Sukses

Menhub dan Menpora Yakin Jokowi-Ma'ruf Amin Menang Pilpres

Berbeda dengan 2014, pada Pilpres tahun ini relatif tidak ada kejutan dari hasil survei yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei.

Liputan6.com, Jakarta Dua Menteri Kabinet Kerja yaitu Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Pemuda dan Olahraga Iman Nahrawi optimis kandidat petahan yaitu Calon Presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) kembali terpilih menjadi Presiden periode 2019-2024.
 
Menhub menyatakan, berbeda dengan 2014, pada Pilpres tahun ini relatif tidak ada kejutan dari hasil survei yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei. Menurut dia, hampir semua hasil survei menyebut pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin memenangkan Pilpres ini.
 
"2014 itu memang surprise-nya lebih banyak. 2019 karena survei begitu banyak, yang menangkan Pak Jokowi. Semacam enggak ada surprise," ujar dia di kawasan Widya Chandra, Jakarta, Rabu (17/4/2019).
 
Berdasarkan hasil-hasil survei tersebut, lanjut Budi, dirinya optimis Jokowi akan melanjutkan kepemimpinan sebagai presiden. "Pokoknya yang penting Pak Jokowi menang," kata dia.
 
Hal senada juga diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Dirinya optimis kandidat nomor urut 01 akan memenangkan Pilpres. 
 
"Ya menanglah. (Yang mana?) Ini (nunjuk TPS 01). Insya Allah, seijin Allah. Masyarakat luar biasa," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tunggu Hasil Hitung Cepat, Menpora Pilih Tinjau TPS Dibanding Buru Diskonan

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memilih meninjau kondisi Tempat Pemungutan Suara (TPS) daripada belanja diskon usai menyalurkan pilihan politiknya pada Rabu (17/4/2019) ini. Ini juga dilakukan sambil menunggu hasil penghitungan suara (quick count)

Seperti diketahui, sejumlah pusat perbelanjaan menawarkan diskon belanja dan promo menarik dengan menunjukkan jari yang sudah ada tinta ungu.

"Saya lebih memanfaatkan untuk memantau TPS saya. Mengawal untuk memastikan agar ini berjalan lancar dengan nyaman," ujar dia saat ditemui pada TPS 01 Kawasan Perumahan Menteri, Senayan, Jakarta.

Imam mengatakan, tujuan kunjungan itu untuk memastikan agar proses pemungutan dan penghitungan suara bisa berjalan dengan lancar. Selain itu hal ini juga untuk memastikan tidak ada kecurangan yang terjadi di lapangan.

Pagi tadi, Menpora Imam Nahrawi telah memberikan hak suara di TPS di daerah Jakarta Timur, setelah itu pada siang hari, Menpora menyambangi TPS 001 di Widya Chandra. "Habis ini saya mau ke Ciracas. Lihat teman, lihat proses perhitungan," jelasnya.

Dia mengaku sangat bahagia karena antusiasme masyarakat sangat tinggi pada pemilihan presiden (pilpres) ini. Apalagi, beberapa outlet dan pusat perbelanjaan juga ikut memeriahkan dengan memberikan diskon ataupun promo. Ini membuat masyarakat lebih semangat untuk ikut berpartisipasi.

"Ada temen saya pas saya ketemu di daerah Cawang bilang kalau nunjukin ini ada spesial gratis di Kalibata. Ini partisipasi publik luar biasa orang berpartisipasi dengan memanfaatkan gratisan ini," tutur dia.

Secara pribadi, dia berharap jika Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo kembali terpilih. Namun dirinya tidak mau berspekulasi dan menyerahkan sepenuhnya kepada kehendak Tuhan. "Feeling-nya seiizin Allah Insyallah," tandasnya.

Reporter: Anggu P Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

3 dari 3 halaman

Menko Luhut: Alhamdulillah Pilpres 2019 Berjalan Aman

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan baru saja menunaikan tanggung jawabnya sebagai pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 005 di Jalan Denpasar II, Kuningan Timur, Jakarta Selatan.

Dia bersyukur, proses pencoblosan hari ini bisa berjalan aman dan lancar. "Semua sih Alhamdulillah baik-baik ya. Saya kira kita dewasa berdemokrasi. Tidak ada pikiran kecurangan," ungkap dia, Rabu (17/4/2019).

Kelancaran penyelenggaraan pesta demokrasi ini disebutnya akan menunjukkan kepada dunia internasional bahwa orang Indonesia memiliki budaya tertib. Tak lupa, ia pun berpesan kepada generasi muda bangsa untuk terus menjaga kelancaran proses pemilihan ini.

"Biarlah kalian terutama yang muda-muda untuk ke depan ini, supaya memilih pemimpin itu dengan damai, dengan nuraninya," imbuh Luhut.

Sebab, ia menyatakan, kecurangan dalam proses pilpres itu tiada gunanya. "Kita harus berpikir positif, oh ini untuk kepentingan nasional. Lalu juga jangan ribut lah," ucapnya.

"Tapi sampai pagi tadi, subuh, semua tertib, tidak ada yang aneh-aneh. Itu yang kita harapin," dia menambahkan.

Merujuk pada kondisi tersebut, Luhut pun menganggap antusiasme warga dalam melaksanakan pesta demokrasi pada tahun ini terkesan lebih meriah dibanding Pemilu pada edisi sebelumnya.

"Saya dengar tadi semua antre di mana-mana. Unbelievable, hampir sulit dibayangkan bahwa yang hadir seperti ini. Yang saya ingat tahun 2014, di sini tidak seramai seperti sekarang ini," pungkas dia.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.