Sukses

Kesan Sri Mulyani Usai Mengajar Siswa SD Kenari

Kehadiran Sri Mulyani di SDN Kenari 01, Jakarta Pusat, dalam rangkaian kegiatan Hari Oeang 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku terkesan ketika mendapatkan kesempatan mengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kenari 01, Jakarta Pusat. Sebab, banyak pelajaran berarti yang dia dapat terutama ketika melakukan dialog bersama para siswa-siswi.

Sri Mulyani mengatakan, para siswa-siswi SDN Kenari 01 sebetulnya memiki pengetahuan dasar yang baik. Hanya saja belum mampu diutarakan dalam sebuah narasi yang tepat.

"Dan mereka tahu Indonesia dipimpin oleh seorang presiden, tujuan sejahterakan rakyat ciptakan keadilan keamanan," kata dia usai mengajar di SDN Kenari 01, Jakarta Pusat, Senin (4/11/2019).

Bendahara Negara ini menambahkan, selain pemahaman dasar yang baik, pola pikir para-siswa-siswi ini juga rupanya cukup matang. Hal itu tercermin ketika Sri Mulyani bertanya kepada anak-anak akan pentingnya bayar pajak.

"Saya tanya kenapa harus bayar pajak? Mereka menjawab untuk kepentingan bersama. Itu solidaritas luar biasa keluar spontan dari mereka. itu menurut saya pesan yang luar bisa dan sikap dari anak-anak itu," kata dia.

Seperti diketahui, kehadiran Sri Mulyani di SDN Kenari 01, Jakarta Pusat ini dalam rangkaian kegiatan hari oeang 2019 yang tersebar di 27 provinsi seluruh Indonesia. Dalam hal ini, terdapat 3.700 relawan Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkungan Kementerian Keuangan yang terlibat.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sri Mulyani Ajari Anak SD Cara Kelola Keuangan Negara

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengunjungi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kenari 01, Jakarta Pusat, pada Senin pagi ini. Kunjungan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dasar kepada anak-anak mengenai pengelolaan keuangan negara.

Kepada siswa SDN Kenari, Sri Mulyani menjelaskan, di suatu negara mana pun ada instansi pemerintah yang tugasnya adalah mengurusi keuangan negara. Di Indonesia, Kementerian Keuangan mendapat peran tersebut.

"Berarti ada menteri yang harus urus uang, nah itu siapa? Ibu. Semua membutuhkan dana untuk pembangunan negara. Menterinya menteri keuangan negara, orangnya ada di sini," kata Sri Mulyani kepada anak-anak, di SD Kenari 01, Jakarta, Senin (4/11/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Bendahara Negara ini juga melontarkan beberapa pertanyaan terhadap anak-anak. Tujuannya, untuk menarik pemahaman anak-anak atas dasar tugas dan fungsi dari Kementerian Keuangan. 

"Kalau Menkeu tugasnya kelola keuangan negara, uangnya kira-kira dari mana yah?" tanya Sri Mulyani kepada anak-anak.

Secara kompak, para anak-anak tersebut kemudian menjawab dengan beragam macam. "Jual beli. Pajak. Cukai Bu," jawab anak-anak.

Mendengar jawaban tersebut, kemudian Sri Mulyani memberikan pertanyaan kembali kepada mereka. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menanyakan pajak yang dihasilkan tersebut berupa pajak dari mana.

"Pajak rokok, mobil, rumah," jawab anak-anak.

Seperti diketahui, kehadiran Sri Mulyani ini juga dalam rangkaian kegiatan Hari Oeang yang tersebar di 27 provinsi seluruh Indonesia. Dalam acara ini, terdapat 3.700 relawan Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkungan Kementerian Keuangan yang terlibat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini