Sukses

Atur Gaji dengan Metode Simpel Ini, Dijamin Keuangan Membaik

Liputan6.com, Jakarta - Kadang kita suka merasa bingung ketika gajian sudah tiba. Ingin beli sesuatu takut uang habis, tidak beli malah terbayang terus. Bahkan, setelah beli barang yang diinginkan, kadang suka tidak tahan untuk beli barang yang lain.

Tak sadar, uang sudah habis, tapi tagihan masih banyak. Jangan khawatir, karena ada formula sederhana yang bisa membuat Anda mengatur gaji dengan mudah.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (27/7/2019), tips atur duit ini bernama 50-30-20 Formula. Bagaimana skemanya?

Dari keseluruhan gaji yang Anda terima, 50 persennya harus dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari, contohnya tagihan rumah, listrik, air, cicilan kendaraan, elektronik, biaya makan per bulan.

Selain itu juga biaya keperluan pribadi (kosmetik, alat mandi), biaya sekolah anak (bagi yang sudah berkeluarga) dan tagihan asuransi.

2 dari 4 halaman

30 Persen untuk Senang-Senang

Kemudian, 30 persennya boleh Anda gunakan untuk bersenang-senang. Maksudnya, silakan gunakan uang ini untuk nonton film, jajan makanan yang disukai, beli tiket kereta atau pesawat untuk liburan, booking hotel, hingga tiket main di wahana permainan.

Riset dari Cambridge University menunjukkan, membelanjakan uang untuk pengalaman lebih membahagiakan daripada menghabiskannya untuk membeli barang.

 

3 dari 4 halaman

20 Persen Ditabung

Sisanya, 20 persen, harus Anda tabung. Anda bisa menyimpannya sebagai tabungan biasa di bank atau berinvestasi, misalnya lewat dana pensiun, atau membeli aset besar seperti mobil atau rumah (yang nantinya bisa dijual).

Untuk memperketat pengeluaran, usahakan punya rekening bank lebih dari satu. Jadi, satu untuk biaya hidup, satu untuk biaya bersenang-senang dan satu untuk tabungan. Dijamin, metode ini mengurangi kecenderungan Anda untuk boros dan menggunakan seluruh gaji untuk foya-foya.

Selamat mencoba!

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Harbolnas Kembali Digelar, Simak Dulu Tips Belanja Online Ini
Artikel Selanjutnya
Tips Keuangan buat Generasi Milenial