Sukses

Studi: Pakaian Kerja Ternyata Bisa Bikin Gagal Naik Jabatan

Liputan6.com, Jakarta - Sudah bertahun-tahun bekerja tapi tidak kunjung naik jabatan? Pastikan Anda berpakaian dengan baik saat berada di kantor. Pasalnya, sebuah survei menunjukkan bahwa cara karyawan berpakaian berpengaruh pada kenaikan jabatannya.

Melansir laman studyfinds, Kamis (21/3/2019), 8 dari 10 bos mengaku bahwa pilihan pakaian berpakaian di kantor ikut mempengaruhi keputusannya dalam menaikkan jabatan karyawan. Hal itu terungkap melalui survei yang digelar perusahaan pemetaan karyawan ternama, OfficeTeam.

"Berpakaian secara profesional menunjukkan kredibilitas dan mendorong orang lain untuk berpikir bahwa Anda siap untuk tanggungjawab yang lebih besar," tutur Presiden Distrik OfficeTeam Brandi Britton.

Kasus cara berpakaian yang tidak sesuai ke kantor ternyata banyak terjadi. Sebanyak 44 persen manajer senior yang disurvei mengatakan, mereka harus mengingatkan cara berpakaian pada karyawan. Bahkan satu per tiga diantaranya pernah memulangkan karyawan karena dianggap berpakaian tidak pantas ke kantor.

Sebagian besar atasan mengaku bahwa memberikan saran tentang cara berpakaian merupakan obrolan yang tidak mudah. Lantas pakaian seperti apa yang layak dikenakan ke kantor?

"Meski banyak perusahaan memiliki seragam sendiri, tapi para karyawan tidak boleh begitu saja menganggap pakaian kasual dan trend terbaru sebagai hal yang biasa ke kantor," terang Britton.

Dia menyarankan agar para karyawan tetap mengikuti kebijakan perusahaan dalam berpakaian ke kantor.

Sebagai informasi, survei tersebut terdiri dari 1.000 karyawan asal Amerika Serikat bersama juga 300 manajer sumber daya manusia (SDM), 300 manajer senior dari berbagai perusahaan.

2 dari 6 halaman

Cek Karakter Anda di Kantor Lewat Warna Baju yang Sering Dipakai

Sengaja atau tidak sengaja dipakai, warna pakaian Anda ke kantor ternyata memberikan kesan tersendiri bagi orang lain yang melihatnya. Baik atasan atau rekan kerja, akan memiliki penilaian tersendiri mengenai karakter atau mood Anda dari pakaian yang dikenakan saat bekerja.

Warna yang Anda kenakan ternyata berkaitan dengan sikap psikologis manusia. Hal tersebut diungkapkan Angela Wright, pemilik perusahaan konsultasi bisnis Color Affects melalui bukunya The Beginner's Guide to Color Psychology.

Dengan warna yang tepat, Anda bisa terliat percaya diri, santai atau bahkan sedang sangat serius. Berikut bagaimana warna baju menggambarkan karakter Anda di kantor, seperti dilansir dari success.com:

1. Hitam

Karakter: Serius

Selama bertahun-tahun, warna hitam terkesan menjadi ikon seragam kantor di banyak tempat. Hitam sebenarnya bisa menampilkan sosok yang berkuasa dan formal. Sangat cocok dikenakan di situasi-situasi formal dan profesional.

Lebih dari itu, warna hitam juga menggambarkan sosok yang serius dan tajam.

3 dari 6 halaman

2. Merah

Karakter: Percaya diri dan menarik

Merah merupakan karakter yang berapi-api dan dapat memancarkan renjana, emosi, dan tekad. Saat mengenakan warna merah, orang lain juga cenderung memandang Anda sebagai sosok yang meyakinkan dan kuat.

Saat Anda merasa kurang percaya diri, cobalah sesekali untuk mengenakan pakaian warna merah ke kantor. Warna ini juga bisa membantu Anda keluar dari zona nyaman.

4 dari 6 halaman

3. Putih

Karakter: Jujur dan bisa dipercaya

Saat Anda ingin bermain aman, cobalah mengenakan warna putih. Putih seringkali diasosiasikan dengan kemurnian dan kesempurnaan. Warna ini cocok jika tetiba Anda mendapatkan panggilan untuk bertemu atasan di kantor.

5 dari 6 halaman

4. Merah muda

Karakter: Ramah dan mudah didekati

Siapa yang tak suka warna merah muda? Warna tersebut menghadirkan nuansa diri yang lebih tenang dan santai. Dengan pakaian berwarna merah muda, Anda terlihat lebih apa adanya dan mudah didekati.

6 dari 6 halaman

5. Biru

Karakter: Tenang dan meyakinkan

Kenakan pakaian berwarna biru saat Anda sedang menghadapi hari-hari penuh tekanan. Warna tersebut dapat menurunkan rasa tegang pada diri Anda dan rekan kerja lain.

Biru, warna dari laut dan langit, memancarkan aura ketenangan saat dilihat. Tentu saja untuk pertemuan formal, Anda harus memadupadankan pakaian hingga warna biru tidak terlalu terlihat santai.