Sukses

Jurus Kementerian ESDM agar Blok Migas Laku Dilelang

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memiliki strategi baru, untuk membuat blok minyak dan gas bumi (migas) yang dilelang menarik bagi calon investor.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahara mengatakan, dalam lelang Wilayah Kerja atau Blok Migas‎ tahap tiga 2019, pemerintah menerapkan strategi baru yaitu promosi (roadshow) blok migas ke kontraktor potensial sebelum lelang blok migas dilakukan.

‎"Untuk tahap tiga strategi seperti bisa tapi beda sedikit, kita datangi calon kontraktor yang berminat ke blok migas yang kita tawarkan," kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM, ‎Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Menurut Arcandra, promosi dilakukan untuk mendapat masukan perbaikan data dan tanggapan dari kontraktor atas blok migas yang dilelang‎, serta mengukur ketertarikan calon investor terhadap blok migas.

"Kita dapat feed back apa yang perlu diperbaiki dari data yang kita punya, apa blok migas tertarik semoga investor mau lihat lebih dalam," tuturnya.

‎Arcandra mengungkapkan, instansinya akan menyeleksi blok migas yang menarik, promosi blok migas akan tetap dilakukan saat menjelang lelang blok migas tahap berikutnya.

"Proses roadshow memang beberapa blok kita tawarkan. Kita seleksi mana yang menarik mana belum bagi yang belum kita melengkapi," tandasnya.

2 dari 4 halaman

3 Blok Migas Bakal Dilelang Minggu Depan

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyiapkan tiga wilayah kerja atau blok Minyak dan Gas Bumi (Migas) eksplorasi, untuk dilela‎ng dalam waktu dekat.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, lelang tiga blok migas akan dilaksanakan pekan depan. Sebelumnya blok migas tersebut sudah dipamerkan ke perusahaan migas asing.

Untuk diketahui, Kementerian ESDM melakukan penawaran tujuh blok migas ke beberapa perusahaan minyak asing, namun hanya tiga blok migas yang dilelang.

"Iya yang pakai road show. Tunggu saja minggu depan‎," kata Arcandra, di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Menurut Arcandra, tiga blok migas yang dilelang tahap III 2019 ini merupakan blok eksplorasi dan belum pernah dilelang sebelumnya.

Untuk skema lelang yang digunakan adalah reguler. Namun dia tidak bisa menyebutkan blok migas mana saja yang akan dilelang.

"Blok baru, ya nanti tunggu saja lah. Reguler, sepengetahuan saya‎‎," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Lelang Sebelumnya

Pemerintah sedang agresif melelang blok migas, hal ini untuk menggenjot peningkatan cadangan migas. Sebelumnya dalam lelang tahap II 2019 pemerintah menawarkan empat blok migas.

Dua di antaranya adalah blok baru yakni blok Kutai dan Bone. Sementara dua lainnya merupakan blok yang sudah dilelang di tahap I yaitu blok West Ganal dan West Kampar.

Saat ini belum diumumkan pemenang lelang blok migas tahap II, meski begitu pemerintah tidak perlu menunggu hasil lelang tahap II untuk membuka lelang tahap berikutnya.

"kalau sudah siap lagi kita lelang jadi nggak menunggu itu berakhir. Nanti beberapa bulan lagi kalau sudah siap kita lelang lagi," tandasnya. 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
DPR Menanti Upaya Pemerintah Berantas Mafia Migas
Artikel Selanjutnya
12 Proyek Migas Beroperasi di 2020