Sukses

4 Trik Sederhana agar Meja Kerja Tak Berantakan

Liputan6.com, New York - Meja kerja berantakan? Sebuah studi di Universitas Michigan menemukan bahwa pekerja dengan ruang kerja tak rapi cenderung dinilai negatif oleh bos dan kolega. Sementara, hal sebaliknya berlaku bagi pegawai dengan meja rapi.

Dilaporkan Market Watch, studi itu menyebut berantakan dan tidak rapi memberikan efek buruk ke relasi, baik di dunia kerja maupun personal. Bahkan, ada laporan yang menyebut bos enggan memberi promosi ke staf yang lingkup kerjanya tidak rapi.

Memiliki meja kerja rapi memang tidak serta merta menjamin pekerjaan akan lebih beres. Tetapi, pakar etika menyebut meja berantakan menyampaikan sinyal lain.

"Hal itu mengimplikasikan bahwa kamu kacau; hal itu mengimplikasikan bahwa kamu teledor; bahwa kamu tidak cukup peduli," jelas pakar etika asal New York, Patricia Napier-Fitzpatrick.

Selengkapnya, berikut tips dari Napier-Fitzpatrick agar meja kerja lebih rapi dengan cara singkat.

2 dari 5 halaman

1. Biasakan Langsung Buang Bungkus Makanan

Buatlah kebiasaan baru untuk langsung membuang bungkus makanan begitu selesai makan, dan jangan lupa bersihkan remah-remah yang tersisa di meja.

"Hal-hal terkait makanan seharusnya tidak berada di meja kerjamu. Siapkan tempat sampah di bawah meja. Begitu selesai makan, langsung buang.

3 dari 5 halaman

2. Kreatif dengan Barang

Jangan sampai ada alasan meja berantakan akibat lemari atau laci dokumen penuh. Cobalah sedikit kreatif dan tata para buku dan dokumen tersebut di atas meja.

Bila kamu menatanya dengan rapih, buku-buku yang berada di atas mejamu bisa menjadi dekorasi tersendiri di atas meja.

4 dari 5 halaman

3. Siapkan Kotak Khusus

Bersihkan setidaknya satu laci di dekat mejamu untuk digunakan sebagai tempat menaruh kertas, catatan, arsip, pulpen, dan bermacam hal lain.

"Semua orang harus punya laci serba guna," ujar Napier-Fitzpatrick seraya menambahkan cara tersebut bisa memudahkan meja agar tidak tampak diganggu berbagai macam barang.

5 dari 5 halaman

4. Ingat bahwa Meja Berantakan Bisa Berikan Kesan Buruk

Jika masih kurang motivasi, Napier-Fitzpatrick menyebut agar pegawai mengingat reputasi perusahaan. Napier-Fitzpatrick menyarankan untuk senantiasa membersihkan debu dengan tisu kering, kemudian pakai tisu basah.

"Pastikan mejamu terlihat rapih dan bersih. Meja yang berantakan adalah cerminan yang buruk bagimu, dan juga ke perusahaanmu jika ada klien berkunjung.