Sukses

11.000 Lowongan Kerja BUMN Diserbu 145.000 Pelamar

Sudah ada 145 ribu orang sudah melamar lowongan kerja BUMN.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada HUT ke-21 tahun berusaha menggaet talenta terbaik di seluruh Indonesia untuk bekerja di perusahaan plat merah melalui Program Perekrutan Bersama BUMN.

Pendaftaran program ini akan terus dibuka sampai 17 Maret 2019 mendatang, dengan menyediakan sebanyak 11 ribu posisi lowongan kerja pada 110 perusahaan BUMN.

Forum Human Capital Indonesia (FHCI) selaku penyelenggara program perekrutan ini menyampaikan, hingga hari ini tercatat telah ada sekitar 145 ribu orang pelamar.

"Setiap saat bisa kita lihat progres pelamarnya. Sekarang (jumlah pelamar) 145 ribu orang," ungkap Ketua FHCI Herdy Rosadi Harman kepada Liputan6.com, Minggu (10/3/2019).

Herdy yang juga seorang Direktur Human Capital Management PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk ini menuturkan, tingginya animo masyarakat membuat situs pendaftaran terganggu dan sempat down.

"Ya, sempat ada gangguan di salah satu server. Insya Allah sekarang sudah lancar lagi," ujar dia.Adapun dalam Program Perekrutan Bersama BUMN ini, terdapat tiga jalur yang bisa diikuti, yakni jalur reguler, disabilitas, dan perekrutan khusus putra/putri dari Kawasan Timur Indonesia.

Untuk rekrutmen reguler yakni program penarikan bagi para lulusan SLTA (SMA dan SMK), Diploma (D1-D4), hingga strata sarjana (S1 dan S2).

Sementara rekrutmen disabilitas adalah perekrutan dengan kaum disabilitas yang memenuhi kualifikasi kebutuhan tenaga kerja sesuai kebutuhan bisa ia BUMN, baik berupa lulusan SLTA, Diploma dan Sarjana.

Sedangkan untuk rekrutmen KTI (Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, NTB, NTT) disediakan bagi putra/putri dengan latar belakang pendidikan SLTA, Diploma dan S1 untuk ditempatkan di daerah domisili masing-masing atau di seluruh wilayah kerja sesuai kebutuhan tiap BUMN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menteri Rini Ajak Milenial Ikut Perekrutan 11 Ribu Lowongan BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno membuka perekrutan bersama 11 ribu lowongan kerja yang diadakan 110 perusahaan BUMN. Dia pun mengajak para generasi milenial untuk ikut serta mendaftarkan diri jadi pegawai BUMN.

"Untuk pertama kalinya kita lakukan rekrutmen bersama BUMN mulai tahun ini. Kami terus berusaha untuk bagaimana milenial nantinya bisa jadi pegawai dan berusaha memajukan BUMN," ungkap dia di Lampung BUMN Festival 2019, Bandar Lampung, Jumat, 8 Maret 2019.

Kendati demikian, ia mengatakan, belum semua perusahaan BUMN bisa berpartisipasi dalam sesi perekrutan bersama kali ini. "Tadi ada 110 perusahaan. Padahal sebetulnya BUMN ada 143 perusahaan," jelasnya.

Dia menginformasikan, 110 perusahaan tersebut bakal menyediakan total sekitar 11 ribu lowongan kerja untuk berbagai posisi. Adapun perekrutan kali ini terbuka untuk banyak lulusan, mulai dari SMA/SMK, Vokasi, S1, hingga S2.

Secara posisi, 9 ribu formasi diantaranya dibuka untuk rekrutmen umum. Sementara 1.000 lainnya disediakan khusus untuk disabilitas, dan 1.000 posisi khusus kawasan timur Indonesia.

Lebih lanjut, Menteri Rini pun menyerukan generasi muda dan milenial agar mau bergabung menjadi pegawai BUMN.

"Kehadiran milenial dengan pemikiran barunya itu bagus. Soalnya BUMN ke depan bisa makin maju, direksinya juga makin semangat kerjanya," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.