Sukses

Virus Corona Tak Pengaruhi Ekspor Indonesia ke China

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan bahwa penyebaran virus corona di China tak berpengaruh terhadap kegiatan ekspor dari Indonesia ke Tiongkok.

"Saya kira belum ada dampaknya terhadap corona ini. Memang ada yang mengkhawatirkan ekonomi di China sendiri akan secara signifikan melemah dari coronavirus itu sendiri. Ini something to be seen, kita lihat perkembangannya," tuturnya di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Sebagai langkah antisipasi, Kementerian Perindustrian akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk memeriksa segala bahan baku industri dari China aman dari penyebaran virus corona.

"Saya kira itu masukan baik, apakah virus itu bisa tersebar melalui besi atau alat elektronik. Nanti saya akan saya survey ke Kementerian Kesehatan supaya mereka periksa barang-barang impor yang masuk ke China," bebernya.

Dia pun meminta agar publik Indonesia tidak terlalu membesar-besarkan mewabahnya virus corona, dan menyatakan Indonesia masih aman dari penyebarannya.

"Alhamdulillah saya mendengar dari beberapa kementerian bahwa sampai hari ini belum ditemukan satu kasus dari coronavirus. Masalah coronavirus itu tetap waspada tapi jangan dibesar-besarkan," imbuh dia.

2 dari 3 halaman

Virus Corona Sangat Berdampak ke Sektor Pariwisata Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menaruh kekhawatiran dengan dampak ekonomi dari adanya virus Corona yang mematikan. Menurutnya, isu ini akan menjadi masalah baru bagi perekonomian dunia.

"Yang terbaru adalah outbreak Corona di China. Tentu ini kan menjadi persoalan-persoalan baru untuk perekonomian dunia," kata Airlangga di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Dampak paling terasa dari adanya virus Corona yakni akan berimbas pada kondisi pariwisata Indonesia. Di mana, wisatawan mancanegara asal China akan turun drastis.

"Sudah pasti pariwisata dari China akan terganggu," kata dia.

Kendati begitu, dirinya mengaku masih akan terus melihat perkembangan dari permasalahan ini. Mengingat, virus Corona ini dampaknya tidak hanya di regional saja melainkan juga global.

"Jadi kita lihat saja perkembangannya," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading