Sukses

5 Tips Membangun Perusahaan secara Mandiri

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang bermimpi membangun bisnisnya sendiri. Seiring perjalanan, banyak yang akhirnya bisa menuai sukses. Namun adapula yang akhirnya mengalah di tengah jalan.

Tentu ada berbagai strategi agar membangun bisnis bisa berjalan sesuai rencana. Syukur-syukur ini akan membawa seseorang menuju  kesuksesan dan kekayaan.

 

Seperti melansir dari CNBC, Senin (16/12/2019), berikut adalah strategi yang digunakan untuk membangun perusahaan secara mandiri.

1. Otomatiskan Bisnis 

Untuk tetap fokus ke banyak hal dan guna meningkatkan efisiensi, banyak pemilik bisnis mengotomatiskan sebanyak mungkin bisnisnya. Kemajuan analisis data dan kecerdasan buatan memperluas pilihan bagi pemilik bisnis.

Sekarang, kemajuan teknologi mendukung para pebisnis untuk membantu mereka dari banyak hal. Mulai dari pemasaran hingga layanan pelanggan.

2 dari 4 halaman

2. Sewa Freelancer dan Kontraktor Terpercaya

Walaupun pebisnis sudah menggunakan otomatisasi, tetap saja sebagai seorang solopreneur, ada titik di mana suatu pekerjaan akan menjadi banyak hingga tidak sanggup untuk diselesaikan.

Mengandalkan tenaga profesional lepas yang dapat membantu solopreneur untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk.

Contoh mengurus pembukuan, desain web, dan pemasaran digital. Hal tersebut membantu pemilik untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu singkat.

3. Outsourcing

Pengusaha solo juga harus beralih ke outsourcing untuk segala hal. Mulai dari pemasaran konten dan pembukuan hingga penggajian.

Keuntungan tambahan dari outsourcing adalah dapat memberikan kontinuitas, pengendalian biaya operasional dan manajemen risiko.

Menurut Rajesh Srivastava pendekatan outsourcing dapat menghemat waktu dan uang karena ia tidak perlu menyewa tim untuk membangun sistem pemrosesan pembayaran.

3 dari 4 halaman

4. Berivestasi dalam Pemasaran Media Sosial

Banyak bisnis yang mulai beralih ke media sosial berbiaya rendah untuk memasarkan produk merek mereka. Dengan menyebarkannya melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram, memberikan dampak untuk membangun citra sebuah merek.

5. Beri  Waktu untuk Pengembangan Diri

Menyewa pelatih bisnis, mengikuti kursus dan bergabung dalam kelompok pebisnis dapat membuat pengetahuan bertambah. Serta memberikan ide tambahan tentang bisnis.

Selain itu tidak ada salahnya untuk membicarakan bisnis buatan Anda kepada orang-orang terdekat untuk mendapatkan masukan dan membuat Anda menjadi belajar dari orang-orang tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan video di bawah ini:

Loading