Sukses

Ditinggal Suprajarto, Posisi Dirut BRI Bakal Diduduki Sunarso?

Lalu, siapa yang akan memimpin BRI ke depan jika ditinggal Suprajarto?

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Luar Biasar (RUPLS) PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) memutuskan untuk memberhentikan Maryono dari posisinya sebagai direktur utama perseroan. Sebagai penggantinya, ditunjuk Suprajarto yang terhitung masih menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI).

Lalu, siapa yang akan memimpin BRI ke depan jika ditinggal Suprajarto?

Kandidat nama pengganti Suprajarto dari kursi Direktur Utama BRI semakin mengemuka. Info yang beredar, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah menyiapkan nama Sunarso sebagai pengganti Suprajarto. Sunareso saat ini menjabat sebagai Wakil Direktur Utama BRI.

Mendampingi Sunarso, Menteri BUMN Rini Soemarno pun dikabarkan bakal mengangkat Hexana Tri Sasongko yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Jiwasraya (Persero) menjadi Wakil Direktur Utama BRI.

Namun demikian, Hexana mengaku belum mendengar kabar tersebut. "Saya belum dengar," ujar singkat Hexana Tri Sasongko saat dikonfirmasi, Kamis (29/8/2019). Sementara itu, Sunarso lebih memilih diam dan urung menanggapi.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN, Gatot Trihargo menegaskan bahwa Suprajarto tidak lagi menjabat Direktur Utama BRI. Hingga saat ini belum ada Plt (pejabat sementara) untuk menggantikan posisi Suprajarto di BRI. "Belum tahu (siapa menggantikan)," kata Gatot.

Gatot juga tidak bicara banyak ketika ditanya mengenai kabar bahwa Sunarso akan menjadi bos baru BRI. "Belum tahu (Sunarso jadi dirut BRI)," kata Gatot singkat.

Gatot hanya memastikan bahwa BRI akan menggelar RUPSLB minggu depan. "Senin RUPSLB, nanti saja (dijelaskan)."

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bos BRI Suprajarto Diangkat Jadi Dirut BTN

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Kamis ini. Rapat tersebut memutuskan adanya penggantian Direktur Utama (Dirut) semula Maryono menjadi Suprajarto. Suprajarto sendiri sebelumnya merupakan Dirut PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI).

“Susunan pengurus bank sesuai hasil RUPSLB ini diharapkan dapat memperkuat kinerja perseroan dalam memenuhi target bisnis sekaligus menjawab tantangan masa depan. Kami optimistis menjadikan soliditas pengurus bank sebagai modal dan semangat untuk menjadikan kinerja bisnis BTN menjadi lebih baik,” kata Corporate Secretary BTN Achmad Chaerul menjelaskan usai pelaksanaan RUPSLB BTN di Jakarta, Kamis (29/8/2019). 

Menurut Chaerul, ke depan BTN akan mempunyai peluang untuk tumbuh lebih baik. Perseroan telah menyesuaikan sejumlah target bisnis dengan dinamika perekonomian yang terjadi baik di dalam negeri maupun luar negeri. Kebutuhan rumah yang sangat besar adalah peluang yang tidak akan pernah berhenti dan terus membutuhkan inovasi.

“Kami akan tetap memainkan peran sebagai pemain utama yang mendukung program pemerintah dalam memenuhi kebutuhan rumah rakyat. BTN telah membuktikan hal tersebut dan ke depan kita akan bekerja keras untuk dapat berperan lebih besar guna mendukung Program Sejuta Rumah yang menjadi program pemerintah,” ujarnya.

Selain itu, Sumiyati juga diberhentikan sebagai komisaris dan diganti oleh Marwanto Harjowiryono.

Kemudian Direktur Keuangan diduduki oleh Nixon LP Natipulu yang semula merupakam Direktur Collection Aset Management. Adapun posisi Nixon sebelumnya diisi oleh Elisabeth Novie.

3 dari 3 halaman

Susunan Lengkap

Dengan demikian susunan pengurus BTN menjadi sebagai berikut:

Susunan Direksi BTN

- Direktur Utama : Suprajarto

- Direktur Commercial Banking : Oni Febriarto Rahardjo

- Direktur Consumer Banking : Budi Satria

- Direktur Compliance : R. Mahelan Prabantarikso

- Direktur Collection, Aset Management : Elisabeth Novie

- Direktur Distribution & Network : Dasuki Amsir

- Direktur Strategic & Human Capital : Yossi Istanto

- Direktur IT & Operation : Andi Nirwoto

- Direktur Finance, Treasury & Strategy : Nixon L.P Napitupulu

Susunan Komisaris BTN

- Komisaris Utama : Asmawi Syam

- Komisaris : Iman Sugema

- Komisaris : Eko Djoeli Heripoerwanto

- Komisaris : Marwanto Harjowiryono

- Komisaris Independen : Garuda Wiko

- Komisaris Independen : Lucky Fathul Aziz Hadibrata

- Komisaris Independen : Kamaruddin Sjam

- Komisaris Independen : Arie Coerniadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.