Sukses

Proyek LRT Jabodebek Pecahkan Dua Rekor Dunia

Liputan6.com, Jakarta Proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek memecahkan dua rekor dunia. Dua rekor tersebut yaitu dalam hal konstruksi longspan atau bentang jembatan jalur kereta.

Direktur Utama PT Adhi Karya Tbk Budi Harto mengatakan rekor dunia pertama yaitu longspan JORR yang melintas di atas Jalan Tol JORR, Jalan Dukuh dan Jalan Tol Jagorawi dengan struktur u-box girder.

Kemudian Longspan JORR memiliki panjang 54-90-54 meter yang merupakan longspan u-box girder terpanjang di dunia.

"Sebelumnya rekor ada di Dubai yang memiliki panjang logspan itu hanya 70 meter. Nah di sini kita buat 90 meter," kata Budi di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Rekor kedua yaitu konstruksi longspan beton di Jalan Rasuna Said yang memiliki panjang 148 meter. Sebelumnya rekor di Dubai memiliki panjang 135 meter dengan konstruksi baja.

"Ini kebanggaan Adhi Karya karena LRT bukan proyek biasa, LRT ini ide dan inovasinya Adhi Karya. Semoga ini jadi modal kita ke depan untuk berkembang," tambah Budi.

 

Hingga saat ini progress pekerjaan LRT Jabodebek per 22 Maret 2019, secara keseluruhan rata-rata mencapai 59,64 persen.

Ini dengan rincian progres untuk lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur sebesar 79,69 persen, lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas sebesar 47,95 persen dan lintas pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur sebesar 53,84 persen.

Pekerjaan pada lintas pelayanan 1, direncanakan selesai paling awal dan akan menjadi sarana uji coba trainset dari kereta LRT Jabodebek yang merupakan produk dari PT INKA (Persero) dengan target kedatangan pada akhir 2019. 

2 dari 2 halaman

Jalur LRT Jabodebek Cibubur-Cawang Tersambung

PT Adhi Karya Tbk (ADHI) resmi melakukan pengecoran terakhir longspan atau bentang jembatan lintasan LRT Jabodebek untuk lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur.

Dengan telah selesainya pembangunan longspan tersebut, maka secara struktur proyek LRT Jabodebek Lintas Pelayanan 1 yang terbentang sepanjang 14,89 kilometer (km) dari Cibubur hingga Cawang telah tersambung.

"Ini kebanggaan Adhi Karya karena LRT bukan proyek biasa, LRT ini ide dan inovasinya Adhi Karya. Semoga ini jadi modal kita ke depan untuk berkembang," kata Direktur Utama Adgi Karya Budi Harto di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Kegiatan longspan closure atau pengecoran terakhir longspan dilakukan oleh direksi ADHI dan jajaran manajemen secara serentak dari ketiga titik, yaitu JORR, Cililitan dan Cikoko.

Longspan JORR melintas di atas Jalan Tol JORR, Jalan Dukuh dan Jalan Tol Jagorawi dengan struktur u-box girder. Longspan JORR memiliki panjang 54-90-54 meter yang merupakan longspan u-box girder terpanjang di dunia.

Untuk longspan Cililitan, melintas di atas Jalan Tol Jagorawi dengan panjang 54-90-54 meter dengan struktur box girder.

Kemudian Longspan Cikoko yang merupakan bagian dari Lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, membentang di atas jalur KRL di dekat Stasiun Cawang dan Jalan Cikoko Barat dengan panjang 54-90-54 meter dan struktur box girder.

Hingga saat ini progres pekerjaan [LRT Jabodebek ]( 3915188 "")per 22 Maret 2019, secara keseluruhan rata-rata mencapai 59,64 persen dengan rincian progres untuk lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur sebesar 79,69 persen, lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas sebesar 47,95 persen dan lintas pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur sebesar 53,84 persen.

Pekerjaan pada lintas pelayanan 1, direncanakan selesai paling awal dan akan menjadi sarana uji coba trainset dari kereta LRT Jabodebek yang merupakan produk dari PT INKA (Persero) dengan target kedatangan pada akhir 2019.

Loading
Artikel Selanjutnya
Wacana LRT Tembus hingga ke Puncak Bogor Mulai Mengemuka
Artikel Selanjutnya
Lakukan Uji Coba, LRT Sumsel Percepat Waktu Tempuh jadi 47 Menit