Sukses

Stres Dapat Memotivasi Orang agar Sukses

Stres dapat dialami oleh semua orang. Stres dapat menyebabkan beberapa penyakit. Namun, stres juga dapat memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Stres merupakan gangguan mental yang disebabkan oleh adanya tekanan. Stres bisa terjadi pada siapa pun. Stres dapat berpengaruh pada tubuh seseorang dalam jangka waktu yang singkat ataupun jangka waktu yang panjang.

Selain itu, stres dapat juga memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa cara agar stres bisa memberikan pengaruh positif pada tubuh Anda:

1. Stres Dapat Membantu Anda Menjadi Lebih Kreatif

Seperti yang dilansir dari Woman's Day, psikolog di Pennsylvania, Amerika Serikat, Larina Kase, PhD., menanyakan kepada penulis atau artis tentang proses kreatif dan terbukti bahwa karya terbaiknya sering muncul sebagai akibat dari banyak frustrasi dan penderitaan.

"Stres sering mendahului atau menyertai terobosan kreatif," kata Kase.

"Jika pikiran kita benar-benar tenang dan santai, mereka tidak perlu alasan untuk melihat sesuatu secara berbeda. Kita cenderung merasakan peningkatan stres ketika kita menemukan jalan baru karena perubahan biasanya terkait dengan stres," lanjutnya

2. Stres Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh dalam Jangka Pendek

Berdasarkan lansiran dari Health, "Ketika tubuh merespons stres, ia mempersiapkan diri untuk kemungkinan cedera atau infeksi," kata wakil ketua dalam penelitian di Department of Psychiatry di University of Alabama Birmingham, Amerika Serikat, Richard Shelton.

Kemudian, dr. shelton juga menambahkan bahwa salah satu caranya adalah dengan memproduksi interleukin ekstra, bahan kimia yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh, untuk mendorong sistem kekebalan sementara.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Stres Dapat Memotivasi Anda untuk Sukses

Eustress atau stres yang baik mungkin Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

"Menatap wajah Anda akan merangsang perilaku Anda untuk benar-benar mengelola situsai secara efektif, cepat, dan lebih produktif," kata dr. shelton.

Menurutnya, kunci agar stres dapat memotivasi Anda adalah dengan memandang situasi yang penuh tekanan sebagai tantangan yang bisa Anda lalui.

4. Stres Dapat Membuat Anda Menjadi Lebih Ulet

Belajar menghadapi situasi-situasi yang penuh tekanan dapat membuat situasi di masa depan lebih mudah untuk dikelola. Berdasarkan gagasan tersebut, dr.shelton menambahkan, walaupun Anda tentu dapat memperolah manfaat dari pengalaman yang yang tidak terlalu ekstrem.

3 dari 3 halaman

5. Stres Dapat Membuat Anda Lebih Sehat Setelah Perawatan Bedah atau Medis

Penelitian terbaru menunjukkan hubungan antara stres jangka pendek sebelum prosedur bedah atau medis dan pengalaman pemulihan yang lebih sukses.

"Stres dapat memicu pelepasan adrenalin. Gelombang adrenalin ini dapat membantu Anda fokus dan berpikir lebih jernih," kata psikiater klinis dan penulis Get Out of Your Way, Mark Goulston.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.