Sukses

Gandeng APL, BTN Tawarkan Bunga KPR 5 Persen

BTN memberikan bunga KPR mulai dari 5 persen fixed 2 tahun dan uang muka sebesar 5 persen.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN kian agresif menyalurkan kredit. Berbagai kerjasama dengan para pengembang properti nasionalbaik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta terus dijalin demi mengerekangka penyaluran kredit.

Kali ini, bank fokus di pembiayaan sektor properti tersebut menjalin kerjasama bisnis (business collaboration) dengan PT Agung Podomoro Land(APL), Tbk salah satu pengembang besar terkemuka di Indonesia.

Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Consumer Lending Division (NSLD) Bank BTN Suryanti Agustinar mengatakan BTN berharap, melalui kolaborasi bisnis ini realisasi penyaluran pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah maupun Apartemen (KPR/KPA) akan meningkat signifikan seiring dengan kebutuhan akan hunian yang masih cukup besar.

Seperti diketahui, hingga saat ini angka kesenjangan antara supply dan demand (backlog)hunian masih cukup lebar, yakni 11,4 juta unit.

Dengan kolaborasi ini Bank BTN optimis dapat menambah angka relaisasi KPR/KPA, sedikitnya sebesar Rp 1 triliun per bulan. Apalagi, Bank Indonesia baru-baru ini sudah memberikan stimulus berupa pelonggaran loan to value (LTV) bagi KPR kedua dan seterusnya hanya 5 persen untuk yang berkawasan Go Green.

“Ini artinya, masyarakat dipastikan semakin mudah memiliki hunian impiannya karenasecara otomatis baik down payment (DP) maupun bunga KPR yang ditawarkanperbankan juga menjadi lebih rendah dibanding sebelumnya,” papar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Lebih jauh dia memamparkan, bagi masyarakat yang melakukan KPR/KPA untuk kepemilikan hunian pada sejumlah proyek properti besutan APL akan mendapatkan berbagai keringanan serta diskon khusus dari Bank BTN. Diantaranya adalah Podomoro Park Bandung, Podomoro Golf View Cimanggis di Depok, Grand Taruma, dan VimalaHills Ciawi di Bogor.

“Kami memberikan bunga KPR spesial mulai dari 5 persen fixed 2 tahun, uang muka (downpayment/DP) sebesar 5 persen, bebas biaya administrasi, bebas biaya provisi danadministrasi, serta diskon asuransi jiwa sebesar 10%. Program ini berlaku hingga 31Desember 2019,” terang Suryanti.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasar Properti Kian Bergairah

Optimisme yang sama diungkapkan Assistant Vice President Residential Marketing PT Agung Podomoro Land Tbk Zaldy Wihardja. Menurutnya, pasar properti kian bergairah setelah relaksasi loan to value (LTV) digulirkan pekan lalu. Sektor hunian menengah bawah dinilai menjadi segmen yang menggerakkan roda bisnis properti.

“Sejak Agustus 2019 sebenarnya sudah terasa adanya peningkatan penjualan. Namun,ditambah adanya relaksasi pelonggaran LTV, kami optimistis penjualan properti pada2020 kian membaik," ungkap dia.

Untuk menjaga momentum peningkatan pasar tersebut, pihaknya menjalin kolaborasi bisnis bersama Bank BTN, dengan manawarkan berbagai kemudahan transaksi KPR/KPA.

"Hal ini dilakukan bertepatan dengan hari jadi APL ke-50 yang jatuh pada September 2019,” pungkas Zaldy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.