Sukses

Tips Mengolah Stres Menjadi Kesuksesan

Ternyata stres dapat menghantarkan kita menuju gerbang kesuksesan.

Liputan6.com, Jakarta Stres memang wajar sekali terjadi. Sebab banyak orang yang mudah sekali merasakan stres apabila berada dalam tekanan. Stres merupakan respons terhadap bagaimana seseorang menghadapi suatu tekanan hidup.

Namun, Anda dapat mengubah stres menjadi sebuah kesuksesan dengan cara yang benar. Mau tau apa saja yang harus Anda lakukan untuk mengubah stres menjadi sukses? Berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan, seperti mengutip Lifehack.org:

1. Janganlah Menghindar dari Stres

Terkadang disaat merasa stres, kebanyak orang berpikir bagaimana caranya untuk melepaskan hal ini secepat mungkin. Namun ternyata hal ini salah, terimalah stres secara positif.

Dengan menerima stres, kita dapat sepenuhnya mengenali mengapa stres itu ada. Dan ini dapat membuat Anda lebih bijak untuk memutuskan bagaimana agar melepaskannya dengan cara yang sehat.

2. Bersikap Proaktif dalam Melakukan Perubahan

Jika Anda telah mengetahui dengan baik penyebab stres, maka langkah selanjutnya yaitu fokus untuk memikirkan cara terbaik bagaimana untuk mengatasinya. Jangan ragu untuk meminta bantuan kepada orang-orang yang telah ahli dalam hal ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Fokuslah pada Apa yang Dapat Diubah

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu, fokuslah pada hal-hal yang dapat Anda ubah. Misal, stres akibat penilaian orang tentang diri Anda. Untuk itu berhentilah memikirkan apa kata orang tentang Anda.

Jadikan hal tersebut hanyalah sebagai sebuah masukan untuk memperbaiki diri. Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain.

4. Bersemangatlah dan Bersabarlah

Langkah terpenting untuk mengolah stres menjadi sebuah kesuksesan yaitu menguatkan semangat Anda. Karena menghadapi situasi yang penuh tekanan atau stres dibutuhkan semangat dan kekuatan untuk melewatinya.

Berdasarkan Psikolog Angela Duckworth, semangat dan kesabaran merupakan dua kunci kesuksesan untuk melewati masa-masa sulit yang kita alami.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini