Sukses

PLN Matikan Listrik di Area Terdampak Banjir, Cek Lokasinya

Liputan6.com, Jakarta PLN mengambil langkah antisipasi dengan memadamkan aliran listrik di beberapa wilayah Jakarta yang banjir karena hujan yang mengguyur pada Minggu dini hari. Pemadaman demi menjaga keselamatan jiwa masyarakat.

"Sebanyak 308 gardu listrik terdampak, 5 gardu listrik sudah menyala dan 303 gardu listrik masih padam," ujar GM PLN UID Jakarta Raya, Ikhsan Asaad, Minggu (23/2/2020).

Beberapa wilayah di Jakarta yang masih padam yaitu Harapan Indah, Jalan Raya Bekasi, Jalan Raya Cakung Cilincing, Jalan Raya Pegangsaan, Jalan Kayu Tinggi, Johar Baru, Percetakan Negara, Kebon Kosong, Kepu, Pulomas, Jalan Garuda, Jalan Angkasa, Jalan Pulo Kambing, Jalan A. Yani, Pisangan Lama, Jalan Rawasari Barat, Cempaka Putih, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Gunung Sahari Raya, Bungur, Jalan Dermaga Duren Sawit, Kebon Nanas Selatan

Ikhsan juga menghimbau kepada masyarakat yang wilayahnya mulai tergenang air, untuk dapat mematikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB), mencabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak.

Kemudian menaikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman serta dapat menghubungi Contact Center 123 atau kantor PLN terdekat untuk memadamkan daerah terdampak banjir.

"Setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering. PLN juga memastikan semua jaringan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik," tegas dia.

2 dari 2 halaman

Rel Terendam Banjir, KCI Rekayasa Jalur KRL

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) merekayasa pola operasi KRL akibat banjir di sejumlah wilayah di DKI Jakarta hingga menggenangi jalur rel di beberapa titik.

"Sejumlah lokasi yang jalur relnya terendam air hingga pukul 05.00 WIB pagi hari ini adalah Dipo KRL Bukit Duri, dan Dipo Lokomotif Jatinegara dan di sekitar Stasiun Manggarai, Sudirman, Kemayoran, Jatinegara, dan Tebet," ujar Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba di Jakarta, Minggu (23/2/2020).

Akibat genangan air yang tidak memungkinkan kereta melintas, PT KCI dan PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan rekayasa pola operasi sebagai berikut:

- Lintas Bogor/ Depok/ Nambo - Angke/ Jatinegara PP: perjalanan hanya sampai Stasiun Manggarai.

- Lintas Bogor/ Depok/ - Jakarta Kota PP, Lintas Bekasi/Cikarang - Jakarta Kota PP, Lintas Rangkas Bitung/ Maja/ Parungpanjang/ Serpong - Tanah Abang PP, Lintas Tangerang - Duri PP dan Lintas Tanjung Priok - Jakarta Kota PP perjalanan KRL hingga pukul 05.00 masih terpantau normal.

"PT KCI memohon maaf atas kendala perjalanan yang terjadi di sejumlah lintas pelayanan KRL pada pagi hari ini," ujar Anne.

Para pengguna KRL dihimbau merencanakan perjalanannya mengingat banjir di sejumlah wilayah tersebut.

Petugas di Stasiun maupun KRL akan senantiasa menyampaikan informasi terkini mengenai perjalanan KRL.

Ada di Indonesia, Tempat Wisata Ekstrem Dunia Untuk Pecinta Tantangan
Loading