Sukses

Jadi Wakil Komisaris Utama Pertamina, Ini Terobosan Budi Gunadi Sadikin

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Budi Gunadi Sadikin yang juga menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), mengaku telah memiliki sejumlah trobosan baru untuk membenahi sistem bisnis di Pertamina. Salah satunya yakni akan mengubah pola bisnis dari yang sebelumnya bergantung pada energi fosil, menuju ke arah energi ramah lingkungan.

"Saya masih baru jadi wakil komisaris utama. Ya mungkin harus diubah dikit energi sistem dari sisi production dan distribution. Sistem berubah, Jadi source primary energy dulu sebagian besar fossil, sekarang diganti dengan other source," ujarnya dalam Pertamina Energy Forum 2019, di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Budi menjelaskan, salah satu energi ramah lingkungan yang akan dijalankan Pertamina ke dapan yaitu energi tenaga surya atau solar energy.

"Feeling aku mungkin dibuat telekomunikasi, kita mau bikin power plant yang besar, efisien, kemudian tarik kabel dari seluruh pulau Indonesia. Mungkin lebih make sense bikin solar panel lah di pulau-pulau terpencil. Kan solar malem enggak bisa kelihatan mungkin tambah baterai," jelas dia.

Selain itu, lewat tangan dinginnya dirinya juga akan mengembangkan bisnis energi biomassa di Pertamina. Menurutnya, Indonesia bisa menghasilkan energi biomassa dari sampah, tumbuhan, dan hutan tropis.

"Mungkin yang lebih efisien adalah produksi daribelektrifikasi using biomass. karena locally available. Tiap hari bikin sampah juga kenapa ennga dipake. kita tropical forest, dimana pohon tumbuh cepet, daun gugur cepat. Itu kan bisa dimasukin," ucap dia.

"Yang penting mastikan energy system yang baru ini atau ke depan bisa berikan dampak semaksimal mungkin ke masyarakat. Jadi sistem baru bisa jalanin dengan baik," tutupnya.

Reporter: Dwi Aditya PutraMerdeka.com

2 dari 3 halaman

Temani Ahok, Wamen BUMN Budi Gunadi Jadi Wakil Komut Pertamina

Menteri BUMN Erick Thohir resmi umumkan penugasan wakil menterinya, Budi Gunadi Sadikin sebagai Wakil Komisaris Utama Pertamina menemani Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina.

Hal ini disampaikannya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (22/11/2019).

"InsyaAllah sudah putus dari beliau (Presiden), Pak Basuki (Ahok) akan jadi Komisaris Utama Pertamina. Akan didampingi Pak Wamen Budi Sadikin jadi Wakil Komisaris Utama," tutur Erick kepada awak media.

Begitupun dengan Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini yang ditugaskan menjadi Direktur Keuangan Pertamina. 

Nantinya, penugasan Ahok dan Budi Gunadi Sadikin akan dimulai secepatnya, bisa Jumat ini atau Senin (25/11/2019).

"Kalau Pertamina kan bukan Tbk jadi bisa segera proses, hari ini atau Senin," imbuh Erick.

Ke depannya, untuk menyatukan visi dan misi, Erick juga akan mengajak seluruh Direktur Utama dan Komisaris Utama dalam rapat bulanan BUMN agar tidak ada direksi atau komisaris yang saling salah paham.

"Sehingga kalau ada yang beda, ayo kita bicarakan, kita duduk," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Banyak Tol Baru, Penumpang Pesawat saat Natal dan Tahun Baru Turun
Artikel Selanjutnya
Yasonna: Hukuman Mati Bagi Koruptor Ada dalam Undang-Undang