Sukses

Berikut Manfaat Lebih dari Penggunaan Kartu Kredit

Berikut beberapa fungsi kartu kredit.

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan kartu kredit memiliki banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa Anda dapatkan. Bahkan mudahnya dalam bertransaksi membuat banyak orang yang ingin memilikinya.

Tidak hanya memudahkan saat membayar belanjaan, namun memiliki kartu kredit juga memiliki segudang keuntungan lainnya, seperti mendapatkan diskon yang menguntungkan, dan lainnya.

Tak sedikit orang yang belum mengerti cara dan kegunaan kartu kredit lainnya yang bisa didapatkan. Mungkin Anda tak menyangka ternyata kartu kredit itu bisa digunakan untuk hal berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Beli Elektronik atau Gadget Bisa Dicicil dengan Bunga 0 Persen

Bila punya kartu kredit, keuntungan yang bisa diperoleh adalah boleh membeli barang-barang elektronik atau gadget dengan cara dicicil.

Lebih menguntungkan lagi adalah bunganya bisa nol persen. Betapa tidak dobel untung itu? Belinya dicicil, ditambah lagi tidak bayar bunga alias 0 persen.

Sekarang hampir semua kartu kredit memberikan fasilitas kepada nasabahnya dalam kemudahan membeli produk.

Jangka waktu cicilannya pun variatif, mulai dari 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan, bahkan 24 bulan. Semua tergantung dari jenis dan harga produk tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bisa Buat Belanja ‘Online’

Keuntungan yang lainnya adalah, Anda bisa mendapatkan banyak promo, diskon, potongan harga, cicilan nol persen, hingga promo menarik lainnya yang disediakan oleh ratusan situs belanja online.

Bahkan beberapa kartu kredit dari bank tertentu gencar memberikan promo dan menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan yang sukses berkecimpung di dunia bisnis online.

Promo yang diberikan seperti diskon 15 persen, dan juga potongan diskon hingga Rp250.000 setiap pembelanjaan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

3. Buat Belanja Kebutuhan Sehari-hari di Supermarket

Saat ini, semakin banyak orang yang memilih untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan membeli di supermarket. Selain barangnya yang lengkap dari sayuran, peralatan rumah tangga, hingga peralatan sekolah. Dengan pertimbangan seperti inilah pengguna kartu kredit menjadi semakin dimudahkan saat belanja di supermarket.

Selain itu, belanja menggunakan kartu kredit jadi lebih murah jika dibandingkan dengan belanja di swalayan kecil menggunakan uang tunai. Ada banyak potongan harga, dan juga promo yang disediakan untuk pengguna kartu kredit.

Beberapa pusat perbelanjaan seperti Food Hall, Superindo, dan juga Grand Lucky sering memberikan promo menarik untuk para pengunjungnya.

Tidak tanggung-tanggung promo seperti minyak, gula, voucher Rp100.000, hingga potongan 15 persen selalu diberikan pada pengunjung yang menggunakan kartu kredit dalam pembayarannya.

3 dari 3 halaman

4. Bisa untuk Pemesanan Kamar Hotel

Pernahkah Anda melihat hotel-hotel penginapan memberikan penawaran menarik berupa potongan harga atau diskon pada pengunjungnya yang membayar menggunakan kartu kredit dari bank tertentu.

Inilah salah satu trik untuk menarik para pengunjung dan juga tentunya memudahkan transaksi saat ingin membayar sewa hotel maupun penginapan yang dipakai.

Contohnya saja, saat Anda menyewa satu kamar hotel yang dihargai Rp500.000 per malamnya. Tanpa menggunakan kartu kredit, Anda harus membayar Rp500.000 tidak lebih tidak kurang. 

Sedangkan saat Anda membayar menggunakan kartu kredit, pihak hotel akan memberikan diskon 20 persen pada Anda. Anda bisa berhemat lebih banyak sekitar Rp100.000. 

Tentu saja ini bisa mengurangi beban sewa yang harus Anda bayarkan, dan uang Rp100.000 tadi bisa Anda gunakan untuk kebutuhan yang lainnya. 

Salah satu promo yang paling banyak digunakan oleh kartu kredit adalah promo diskon sebanyak Rp250.000 setiap transaksi penginapan. Namun, usahakan untuk menggunakan promo tersebut sebelum masa berlakunya berakhir.

Sayang sekali jika Anda melewatkan promo ini begitu saja ya. Dan promo ini biasanya tidak bisa  Anda diuangkan. Jadi jangan harap untuk bisa menukar promo kartu kredit yang Anda dapat dengan sejumlah uang tunai.

Dan perlu diingat pula, terkadang ada juga merchant yang mensyaratkan pemesanan hotel menggunakan kartu kredit. Ketika tiba di lokasi, baru membayarnya secara langsung.

5. Kartu Kredit Bisa Digunakan untuk Pemesan Tiket Pesawat

Anda sering berkunjung atau melakukan perjalanan bisnis menggunakan pesawat? Sebaiknya untuk menghemat uang Anda selama perjalanan yang bolak balik ini gunakan kartu kredit agar merasakan keuntungannya.

Menggunakan kartu kredit, Anda bisa memperoleh harga tiket pesawat yang lebih miring dibandingkan dengan harga umum tanpa kartu kredit. Namun pilihlah maskapai penerbangan yang menyediakan promo atau diskon.

Beberapa maskapai penerbangan menawarkan diskon atau potongan harga hingga Rp250.000 untuk para pengguna kartu kredit yang memesan tiket pesawat menggunakan kartu kredit. 

Perhatikan Syarat dan Ketentuannya

Meski banyak memberikan keuntungan dan tawaran yang menggiurkan, namun baca dahulu semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pahami dulu apa yang menjadi konsekuensi Anda nantinya, jangan hanya melulu karena melihat keuntungan yang banyak lantas membuat Anda lalai dalam melihat kewajiban yang harus dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini