Sukses

Ingin Menjadi Youtuber? Ini Cara Raup Uang dari Google Adsense

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk menghasilkan uang. Baik itu sebagai penghasilan utama ataupun penghasilan tambahan. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, salah satu cara yang bisa Anda pilih saat ini adalah dengan menghasilkan uang dari Google. Apa itu Google Adsense? Bagaimanakah cara mendapatkan uang dari Google Adsense?

Siapapun bisa melakukan segala hal untuk mendapatkan uang dari Google Adsense. Salah satu caranya yang bisa Anda pilih saat ini yaitu menjadi Youtuber.

Mungkin bagi sebagian orang yang belum tau apa sih Youtuber itu dan apa yang mereka lakukan. Youtuber sendiri merupakan istilah bagi seseorang yang membuat konten kreatif di channel YouTube secara konsisten.

Sebelumnya, YouTube dianggap hanya dijadikan sebagai hobi atau sambilan tetapi karena maraknya millennials yang lebih tertarik untuk menonton YouTube dibandingkan menonton televisi. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya Youtuber yang bermunculan dengan konten yang mereka sajikan secara berbeda-beda.

Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense untuk Youtuber

Apa itu Google Adsense? Mungkin masih banyak yang masih belum familiar dengan istilah tersebut. Google Adsense merupakan salah satu program periklanan online yang dimiliki oleh Google Incorporation.

Program periklanan online ini menawarkan kepada semua orang yang memiliki website atau blog untuk menampilkan iklan Adsense pada website atau blog mereka, dan jika ada pengunjung yang mengklik iklan Adsense tersebut maka si pemilik website/blog akan mendapatkan penghasilan atau uang.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari Google Adsense bagi mereka yang ingin menjadi Youtuber?

Menjadi seorang Youtuber merupakan keinginan banyak orang sekarang ini. Hal tersebut tidak lain adalah agar dapat menghasilkan uang dari internet. Dalam mendapatkan uang melalui YouTube tentunya tidak bisa didapat secara instan. Oleh karena itu, berikut adalah lima syarat cara mendapatkan uang dari Google Adsense untuk Youtuber, seperti dikutip dari TunaiKita.

2 dari 7 halaman

1. Tidak Menggunakan Tools Sub4Sub

Dalam kehidupan sehari-hari, melakukan perbuatan kecurangan tentu akan memberikan dampak yang buruk. Berbuat curang ini seakan menjadi jalan pintas agar seseorang bisa mencapai tujuannya. Namun, kegiatan curang seperti apapun tidak berlaku di Youtube. Hal tersebut karena peraturan baru di Youtube melarang untuk sub for sub.

Sub for sub merupakan sebuah kegiatan mengemis subscriber dengan cara meminta untuk subscribe dan sebagai gantinya akan disubscribe kembali.

Selain menggunakan komentar, Sub for sub juga bisa menggunakan tools atau aplikasi. Kegiatan ini tentu saja dilarang karena syarat untuk menghasilkan uang adalah tidak menggunakan tools sub for sub.

2. Memiliki 1.000 Subscriber

Jika Anda yang ingin membuat channel YouTube dan menghasilkan uang, syaratnya tentu memiliki 1.000 subscriber. Subscriber yang didapat ini tentunya harus asli dan tidak boleh menggunakan sub for sub seperti yang sudah dijelaskan di atas. Untuk mencari subscriber sebanyak 1000 orang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Salah satu cara untuk mencari 1.000 subscriber adalah membuat konten yang orisinil dan bukan konten upload ulang. Di samping membuat konten yang orisinil, channel YouTube yang dibuat juga harus terlihat beda dengan yang lain. Selain itu, channel yang dibuat tentunya harus berfokus pada satu topik, misalnya konten gaming.

3 dari 7 halaman

3. Memiliki 4.000 Watchtime

Selain memiliki 1.000 subscriber dan tidak menggunakan sub4sub, channel YouTube juga harus memiliki watch time sejumlah 4.000. Watchtime ini dihitung dari seberapa lama orang menonton video yang diunggah pada channel yang dibuat.

Untuk bisa mengakali watchtime, Anda bisa mengunggah video berdurasi panjang. Video berdurasi panjang ini misalnya adalah konten podcast atau konten bincang-bincang dengan seseorang.

Selain itu, bagi para Youtuber gaming, melakukan live streaming adalah salah satu cara untuk mendapatkan banyak watchtime. Hasil dari video live streaming tentunya akan ditonton oleh banyak orang yang mengunjungi saluran gaming tersebut.

4. Tidak Melakukan Spam Komentar

Agar bisa menghasilkan uang dari Google Adsense, Anda tidak boleh melakukan spam komentar. Spamming merupakan sebuah kegiatan di internet yang bersifat mengganggu karena spam bisa dianggap sebagai sampah.

