Sukses

Masyarakat Pulau Seribu Kini Nikmati Layanan Digital Banking

Bank DKI bersama Pemprov DKI Jakarta berupaya mewujudkan Digital Island pada ranah transaksi keuangan di Kepulauan Seribu.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi membuat gaya hidup masyarakat bergeser. Salah satunya dalam hal layanan perbankan, seperti digital banking. Kehadiran digital banking ini menawarkan kelebihan, seperti transaksi keuangan menjadi lebih cepat, aman, nyaman, dan mudah.

Hal tersebut diwujudkan oleh Bank DKI bersama Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan Digital Island pada ranah transaksi keuangan di Kepulauan Seribu. Ini ditandai dengan diresmikannya Jakgrosir yang didukung oleh Bank DKI dan Perumda Pasar Jaya di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada 22 September 2019 lalu.

Masalah yang selama ini dihadapi masyarakat Kepulauan Seribu adalah harga bahan kebutuhan pokok lebih mahal dibanding daratan Jakarta karena biaya transportasi yang tinggi. Dengan adanya Jakgrosir, diharapkan masalah disparitas harga dapat dituntaskan.

Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi, mengatakan Program Digital Island coba diwujudkan Bank DKI melalui penyediaan sistem pembayaran cashless di JakGrosir yang merupakan fasilitas perkulakan pertama di Kepulauan Seribu. 

"Untuk mewujudkan digital island di Pulau Seribu, Bank DKI menyediakan fasilitas Electronic Data Capture (EDC) sebagai solusi pembayaran nontunai menggunakan kartu ATM untuk berbelanja serta menikmati harga kurang lebih 30 persen lebih murah dibanding sebelum kehadiran JakGrosir dan Bank DKI. Para pemegang kartu KJP Bank DKI, Lansia, Kartu Pekerja, PHL/PPSU juga dapat menikmati barang kebutuhan pokok lebih murah," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Dengan kehadiran JakGrosir dan Bank DKI, masyarakat Kepulauan Seribu akan lebih terlayani dan menikmati harga yang sama dengan harga di Jakarta.

Lebih rendahnya harga suplai barang yang diterima oleh pedagang diharapkan diikuti dengan harga yang lebih murah dan stabil di tingkat konsumen. Untuk mendukung transaksi keuangan para pedagang Perumda Pasar Jaya di JakGrosir, Bank DKI juga menyediakan produk Tabungan Monas Bisnis Perkulakan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemudahan Transaksi

Melalui Tabungan Monas Bisnis Perkulakan, para pedagang di lingkungan Perumda Pasar Jaya memiliki kemudahan untuk bertransaksi di Perumda Pasar Jaya, seperti JakGrosir dan Mini DC Perumda Pasar Jaya.

Selain itu, para pedagang juga memiliki kemudahan untuk mendapatkan pinjaman dari Bank DKI untuk modal usaha dalam bentuk fasilitas aflopend ataupun Pinjaman Rekening Koran.

Sebagai informasi, Bank DKI bersama dengan Pemprov DKI Jakarta telah memiliki program Digital Island di Kepulauan Seribu, yaitu program inklusi keuangan untuk membudayakan cashless transaction masyarakat Kepulauan Seribu.

Pada program ini, Bank DKI menyediakan 86 mesin EDC di 8 pulau, 300 merchant JakOne Mobile, 12 agen Laku Pandai, serta 11 mesin ATM di 7 pulau. Harapannya, masyarakat Kepulauan Seribu maupun pengunjung/wisatawan dimudahkan dalam bertransaksi pada layanan perbankan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.