Sukses

Cerita Haru Warga Serang Dapat Sambungan Listrik Gratis dari PLN

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 117 warga Serang, Banten‎ akhirnya dapat menikmati listrik tanpa harus menyantol dari tetangga. Ratusan warga Serang tersebut telah mendapat penyambungan listrik gratis dari PT PLN (Persero).

Salah satu warga y‎ang mendapat sambungan listrik gratis dengan daya 450 Volt Amper (VA), Ulfa (40), mengaku senang bisa menikmati fasilitas‎ listrik tersebut. Alasannya. ia bisa lebih leluasa menggunaka peralatan listrik dibanding sebelumnya.

"Sekarang bisa pakai ricecooker‎, mesin air, televisi dan lampu ada di tiga kamar,"‎ kata Ulfa, saat ditemui di kediamannya, di Desa Sindangsari, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (15/3/2019).

Sebelum mendapat penyambungan listrik gratis, rumahnya mendapat pasokan listrik dengan menyatol dari rumah orang tuanya. Setiap bulan dia harus membayar tagihan listrik sebesar Rp 150 ribu‎. Saat ini dirinya hanya membayar Rp 50 ribu per bulan.

"Biasanya bayar listrik itu Rp 110 ribu sampai Rp 150 ribu," tuturnya.

Ulfa pun mengaku senang, mendapat fasilitas penyambungan listrik dari PLN, sebab selama 5 tahun rumahnya menyantol listrik karena tidak mampu memasang listrik sendiri.

"Senang bangetlah.‎ Suami sumber pendapatannya cuma ngojek‎," tandasnya.

2 dari 3 halaman

117 Keluarga Miskin di Serang Dapat Sambungan Listrik Gratis

PT PLN (Persero) memberikan penyambungan listrik gratis pada 117 rumah Keluarga miskin di Serang, Banten. Jumlah keluarga yang dapat penyambungan listrik sesuai dengan data Tim Nasional Percepatan Penanggunan Kemiskinan (TNP2K).

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, peresmian penyambungan listrik gratis tersebut merupakan langkah awal, pelaksanaan program pada 2019.

"Ini bantuan listrik gratis untuk warga tidak mampu dimulai dengan simbolisasi penyalaan listrik kepada 117 KK," kata Sofyan, saat meresmikan penyambungan listrik, di desa Sindangsari Pabuaran, Serang, Banten, Jumat (15/3/2019).

Menurut Sofyan, bantuan ini merupakan tindak lanjut dari bantuan listrik gratis pada 2018. Program ini merupakan sinergi dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan bantuan listrik gratis untuk 2.600 Keluarga.

Warga miskin yang mendapat bantuan program sambung listrik gratis ini, akan mendapatkan sambungan listrik PLN daya 450 Volt Ampere (VA), dengan tarif bersubsidi, listrik yang digunakan adalah sistem layanan prabayar.

Sofyan berharap, dengan bantuan listrik gratis warga miskin bisa dapat menikmati listrik, sehingga memadai untuk penerangan dan kebutuhan rumah tangganya.

"Harapannya, dengan listrik ini juga dapat menjadi penggerak bagi tumbuhnya ekonomi warga,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Wawancara Dirut LRT Jakarta
Loading
Artikel Selanjutnya
1,2 Juta Rumah Tangga Akan Dapat Sambungan Listrik Gratis di 2019