Sukses

Sambut Lebaran, KA Sriwijaya Kini Punya Rangkaian Baru

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) melalui Divre III Palembang melakukan penggantian kereta untuk rangkaian KA Limeks Sriwijaya. Penggantian ini sebagai bentuk peningkatan layanan KAI dalam menyambut arus mudik Lebaran 2019.

EVP Divre III Palembang Mochamad Purnomisidi menjelaskan, rangkaian baru KA Sriwijaya Relasi Kertapati – Tanjungkarang ini memiliki susunan 2 Kereta Eksekutif Stainless Steal (K1 SS), 7 Kereta Premium Stainless Steal (K3 premium SS).

Ia menyebutkan kapasitas Satu rangkaian ini memiliki 660 tempat duduk dengan rincian 80 tempat duduk / kereta ekonomi premium dan 50 tempat duduk kereta eksekutif.

“Ini untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jasa KA, ketika penumpang KA semakin merasa nyaman dengan moda transportasi yang digunakannya,tentunya layanan transportasi KA akan menjadi pilihan utama masyarakat untuk bepergian," kata Purnomisidi dalam keterangannya, Selasa (28/5/2019).

Purnomisidi juga menambahkan, penggantian rangkaian baru ini juga merupakan komitmen PT KAI Divre III dalam memberikan kereta api penumpang yang bagus bagi masyarakat Sumatera Selatan.

Penggantian rangkaian baru akan dilakukan secara bertahap oleh KAI. Dimana saat ini untuk KA Siwijaya relasi Kertapati – Tanjungkarang dan ke depan juga untuk KA Sindang Marga relasi Kertapati – Lubuk Linggau.

 

2 dari 4 halaman

Fasilitas Kereta

Fasilitas Kelas Eksekutif dilengkapi dengan 6 TV masing masing 2 televisi ukuran besar di tiap tiap ujung kereta dan 2 televisi ukuran sedang yang terletak di tengah kereta .

Di tiap kursi penumpang, terdapat footrest dan meja lipat dengan fasilitas tatakan piring, gelas, dan gantungan atau hanger), terdapat juga lubang headset untuk kebutuhan hiburan berupa audio. Kursi memiliki desain yang baru, dengan corak biru putih dan sandaran punggung yang agak tinggi dan dilengkapi priority seat dan cukup empuk. Untuk fasilitas penerangan, dilengkapi dengan lampu utama, lampu baca tiap kursi, dan lampu untuk perjalanan malam.

Fasilitas Kelas Premium dilengkapi dengan 4 TV yang terletak di tengah dan bagasi di kabin yang semula dari rangka besi diganti bagasi kabin layaknya kelas eksekutif serta AC yang dirombak menjadi tersentralisasi.

Kursi memiliki konfigurasi 2-2 dan dilengkapi priority seat dengan desain yang baru sandaran punggung yang dapat disesuaikan dan cukup empuk. Untuk fasilitas penerangan, dilengkapi dengan lampu utama, lampu baca tiap kursi, dan lampu untuk perjalanan malam.

Untuk jadwal keberangkatan, KA Sriwijaya berangkat dari Stasiun Kertapati pukul 21.00 WIB dan tiba di Stasiun Tanjungkarang pukul 06.10 WIB. Sebaliknya dari Stasiun Tanjung Karang pukul 21.00 WIB dan tiba di stasiun akhir Kertapati pukul 06.10 WIB.

3 dari 4 halaman

Mudik Mewah Naik Kereta Sleeper Luxury 2, Apa Saja Fasilitasnya?

Kereta sleeper jenis baru, Luxury 2, yang diluncurkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjelang mudik 2019 resmi beroperasi pada Minggu, 26 Mei 2019. Kereta itu dirangkaikan pada KA Argo Lawu yang meluncur dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Solo Balapan.

Kereta Luxury 2 ini merupakan generasi terbaru kereta Luxury yang dirilis KAI pada 2018 lalu. Dalam satu gerbong, Kereta Luxury 2 berkapasitas 26 kursi, sedangkan Kereta Luxury generasi pertama hanya 18 tempat duduk.

Sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati penumpang Kereta Luxury 2 bak layanan di kelas bisnis pesawat terbang. Salah satunya adalah kursi yang dapat direbahkan hingga 140 derajat secara elektrik dan bisa diputar 180 derajat.

Pada kursi tersebut terdapat sandaran kaki elektrik, USB charging power source, foldable food tray, lampu baca, dan train attendance button untuk meminta bantuan petugas kereta api. Ada pula bantal, selimut, dan handuk wajah untuk kenyamanan penumpang.

Dalam sebuah Insta Story yang diunggah akun @wahyuadiar, layanan televisi yang terpasang di sandaran belakang kursi memuat berbagai tayangan layaknya di pesawat terbang. Anda bisa memilih hiburan yang tersedia, mulai dari game, film, dengan kaki terangkat karena pijakan kaki bisa diluruskan hingga 90 derajat.

"Nyaman, worth it banget sama harga sih menurut gue. Nyaman buat tidur," komentarnya pada Liputan6.com usai naik Kereta Luxury 2 dari Purwokerto ke Jakarta, Senin (27/5/2019). 

Tak hanya itu, penumpang juga disediakan makanan berat, minuman, dan makanan penutup selama perjalanan. Tambahan fasilitas lainnya adalah adanya minibar. Di minibar itu, penumpang bisa menikmati minuman dan snack sepuasnya (free flow).

KAI menugaskan seorang pramugari khusus pada Kereta Luxury 2 untuk melayani para penumpang, termasuk pada masa mudik. "Aku dari Purwokerto-Gambir Rp 750 ribu," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
KAI Gratiskan Tiket Kereta Lokal dan Perintis di 17 Agustus
Artikel Selanjutnya
KAI Atur Bawa Sepeda ke Dalam Kereta, Cek Syaratnya!