Melakukan spamming subscribe di channel YouTube orang lain dapat menghambat channel YouTube seseorang untuk menghasilkan uang. Maka dari itu, tidak melakukan spamming menjadi syarat cara mendapatkan uang dari Google Adsense untuk Youtuber.

Contoh spamming ini bisa disamakan dengan blogwalking yang dilakukan oleh para blogger pada zaman dahulu. Kegiatan tersebut tentu dianggap spam sehingga kegiatan seperti ini dilarang oleh YouTube.

Nah, jika ingin memulai menjadi seorang Youtuber dan ingin mendapatkan banyak subscriber salah satunya adalah dengan membuat konten yang bagus.

4 dari 7 halaman

5. Akun Youtube Terverifikasi

Untuk dapat menghasilkan uang melalui Youtube adalah dengan cara melakukan verifikasi melalui nomor telepon. Selain itu, melakukan verifikasi melalui smartphone, menghidupkan beberapa fitur dari YouTube menjadi syarat yang penting dilakukan. Tujuannya tentu agar channel YouTube bisa menjadi sumber penghasilan.

Hal ini tentu sudah menjadi hal yang wajib dilakukan agar dapat menghasilkan uang melalui YouTube. Pastikan ketika melakukan verifikasi, gunakan nomor yang selalu aktif agar dapat menerima pesan untuk verifikasi kode ketika login.

Dalam mencari uang melalui YouTube tentu tidak mudah. Ada beberapa syarat Google Adsense Youtube yang harus dipenuhi tujuannya agar channel YouTube bisa menghasilkan uang. Setelah melakukan beberapa cara di atas, nantinya pengajuan Adsense bisa diterima oleh pihak YouTube.

5 dari 7 halaman

Cara Mendaftarkan Google Adsense

1. Buat Akun Gmail

Pertama Anda harus membuat akun Gmail dikarenakan YouTube dan Adsense merupakan produk dari Google. Nantinya Anda akan memiliki alamat e-mail dan akun Google yang bisa digunakan untuk masuk ke semua produk layanan dari Google.

2. Daftarkan Diri Ke YouTube

Setelah Anda memiliki akun Gmail, selanjutnya bisa langsung membuat akun YouTube. Anda hanya tinggal klik YouTube, kemudian pilih login jika sudah memiliki akun. Dan klik sign up jika belum mempunyai akun YouTube.

3. Masuk pada Pengaturan Video Manager YouTube

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah pengaturan video manager yang ada pada akun Anda. Akan muncul pada gambar bagian pojok kanan atas pada gambar profil, lalu cari dan klik ‘Creator Studio’. Akan muncul tampilan ‘Buat Saluran’.

6 dari 7 halaman

4. Upload Video

Selanjutnya jangan lupa untuk upload video di akun YouTube Anda minimal tiga hingga lima video. Ingat, ya! Video harus asli buatan sendiri dan buatlah konten yang menarik agar banyak yang suka dan subscribe. Perhatikan juga pada saat meng-upload video, pilihlah judul video dan deskripsi video serta tags yang sesuai dengan video yang Anda upload.

5. Aktifkan Monetasi YouTube

Pilih menu ‘Creator Studio’, kemudian masuk ke menu ‘Saluran - Status dan Fitur’. Terdapat kolom ‘Monetisasi’ kemudian pilih ‘Aktifkan’.

Kemudian beri tanda checklist pada semua kolom kotak yang tersedia, lalu klik ‘Saya Setuju’. Beri tanda checklist pada kolom kotak dan klik ‘Monetisasi’.

Nah, Anda hampir selesai membuat akun Adsense dan video yang dikirim sedang dalam tahap peninjauan oleh pihak Google Adsense.

6. Kaitkan Adsense YouTube

Klik ‘Monetisasi’, kemudian klik ‘Bagaimana Saya akan Dibayar’ dan klik ‘Mengaitkan Akun Adsense’. Selanjutnya Anda bisa klik pilihan ‘Berikutnya’. Kemudian isi data, jangan sampai asal isi data saat mendaftar Adsense di Youtube ya. Kemudian pilih ‘Kirim Permohonan Saya’.

7 dari 7 halaman

7. Pasang Unit Iklan di YouTube

Anda akan menerima e-mail mengenai status pengajuan kurang lebih dalam waktu seminggu. Nantinya, jika pengajuan permohonan Adsense diterima, Anda akan mendapat surat pemberitahuan yang dikirim ke alamat e-mail.

Nikmati Penawaran Terbaik dari Google

Dengan membaca ulasan yang diberikan, Anda semakin bersemangat mencari penghasilan dari Google, kan? Mendapatkan penghasilan dari Google bukan sesuatu hal yang mustahil. Asal Anda melakukannya dengan tekun, konsisten dan Anda dapat menikmati keuntungannya. Selamat mencoba!

Loading
Artikel Selanjutnya
Diet di Bulan Ramadan? Ini Rekomendasi Menu untuk Buka Puasa
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Serial Netflix yang Harus Kamu Tonton