Sukses

Rincian Formasi CPNS 2019 Diumumkan Pasca Pelantikan Kabinet

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan, jumlah formasi yang akan dibuka pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di sebanyak 197.117 formasi.

Masing-masing formasi tersebut telah dibagi kepada setiap instansi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

"Hari ini dibagi formasi kepada instansi penerima sebanyak 197.117 formasi CPNS 2019," ungkap Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan saat berbincang dengan Liputan6.com seusai Rakornas.

Ketentuan formasi tersebut, lanjut Ridwan, memiliki rincian yakni instansi pusat sebanyak 37.854 formasi untuk 74 kementerian/lembaga, serta 159.257 formasi untuk 467 Pemerintah Daerah (Pemda).

"Jenis formasi yang dibuka ada formasi umum dan juga formasi khusus dalam CPNS 2019. Yang khusus itu cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat, dan formasi lain yang bersifat strategis di pusat," jelas dia.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rincian Bidang

Namun begitu, ia mengatakan, belum mengetahui pasti rincian pembagian formasi tersebut untuk bidang-bidang apa saja. Tapi formasi CPNS ini disebutnya bakal diumumkan kepada publik pasca pelantikan kabinet baru Jokowi yang diperkirakan berlangsung pada 20 Oktober mendatang.

"Kita belum tahu. Jadi kami (BKN) baru menerima totalnya, tapi berapa-berapanya saya tidak tahu. Karena masing-masing ada di amplop yang dibagikan kepada tiap instansi," ujar Ridwan.

Dia pun memastikan, jumlah 197.117 formasi untuk seleksi CPNS nanti sudah final. "Sudah pasti," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.