang umumnya bermanfaat di usia 20-an dan 30-an, itu juga merupakan ide bagus untuk mendiversifikasi usaha.

Jangan hanya membangun keterampilan, atau koneksi. Jangan mengandalkan satu jenis investasi, dan jangan mempertaruhkan seluruh tabungan pada satu usaha.

Alih-alih, cobalah mengatur beberapa aliran pendapatan, buat beberapa rencana cadangan untuk tujuan dan bisnis, dan lindung nilai dengan mencari peluang baru di mana-mana.

Ini akan melindungi Anda dari kerugian akibat bencana, dan meningkatkan peluang Anda untuk memukulnya dengan besar di salah satu usaha Anda.

Dengan menerapkan tujuh rahasia ini sepenuhnya, Anda akan dapat mulai mengumpulkan kekayaan di mana pun Anda berada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.