Sukses

Mahasiswa, Ini 4 Tips Biar Kerja Kelompok Kalian Efektif

Liputan6.com, Jakarta Dunia perkuliahan merupakan dunia di mana setiap mahasiswa bisa dengan bebas memilih kehidupan yang mereka mau. Di sinilah setiap individu dituntut untuk dapat mempertanggung jawabkan setiap keputusan yang diambil.

Setiap mahasiswa tentunya tidak luput dari kewajiban. Salah satu kewajiban seorang mahasiswa adalah mengerjakan tugas. Tugas yang diberikan biasanya berbentuk tugas kelompok. Tidak sedikit dari mahasiswa yang merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas kelompok.

Sering terjadi konfik dalam kelompok yang akhirnya berimbas kepada efektifitas waktu pengerjaan tugas. Jika kamu sering menemukan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari, berikut beberapa tips kerja kelompok yang dapat kamu terapkan agar terhindar dari konflik, melansir Situs Universitas Budi Luhur.

1 dari 5 halaman

1. Minta Kontak Tiap Anggota

Contact person setiap anggota merupakan hal yang sangat penting. Hal tersebut bisa memudahkan anggota untuk saling berkomunikasi, baik dalam hal pembagian tugas maupun hal-hal lain yang berkaitan tentang kerja kelompok. Disarankan untuk membuat grup pada platform personal messaging agar setiap anggota mengetahui informasi yang jelas dan mengantisipasi misscommunication.

2 dari 5 halaman

2. Bagi Tugas

Setiap berkumpul pastikan membuat catatan mengenai tugas – tugas yang harus dikerjakan tiap anggota. Pembagian tugas harus dilakukan guna mengantisipasi adanya anggota yang tidak mendapatkan tugas. Pembagian tugas harus dilakukan dengan adil dan merata.

3 dari 5 halaman

3. Saling Memeriksa Satu Sama Lain

Tanyakan kepada teman satu kelompok mengenai kemajuan tugas yang sudah dibagi – bagi. Hal itu bisa membantu kamu untuk mengetahui progres setiap anggota dan tugas yang diberikan. Jika ada salah satu anggota mengalami kesulitan (stuck), anggota lainnya akan membantu agar tugas bisa cepat selesai.

4 dari 5 halaman

4. Presentasi

Sebelum melakukan presentasi, pastikan setiap anggota kelompok mendapatkan materi. Hal tersebut dianggap mengurangi adanya anggota yang mendominasi dalam memaparkan materi. Ada baiknya, semua anggota kelompok melakukan pelatihan sebelum presentasi agar tidak merasa nervous saat memaparkan materi.

 

Penulis:

Ghina Kamilia Nadhifah

Universitas Budi Luhur

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.