Sukses

Tak Betah dengan Pekerjaan Sekarang? Mungkin ini Penyebabnya

Jika memang ini yang Anda rasakan sekarang, selalu merasa tak betah dengan pekerjaan, mungkin ini penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta - Menghadapi perasaan tidak yakin ketika menjalani karier dapat membuat Anda merasa jenuh. Keraguan seperti ini bahkan akan membuat Anda jadi harus mempertimbangkan untuk tetap bertahan dengan job yang digeluti atau segera resign dan mencari pekerjaan baru.

Bukan hanya faktor dari luar, seperti semakin sulitnya tugas yang diterima juga menjadi penyebab timbulnya perasaan ragu dengan karier yang dijalani. Bosan dengan rutinitas kerja, tidak yakin dengan kemampuan diri, dan perasaan negatif dari dalam diri lainnya juga merupakan faktor timbulnya masalah tersebut.

Jika Anda sedang merasa tidak yakin dengan karier saat ini, coba berpikir lebih jauh untuk mengakali masalah tersebut. Alasannya, kemunculan hal-hal yang membuat Anda ragu tidak selalu menuntut Anda untuk meninggalkan dari pekerjaan yang dijalani.

Bisa saja hal tersebut merupakan tantangan yang harus Anda hadapi. Jika memang ini yang Anda rasakan sekarang, selalu merasa tak betah dengan pekerjaan, mungkin ini penyebabnya seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tidak Menjalani Pekerjaan dengan Sepenuh Hati

Tidak menjalani pekerjaan dengan sepenuh hati merupakan kesalahan yang umum dijumpai. Jika dibiarkan, keadaan seperti itu dapat memicu timbulnya perasaan ragu yang kemudian mengarah pada keputusan akankah Anda tetap mempertahankan pekerjaan sekarang atau tidak.

Apabila merasa bahwa pekerjaan saat ini tidak membuat Anda bersemangat untuk melakukannya, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk menyerah. Jika Anda selalu berkeinginan untuk resign tiap menghadapi kesulitan dalam pekerjaan, maka ini adalah pemikiran yang harus dihindari.

Semua pekerjaan tentu ada kesulitannya masing-masing, yang mau tidak mau harus Anda jalani. Selama masih mampu untuk menjalani pekerjaan tersebut, Anda bisa melakukan beberapa hal agar dapat menggelutinya dengan baik.

Salah satu tindakan yang bisa dilakukan yaitu mencoba sedikit demi sedikit untuk mencintai karier Anda sepenuh hati. Jika biasanya Anda sedikit merasa malas ketika mengerjakan tugas, maka mulailah untuk lebih bersemangat dan tanamkan dalam pikiran Anda bahwa ini adalah tantangan agar bisa meraih jenjang karier lebih tinggi.

Ketika Anda berhasil mencintai karier dengan sepenuh hati, maka itu tandanya Anda sudah mampu menangani kendala dalam pekerjaan tersebut. Berbanggalah karena Anda telah selangkah lebih maju untuk meraih kesuksesan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Belum Mengetahui Tujuan Karier

Jalannya karier dan juga perkembangannya merupakan hal yang harus direncanakan oleh diri sendiri. Dalam beberapa momen, atasanlah yang memberikan kendali untuk pekerjaan Anda.

Namun praktiknya, Andalah yang paling tahu kemana arahnya karier Anda. Terkadang, perasaan ragu dengan pekerjaan yang tengah Anda jalani disebabkan karena belum adanya tujuan karier yang pasti.

Tanpa arah atau target yang jelas, sudah pasti Anda akan menemukan kesulitan untuk menjalani pekerjaan dengan fokus. Satu-satunya cara untuk mengakhiri perasaan ragu tersebut dengan segera membuat rencana untuk karier Anda kedepannya, baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

Tentukan target-target yang harus Anda capai, agar pekerjaan menjadi lebih menantang. Anda juga perlu melakukan evaluasi untuk mengetahui kekurangan-kekurangan diri, kemudian memperbaikinya.

Selain itu, mulailah untuk mengembangkan kelebihan-kelebihan yang Anda punya. Perbanyak informasi mengenai self-improvement dan terapkanlah pada diri Anda, agar kualitas diri menjadi semakin meningkat

3. Enggan Menerima Kritik dan Masukan

Meski sudah berusaha menyelesaikan tugas dengan semaksimal mungkin, kadang kala hasil tersebut masih perlu direvisi. Nah, yang menjadi masalah terkadang beberapa orang menyampaikan pendapat bukan dalam bentuk masukan, tapi menjurus ke bentuk kritik bahkan olokan.

Sebagian orang mungkin meragukan kemampuan diri mereka sendiri dalam bekerja, hanya karena telah menerima kritik dari orang lain. Jika Anda adalah salah satunya, maka ketahuilah bahwa meski cara penyampaiannya tidak sebaik saran, kritik dapat membantu untuk mengetahui letak kekurangan pada hasil kerja Anda.

Selain itu, kritik juga bisa membuat mental Anda menjadi lebih kuat. Jadi, jangan jadikan kritik sebagai alasan untuk meragukan kecakapan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Terimalah kritik dengan lapang dada, dan jadikan hal tersebut sebagai salah satu cara untuk melakukan evaluasi agar Anda bisa menjadi semakin berkualitas untuk kedepannya.

3 dari 3 halaman

4. Khawatir Pekerjaan akan Semakin Sulit

Semakin ketatnya kompetisi di dunia kerja, tentu membuat karier menjadi lebih menantang. Meski tugas yang dibebankan menjadi lebih sulit, agar bisa tetap mempertahankan pekerjaan yang dimiliki, seseorang tentu harus mampu memiliki daya saing agar posisi yang ditempati tetap aman.

Anda mungkin tiba-tiba merasa tidak yakin apakah mampu atau tidak untuk menghadapi beban pekerjaan yang semakin berat. Jika Anda sedang menghadapi situasi seperti itu, cobalah untuk mengingat alasan mengapa Anda memilih untuk terjun dalam pekerjaan tersebut.

Tugas yang semakin berat tidak akan membuat tekad menjadi surut, jika Anda menjadikan alasan memilih pekerjaan saat ini sebagai motivasi untuk terus menggelutinya. Tentu, Anda perlu mengimbanginya dengan selalu meningkatkan kualitas diri dan juga daya saing.

Hal yang perlu Anda pahami saat ragu dalam bekerja adalah kesulitan yang dihadapi tidak akan membuat Anda menjadi lemah atau bahkan menyerah. Tanamkan pola pikir bahwa hal tersebut merupakan tantangan yang menuntut Anda untuk menjadi kuat dan berkembang dalam kerasnya dunia kerja.

Ketika Anda sudah merasa siap untuk menghadapi pekerjaan beserta kesulitan-kesulitannya, maka yakinlah bahwa usaha yang akan Anda lakukan tidak akan menghianati hasil.

Hilangkan Keraguan agar Kesuksesan dalam Berkarier Bisa Diraih

Seseorang bisa mengembangkan karier dan mampu menghadapi segala kesulitan yang muncul apabila yakin dengan apa yang dilakukannya. Ketika dihadapkan pada situasi yang membuat Anda merasa ragu, percayalah bahwa hal tersebut merupakan tantangan yang harus Anda taklukkan untuk mencapai jenjang lebih tinggi menuju kesuksesan. Jadi, buang jauh-jauh keraguan yang muncul pada diri Anda dan teruslah bersemangat agar kesuksesan dapat segera tercapai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.