Sukses

Wow, Ternyata Benda-Benda ini Bisa Menghilangkan Stres

Liputan6.com, Jakarta - Pekerjaan kantor yang selalu dikejar target memang bikin stres. Perlu Anda ketahui jika ada beberapa benda yang mampu membuat suasana hati (mood) membaik kembali. 

Benda-benda tersebut tidak harus yang ‘wow’ dan begitu besar. Dengan benda-benda sederhana yang Anda gemari, mampu menghilangkan stres saat bekerja.

Apa saja benda tersebut? Tak disangka, ternyata benda-benda ini bisa ngilangin stres, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Makanan Ringan yang Bergizi

Untuk Anda yang sangat hobi ngemil, makanan ringan sangat dibutuhkan menemani aktivitas kerja. Seperti oatmeal, kacang almond, dan masih banyak lagi. 

Makanan-makanan tersebut dapat membantu menurukan tekanan darah Anda yang sedang tegang saat bekerja. Selain itu, makanan seperti oatmeal dan juga kacang almond dapat mengurangi hormon kortisol di mana hormon tersebut dapat meregulasi tingkat stres. 

Hal terpenting lainnya adalah minuman. Air putih sangat dianjurkan untuk selalu ada di meja kantor Anda. Mengapa demikian? Ketika tingkat stress sudah berada dipuncak, tubuh akan sedikit tidak tenang karena ketidaksinkronan antara kerja otak dengan tubuh.

Nah, air mineralah yang dibutuhkan saat itu. Air putih mampu membuat Anda sedikit tenang dan tidak merasakan stres yang berlebihan.

2 dari 6 halaman

2. Foto

Benda kedua yang dapat membantu Anda untuk semangat bekerja adalah foto. Memang terlihat sangat sederhana, namun dampaknya sangat berpengaruh dengan tingkat stres yang Anda alami. 

Anda bisa meletakkan foto kebersamaan dengan keluarga, pasangan, ataupun teman di meja kantor. Pekerjaan memang kerap membuat resah dan juga berdampak stres bagi Anda. 

Namun, ketika Anda melihat foto kebersamaan dengan seseorang yang dicintai maka pasti akan selalu bersemangat untuk bekerja demi mencapai kesuksesan yang diinginkan bersama. 

3 dari 6 halaman

3. Aroma Terapi

Selanjutnya adalah aroma terapi. Benda ini sangat berperan dalam menghilangkan stres yang Anda rasakan. 

Menurut beberapa penelitian, aroma terapi bekerja dengan merelaksasikan dengan aroma sebagai terapi yang mampu bekerja memberikan ketenangan dalam diri seseorang. Bentuk dan macam-macam aroma terapi pun sangat banyak.

Untuk harganya juga tidak terlalu mahal serta dapat Anda beli melalui toko-toko baik online maupun offline. Adapun jenis minyak essensial dari aroma terapi antara lain lavender, basil, rosemary, neroli, dan masih banyak lagi.

Minyak essensial lavender sebagai aroma terapi membuat pikiran menjadi releks. Menurut beberapa orang, lavender mampu meminimalisir kesalahan mengetik di komputer hingga mencapai 25 persen.

Contoh lainnya yaitu aroma terapi minyak basil. Merupakan salah satu aroma terapi yang dapat menghindarkan dari mood buruk serta lelah pikiran. 

Minyak terapi basil meningkatkan antusias dalam bekerja serta memberikan dampak jernih pada pikiran Anda. Selain itu, rosemary juga salah satu aroma terapi terbaik yang sangat direkomendasikan. 

Minyak ini memberikan energi pada Anda dan meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh) serta memperkuat daya ingat Anda. Sangat banyak macam-macam aroma terapi yang bagus untuk Anda. Coba untuk beli dan sesuaikan dengan kepribadian Anda.

4 dari 6 halaman

4. Ponsel

Musik dapat dikatakan sebagai perbaikan mood seseorang. Selain itu, musik juga dapat menggambarkan kepribadian seseorang yang dapat dilihat dari genre yang disukai. 

Namun, bagaimana jika Anda di kantor dan tidak memungkinkan untuk memainkan musik ketika stres saat bekerja? Ponsellah jawaban untuk permasalahan Anda. 

Manfaatkan alat-alat seperti headphone untuk mendengar musik di dalam kantor. Pilih lagu favorit anda yang dapat membuat semangat kerja Anda meningkat. 

Tips yang paling penting adalah jangan sesekali memutar lagu yang sendu meskipun Anda sangat menyukainya. Hal ini perlu dihindari karena, ada beberapa lagu yang membuat mood Anda turun dan juga memikirkan hal lain yang dapat mengganggu pekerjaan Anda. 

Seperti halnya lagu galau atau yang lainnya. Jadi, gunakan ponsel dan putar lagu ceria atau lagu yang sesuai dengan kepribadian Anda untuk menghilangkan stres saat bekerja.

5 dari 6 halaman

5. Tanaman Kecil

Benda terakhir yang dapat Anda letakkan di meja kerja adalah tanaman kecil. Seperti halnya diketahui tanaman dapat membuat ruangan menjadi segar. 

Memang benar jika didalam ruangan kantor pasti ada AC sebagai pendingin ruangan. Namun, disisi lain udara yang dihasilkan dari AC terkadang tidak berdampak baik bagi kesehatan tubuh. 

Seperti suhu tubuh dingin namun kita terasa hangat didalam tubuh atau sebaliknya. Maka dari itu pilihan terbaik tetap pada tanaman kecil atau tanaman hias. 

Dengan mengeluarkan oksigen di dalam ruangan memberikan udara segar yang sangat bagus untuk pernafasan Anda. Udara yang selalu fresh dapat menghilangkan stress dalam pikiran Anda. 

Hijau pada daun tanaman membuat efek segar pada mata yang lelah karena menatap komputer selama bekerja. Pilihan tanaman dapat disesuaikan dengan apa yang Anda sukai. Tidak butuh tanaman yang terlalu besar atau terlalu mahal. 

Anda bisa membelinya di toko bunga dengan bertanya kepada pemilik toko tanaman mana yang cocok untuk diletakkan didalam kantor. 

Tumbuhkan Semangat dan Hilangkan Stres Saat Bekerja

Itulah penjelasan mengenai benda yang mampu menghilangkan stress saat bekerja. Pilihan benda dapat menyesuaikan dengan meja kerja tempat Anda. Pastinya, akan mengurangi beban pikiran Anda saat bekerja dan menumbuhkan rasa semangat untuk bekerja.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Awas! Jangan Benci dengan Pekerjaan Bila Tak Ingin Mengalami ini
Artikel Selanjutnya
Biar Tak Menyesal, Diskusikan ini dengan Pasangan Sebelum Pensiun