Sukses

Pertamina Siapkan 112 SPBU Sepanjang Tol Trans Jawa

Liputan6.com, Surabaya - PT Pertamina (Persero) menyiapkan 112 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sepanjang tol Trans Jawa. Keberadaan stasiun untuk memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) saar arus mudik dan arus balik pada masa Idul Fitri 1440 Hijriyah berjalan dengan lancar.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, 112 titik layanan BBM di sepanjang jalur Tol Trans Jawa membentang dari Merak hingga Pasuruan. Titik layanan tersebut terdiri dari 44 SPBU.

Sebanyak 25 Mobil Tangki yang dilengkapi flowmeter (Mobile Dipenser) dan 43 Kios Pertamina Siaga. Selain itu, pelayanan juga ditambah dengan 50 unit motor pengantar BBM (motorist BBM) dan jaminan stok BBM di SPBU diperkuat dengan adanya 19 titik kantong BBM.

“Kami berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan ke masyarakat yang melakukan perjalanan ke Kampung halaman," kata Nicke, di ruas tol Surabaya-Semarang, Sabtu (11/5/2019).

Untuk memberi kenyamanan para pengendara yang melalui jalur tol di wilayah Jawa Timur, Pertamina akan menyiapkan 11 SPBU dan 1 Kios Pertamina Siaga di jalur tol sepanjang Surabaya - Solo. Sementara di jalur tol Surabaya-Malang dan Surabaya-Probolinggo, juga akan disiapkan 7 SPBU dan 1 Kios Pertamina Siaga.

 

2 dari 3 halaman

Di Jawa Tengah

Sementara untuk memastikan pasokan BBM di Jalur Tol wilayah Jawa Tengah, Pertamina menyediakan 6 SPBU Reguler dan 16 Kios Pertamina Siaga baik di jalur mudik maupun arus balik.

Selain itu, Pertamina juga menyiapkan 4 titik Rumah Pertamina Siaga yang tersebar di beberapa lokasi jalur tol di wilayah Jawa Tengah saja.

Direktur Pemasaran Pertamina Mas'ud Khamid mengungkapan, konsumsi BBM di ruas tol akan mulai mengalami kenaikan pada dua minggu sebelum lebaran, seiring dengan bertambahnya masyarakat yang melakukan mudik. Dia pun memastikan, Seluruh SPBU siap sudah siap melayani.

"Sudah ready semua. Bahkan khusus untuk ruas Jawa Timur, kita buka SPBU seluas ini ditambah 7 SPBU sementara," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Menteri Jonan Cek Kesiapan SPBU di Tol Surabaya -Semarang

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan jajaran direksi PT Pertamina (Persero) memastikan kesiapan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk melayani pemudik di jalur tol Semarang-Surabaya.
 
Turut mendampingi Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Pemasaran Pertamina Mas’ud Khamid meninjau dua titik SPBU yaitu SPBU 575B Ngawi dan SPBU 519B Solo, Sabtu (11/5/2019). 
 
Kedua SPBU tersebut sudah beroperasi dan dapat melayani kebutuhan BBM masyarakat yang melintasi jalur tol.
 
“Kami berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik," kata Mas'ud.
 
Menurut Mas'ud, satu unit SPBU dengan skala besar memiliki tanki penyimpanan BBM sebanyak 60 Kilo Liter (KL), dengan begitu sudah cukup untuk melayani pengemudi di jalur tol Trans Jawa.
 
"Diharapkan dengan adanya titik pelayanan BBM ini dapat memberikan rasa tenang dan aman kepada pemudik,” ujar Mas'ud.
 
 
Loading
Artikel Selanjutnya
Menteri Jonan Cek Kesiapan SPBU di Tol Surabaya-Semarang
Artikel Selanjutnya
Pertamina Siap Perpanjang Program BBM Satu Harga