Sukses

Ingin Sukses, Sontek Saja 9 Kebiasaan Orang Sukses Ini

Liputan6.com, Jakarta - Anda tentu pernah bertanya-tanya, mengapa beberapa oang bisa begitu sukses. Anda pasti berpikir orang sukses itu punya gagasan, motivasi, kegigihan, dan beruntung bisa menjadi kaya atau sukses.

Namun, ternyata kebanyakan orang sukses memiliki kebiasaan tertentu, dilansir dari laman Entepreneur.com, berikut sembilan kebiasaan yang dilakukan orang sukses:

1. Bangun Pagi

Mantan Presiden Obama, Richard Branson, Jack Dorsey, Larry Schultz, Tim Cook, dan CEO Xerox, Ursula Burns, dikenal sebagai orang yang bangun lebih awal.

Bagaimana ini dikaitkan dengan kesuksesan mereka? Karena dengan bangun pagi mereka bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk memulai hari. Ini seperti berolahraga, dengan bangun pagi juga cenderung membuat diri lebih bahagia dan lebih proaktif.

2. Bermeditasi

Pendiri Bridgewater Associates Ray Dalio, mengatakan kepada The Huffington Post pada 2013 bahwa dengan bermeditasi dapat membuatnya lebih fokus dalam menentukan suatu pekerjaan, sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Merawat tubuh dan pikiran Anda dengan bersantai, berolahraga, makan sehat dan cukup tidur adalah cara untuk meningkatkan peluang kesuksesan.

3. Membangun Jaringan atau Relasi

Orang-orang sukses menyadari pentingnya jaringan. Bahkan, penelitian telah menemukan bahwa jaringan kerja dapat membuat orang berkinerja lebih baik di tempat kerja, dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan memiliki jaringan dapat membantu orang-orang sukses menjadi lebih inovatif. 

4. Menyibukkan diri

Orang sukses itu jarang menganggur. Orang-orang yang berhasil seperti Lyndon B. Johnson (LBJ) dan Robert Moses yang dikenal bekerja 60-65 jam per pekerjaan. Serta Elon Musk bekerja dengan rajin selama 80-100 jam per minggu dan mengatakan, "Itulah jenis etos kerja yang harus dimiliki seorang wirausahawan."

 

5. Tidak menonton TV tapi Membaca

Menurut Thomas Corley, penulis ""Rich Habits: The Daily Success Habits Of Wealthy Individuals," 67 persen orang kaya hanya menonton TV selama satu jam atau kurang per hari. Corley juga menemukan, hanya 6 persen dari reality show yang kaya, sementara 78 persen orang miskin melakukannya.

Selain itu, 86 persen orang kaya suka membaca, dengan 88 persen mengklaim bahwa mereka membaca untuk perbaikan diri selama 30 menit atau lebih per hari.

6. Tahu kapan mengatakan "tidak."

“Perbedaan antara orang-orang sukses dan orang-orang yang benar-benar sukses adalah orang-orang yang benar-benar sukses mengatakan tidak pada hampir semua hal," kata Warren Buffett

Orang-orang sukses menyadari bahwa dengan mengatakan "tidak" pada hal negatif, kerja ekstra, dan aktivitas yang membuang waktu, mereka dapat fokus pada peningkatan produktivitas mereka.

Jika mereka mengatakan "ya" kepada semua orang atau segalanya, mereka akan terganggu dan tidak akan menyelesaikan pekerjaan yang harus dilakukan.

7. Menulis daftar pekerjaan malam sebelumnya

Orang-orang sukses dikenal karena menulis to-do-list mereka malam sebelumnya, sehingga mereka dapat menetapkan prioritas untuk hari berikutnya. Mereka memberi nomor pada daftar  untuk mengidentifikasi tugas mana yang paling penting.

Mereka mengelola uang mereka

Orang-orang sukses telah mencapai posisi mereka sekarang, karena mereka mampu mengelola keuangan mereka dengan baik. Ini berarti mereka mampu menginvestasikan uang mereka dengan bijak, mencari peluang baru dan menyisihkan dana darurat.

Mereka lebih murah hati dan mau menyumbang untuk mereka yang membutuhkan bantuan.

Ada pepatah lama yang mengatakan bahwa keberuntungan, dan persiapan selalu menemui peluang. Orang-orang yang paling sukses adalah mereka yang mampu mengelola dirinya dalam segala hal, baik mengelola waktu, ataupun keuangan.

8. Mereka menetapkan tujuan dan memvisualisasikannya

Joel Brown mewawancarai sejumlah orang berprestasi tinggi dan menemukan bahwa “Sembilan puluh lima dari orang-orang yang berhasil, saya telah mewawancarai praktik menuliskan tujuan, rencana, atau visi untuk sukses secara teratur. Orang-orang sukses melakukan ini malam sebelumnya, atau hal pertama di pagi hari sehingga mereka siap untuk mengatasi tantangan yang menanti mereka. ''

Itulah kebiasaan yang dilakukan orang sukses, yang mungkin bisa Anda contoh.