Sukses

Mahasiswa, Ini Cara Mudah Biar Kerjaan Enggak Numpuk

Anda bisa mengatasi masalah menumpuknya pekerjaan dengan cara di bawah ini

Liputan6.com, Jakarta Sebagai mahasiswa yang punya banyak kesibukan, pastinya akan sulit membagi waktu. Baik itu kuliah, mengerjakan tugas kuliah, kegiatan organisasi, dan pekerjaan paruh waktu sampai kegiatan ngopi yang tak bisa ditinggalkan begitu saja. 

Sehari yang hanya dibatasi dengan 24 jam saja. Harus Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dengan waktu yang singkat tersebut Anda dituntut untuk profesional dalam membagi waktu, agar semua aktivitas bisa dikerjakan maksimal.

Dengan waktu 24 jam, Anda harus membaginya untuk banyak kegiatan yang menjadi kewajiban Anda sehari-hari. Waktu sehari semalam yang dirasa singkat, tak disangkal, pasti ada salah satu kegiatan yang harus dikorbankan. 

Entah itu waktu istirahat ataupun kegiatan organisasi ataupun waktu ngopi harus Anda kurangi. Tidak mungkin ‘kan megorbakan jam kuliah, tugas, dan pekerjaan Anda.

Secara tidak langsung, sebagai bentuk kewajiban kepada orangtua, Anda tidak akan mungkin mengorban perkuliahan. Atau mengorban pekerjaan Anda, jika ingin dipecat, silahkan saja coba mengorbankan waktu bekerja Anda. 

Mengurangi jam istirahat memang pilihan yang sering dipilih oleh kebanyakan mahasiswa. Dengan mengurangi jam tidur yang biasanya 8 jam, menjadi 4 jam atau lebih singkat lagi.

Tentunya akan memberikan lebih banyak waktu untuk mengerjakan tugas kuliah ataupun meluangkan waktu buat ngopi bersama kawan-kawan Anda. Selain pembagian waktu dengan jelas, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk dapat mengatasi pekerjaan supaya tidak menumpuk. 

Anda bisa mengatasi masalah menumpuknya pekerjaan dengan cara di bawah ini, seperti yang dikutip oleh Cermati.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pilih Pekerjaan yang Sesuai dengan ‘Passion’ Anda

Sebagai seorang mahasiswa dengan uang saku yang pas-pasan. Pastinya Anda perlu untuk mendapatkan uang saku tambahan. 

Salah satu caranya yaitu dengan kerja paruh waktu atau part time. Memilih pekerjaan yang sesuai dengan kebiasaan Anda, akan jauh lebih menguntungkan. 

Jika Anda suka kongko di warung kopi, Anda bisa memilih pekerjaan sebagai pelayan di kafe maupun warung kopi. Dengan memilih pekerjaan ini Anda bisa memenuhi kebutuhan tambahan uang saku, serta Anda bisa nongkrong dengan teman-teman Anda di kafe tempat Anda bekerja. 

Hitung-hitung untuk mempromosikan kafe Anda, dan juga memberikan tempat tongkrongan yang baru. Bekerja di kafe menjadi pilihan yang sering dipilih oleh mahasiswa. 

Selain dapat kongko dengan teman-teman Anda. Pada saat sepi pelanggan, bisa Anda manfaatkan untuk mengerjakan tugas kuliah. 

Sehingga akan ada banyak waktu luang untuk istirahat. Sehingga waktu kuliah Anda juga tidak akan terganggu.

2. Pilih Pekerjaan yang Fleksibel

Di era yang serba digital saat ini, sudah banyak pekerjaan yang berbau digital. Seperti halnya pembuatan website, desain grafis maupun konten writer. 

Para pekerja jenis ini biasa disebut freelancer. Jenis pekerjaan seperti ini bisa Anda kerjakan dimanapun dan kapanpun. 

Asalkan masih dalam batas waktu deadline pengumpulan. Dengan pekerjaan yang fleksibel, Anda dapat mengerjakannya di warung kopi yang kebanyakan sudah memasang Wi-Fi. 

3 dari 4 halaman

3. Tidak Sekali-kali Menunda Pekerjaan

Pegerjaan tugas kuliah yang tertunda akan membebani Anda dikemudian hari. Walaupun deadline pengumpulan masih lama, jika tidak Anda kerjakan sesegera mungkin, pastinya akan membebani Anda dikemudian hari. 

Oleh karena itu Anda harus mengerjakan pekerjaan Anda sewaktu tugas tersebut diberikan. Sehingga Anda tidak akan tergesa-gesa dalam mengerjakannya.

4. Manfaatkan Waktu Senggang dengan Sebaik-baiknya

Dalam 24 jam sehari yang Anda jalani, pastinya akan ada waktu senggangnya. Entah itu sedikit atau banyak. Di kala senggang itulah, Anda harus menggunakan dengan sebaik-baiknya, baik untuk mengerjakan tugas, ataupun pekerjaan Anda. 

Hal yang harus Anda perhatikan agar tidak menumpuk pekerjaan atau tugas adalah usahakan mengerjakan tugas dengan sekali duduk. Sehingga tugas tersebut dapat selesai, dan Anda dapat fokus untuk mengerjakan pekerjaan lain diwaktu senggang lainnya. 

4 dari 4 halaman

5. Punya Prinsip yang Kuat

Prinsip untuk tidak menunda-nunda pekerjaan akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan mudah. Sehingga tidak akan ada pekerjaan yang tertunda dikemudian hari. Selain itu ada sekala prioritas yang harus Anda pilih.

Jika ada pekerjaan dan tugas dengan tenggat deadline yang sama, Anda dapat memilih pekerjaan mana yang harus Anda selesaikan lebih dulu. Tetapi Anda harus menyelesaikan semua kewajiban Anda, baik tugas maupun pekerjaan.

Pahami Kemampuan dan Kebutuhan Anda

Untuk dapat menyelesaikan tugas dan pekerjaan secara berimbang. Anda harus memahami kemampuan Anda. Tugas yang sudah pasti tidak dapat diganggu gugat, memang harus Anda kerjakan untuk memenuhi kewajiban perkuliahan. 

Sehingga dalam memilih pekerjaan sesuaikan dengan kapabilitas Anda. Contohnya saja pilih pekerjaan yang sudah pasti dapat Anda kerjakan tanpa mengganggu tugas perkuliahan Anda. Selain itu Anda juga harus memahami kebutuhan pribadi Anda, jika memang tidak begitu butuh ada baiknya jangan Anda paksakan. 

Contohnya saja ngopi. Atapun membeli sesuatu yang tidak begitu Anda butuhkan. Kebutuhan inilah yang nantinya akan membuat Anda memilih bekerja untuk menutupi kebutuhan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.