Sukses

Tetap Produktif saat Puasa Lewat 5 Langkah Ini

Puasa bukan halangan Anda produktif di tempat kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Seringkali, puasa membuat kita menjadi kurang produktif. Hal ini wajar karena kita tidak mengkonsumsi makanan dan minuman, menyebabkan energi menjadi berkurang.

Tapi, hal itu bukan jadi alasan bagi Anda untuk tidak produktif dan bermalas-malasan dalam bekerja. Anda tetap harus profesional dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Dilansir dari Business Insider, berikut beberapa langkah yang bisa membuat Anda bahagia dan produktif di tempat kerja meskipun puasa:

1. Tawarkan Bantuan ke Rekan Kerja

Bermalas-malasan hanya akan menambah beban kerja. Sebaliknya, jika Anda bekerja sana sini, waktu puasa tidak akan terasa. Jika pekerjaan Anda sudah selesai, coba tawarkan pada rekan kerja apakah dia butuh bantuan.

Jika ya, kerjakan dengan sepenuh hati agar pekerjaan di bidang Anda selesai semua. Hal ini juga akan merekatkan hubungan Anda dengan rekan kerja.

2. Fokus Pada Tujuan Karier

Ingat bahwa Anda punya tujuan karier dalam bekerja. Jika puasa membuat Anda bermalas-malasan, tentu hal ini akan mempengaruhi kinerja. Oleh karenanya, tetaplah fokus dan bekerja sesuai dengan budaya kerja yang dianut. Jangan juga overwork karena hanya akan melelahkan diri sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Minta Pekerjaan Pada Bos

Bukan bertujuan cari perhatian atau menarik hati bos, tapi meminta pekerjaan menandakan Anda ingin belajar agar kinerja lebih meningkat. Mintalah pekerjaan yang bisa meningkatkan kemampuan Anda. Selain membuat lebih mahir, bos juga akan respect terhadap Anda.

4. Bangun Hubungan yang Erat dengan Rekan Kerja

Jangan lupakan kehidupan sosial, berbaurlah dengan rekan kerja dan bangun hubungan erat dengan mereka. Tidak peduli jika itu hanya lingkaran kecil, buatlah lingkaran yang nyaman dan bebas drama.

Anda tidak ingin fokus kerja Anda menurun karena terganggu drama yang menguras energi dan tidak membuat bahagia, bukan?

5. Jangan Lupa Istirahat

Bekerja saat puasa kadang membuat Anda lupa beristirahat, karena asosiasi istirahat hanyalah makan dan minum. Ingat, tubuh juga perlu istirahat dari duduk selama berjam-jam.

Keluarlah dan hirup udara segar sejenak, atau berjalan-jalan kecil di sekitaran kantor. Hal itu akan meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan dalam bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini