Sukses

Tips Ajari Anak di Tengah Kemajuan Teknologi

Pasti semua orang tua ingin membesarkan anak-anaknya agar menjadi cerdas dan fokus walaupun masa sekarang banyak gangguan digital.

Liputan6.com, Jakarta Pasti semua orang tua ingin membesarkan anak-anaknya agar menjadi cerdas dan fokus walaupun masa sekarang banyak gangguan digital. Bahkan Steve Jobs dan Bill Gates pun membatasi waktu penggunaan teknologi bagi anak-anak mereka.

Terkadang orang tua perlu memahami bahwa tidak apa-apa untuk menempatkan anak sebagai penanggung jawab. Hal tersebut adalah cara untuk mereka belajar memahami perilaku mereka sendiri.

Seperti dilansir dari CNBC, Senin (4/11/2019) berikut tiga hal untuk mengajari anak

1. Ajari mereka di usia muda

Masa sekarang sulit menghindari anak-anak dari penggunaan teknologi. Maka dari itu orang tua dapat menjelaskan bahwa ada begitu banyak waktu yang bisa dinikmati, selain menggunakan gadget.

Menghabiskan waktu terlalu banyak dengan aplikasi berarti lebih sedikit waktu untuk bermain dengan teman-teman dan orang tua.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Skeptisisme

Pada dasarnya perusahaan teknologi dirancang untuk membuat anak-anak terpikat dan terbiasa menggunakan teknologi. Penting bagi anak-anak untuk memahami motif perusahaan permainan dan jejaring sosial.

Perlu dipahami bahwa perusahaan termotivasi untuk membuat anak-anak menghabiskan waktu menonton. Itu menjadi hal penting dalam pengajaran literasi media.

3. Diskusi

Paling penting adalah melibatkan anak dalam percakapan dan membantu mereka menetapkan aturan sendiri. Ketika orang tua menetapkan aturan tanpa melibatkan mereka, anak-anak bisa saja menjadi kesal.

Setiap keluarga penting untuk mengadakan diskusi tentang peran teknologi yang dimainkan di dalam keluarga. Sama halnya dengan keluarga lain yang memiliki perdebatan dan itu hal yang wajar.

Sebenarnya untuk menggunakan teknologi adalah tanggung jawab bagi pengguna. Tapi penting bagi orang tua untuk menyadari anak-anaknya bahwa produk teknologi dirancang untuk hal-hal positif.

Reporter: Chrismonica

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.