Sukses

6 Perpustakaan Umum Ini Bisa Jadi Pilihan si Hobi Baca

Yuk, kita kenalan dengan perpustakaan umum yang ada di Jakarta!

Liputan6.com, Jakarta - Perpustakaan identik dengan suasana yang sunyi dan membosankan, karena ruang perpustakaan hanya terdiri dari susunan buku-buku saja. Terlebih lagi, tidak banyak orang yang menghabiskan waktu di perpustakaan.

Perpustakaan terkadang dianggap tempatnya orang-orang cupu dan tidak gaul karena perpustakaan diidentikan dengan hal yang membosankan, tidak menarik dan sunyi.

Ditambah lagi, rendahnya minat baca orang-orang Indonesia, makin jarang saja orang yang menghabiskan waktu di perpustakaan. Padahal perpustakaan tempat yang asik untuk Anda yang suka baca, apalagi jika perpustakaan tersebut mempunyai koleksi buku-buku yang menarik.

Di Jakarta ternyata ada beberapa perpustakaan umum yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi waktu senggang. Jauh dari kata membosankan dan tidak menarik, justru beberapa perpustakaan ini punya desain yang menarik dan dilengkapi fasilitas wifi, sehingga dapat menunjang kebutuhan internetmu.

Koleksi buku-buku yang ada di perpustakaan umum juga terbilang lengkap, dari mulai buku-buku tentang ekonomi, sejarah, sampai buku anak pun ada. Selain fasilitasnya yang lengkap, Anda juga bisa mengunjungi perpustakaan secara gratis, lo. Asik, kan!

Dikutip dari TunaiKita, berikut informasi mengenai beberapa perpustakaan umum di Jakarta. Yuk, kita kenalan dengan perpustakaan umum yang ada di Jakarta!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Perpustakaan Nasional (Perpusnas)

Perpustakaan yang berlokasi di Jalan Merdeka Selatan ini, merupakan salah satu gedung perpustakaan tertinggi di dunia, lo! Desain perpustakaan ini pun sangat modern. Rak-rak buku yang ada di perpustakaan ini bahkan tingginya mencapai langit-langit.

Bagian yang paling menarik adalah Anda bisa melihat pemandangan kota Jakarta yang tampak dari jendela gedung. Di beberapa lantai bahkan terdapat atap terbuka dengan kursi dan taman kecil. Jadi, Anda bisa membaca buku sambil merasakan hembusan angin dari ketinggian.

Untuk Anda yang ingin membawa adik kecil tidak perlu khawatir, karena perpusnas mempunyai ruang koleksi buku anak di lantai 7. Ruangan ini pun didesain sangat menarik untuk anak-anak, mulai dari dinding bergambar, mainan, dan boneka. Dijamin anak-anak pasti betah berlama-lama di perpustakaan ini.

Nah, untuk bisa masuk ke Perpustakaan Nasional, Anda cukup mendaftarkan diri sebagai anggota secara gratis. Tinggal foto dan kemudian kartu anggota akan tercetak, Anda pun bisa langsung menikmati buku-buku yang ada di perpustakaan.

2. Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Perpustakaan ini berada dalam kompleks gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, tepat sebelah fX Sudirman.

Perpustakaan satu ini punya pencahayaan yang cukup dan juga dilengkapi dengan pendingin ruangan, sehingga setiap pengunjung yang berkunjung ke perpustakaan ini merasa betah dan nyaman.

Selain kursi standar dan meja untuk Anda membaca, perpustakaan ini juga dilengkapi beberapa sofa yang bisa Anda gunakan untuk bersantai sembari menikmati buku favorit. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar lebih dalam mengenai kebudayaan Indonesia.

Perpustakaan ini sebenarnya untuk para staff Kementrian, tapi Anda tak perlu khawatir, Anda bisa mengunjungi perpustakaan ini dengan syarat harus mempunyai KTP dengan domisili Jabodetabek. Dengan biaya keanggotaan sebesar Rp 6 ribu.

3 dari 4 halaman

3. Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta

Untuk Anda yang tinggal di Jakarta, pasti tidak asing dengan tempat wisata edukatif, yaitu Planetarium. Gedungnya terletak di komplek Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.

Nah, masih berada di komplek TIM, ada satu perpustakaan yang wajib Anda kunjungi, yaitu Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta. Sama seperti perpusnas, perpustakaan ini menyediakan lantai khusus untuk anak-anak. Bahkan tersedia juga area bermain anak.

Perpustakaan ini sangat luas, Anda tidak perlu khawatir tidak mendapat kursi untuk duduk. Terdapat banyak kursi dan tersedia karpet yang bisa Anda gunakan untuk duduk atau bahkan berbaring.

Anda bisa menikmati fasilitas di perpustakaan ini dengan mendaftar, kemudian Anda akan mendapatkan kunci loker untuk menyimpan barang-barang. Jika Anda ingin meminjam buku, Anda harus memiliki KTP DKI Jakarta, jangka waktu pinjam maksimal dua pekan.

4. Perpustakaan Freedom Jakarta

Berlokasi di Wisma Bakrie 1, Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Anda bisa mampir ke Perpustakaan Freedom. Meskipun perpustakaan ini bukan dikelola oleh pemerintah, perpustakaan ini tetap buka untuk umum dan gratis. Bahkan untuk meminjam buku di perpustakaan ini pun juga gratis, lo. Anda hanya perlu melakukan registrasi dan membuat kartu keanggotaan.

Sebelumnya, perpustakaan ini berlokasi di Cikini, namun pada 2015 harus tutup dan buka kembali dengan lokasi perpustakaan yang baru dengan desain yang lebih modern.

Terdapat puluhan ribu koleksi buku tersedia di perpustakaan ini, mulai dari buku-buku filsafat, agama, sosiologi, politik, ekonomi, studi demokrasi, dan sastra.

4 dari 4 halaman

5. Perpustakaan Umum Daerah Nyi Ageng Serang

Masih di kawasan Jakarta Selatan, tepatnya daerah Rasuna Said. Ada satu Perpustakaan Umum Daerah yang berada dalam gedung Nyi Ageng Serang. Letaknya berada persis di belakang Hotel JS Luwansa, tak jauh dari Plaza Festival.

Seperti perpustakaan pada umumnya, tersedia kursi-kursi untuk Anda menikmati buku favorit. Ada juga Wi-Fi, stop kontak, dan komputer untuk Anda yang ingin browsing atau mengerjakan tugas. Untuk mendaftar menjadi anggota, cukup menyerahkan fotokopi KTP DKI Jakarta, ya.

6. Perpustakaan UI

Melipir ke pinggir Jakarta, yaitu Depok, Perpustakaan yang berlokasi di dalam kampus Universitas Indonesia (UI) diberi nama "The Crystal of Knowledge".

Perpustakaan dengan bangunan yang unik ini, dilansir menjadi perpustakaan dengan koleksi hampir lengkap. Perpustakaan yang berada di lahan seluas 2,5 hektare ini, menyimpan dari 5 juta koleksi buku, termasuk koleksi langka, lo!

Fasilitas yang ada di perpustakaan ini pun sangat lengkap, perpustakaan lain biasanya hanya memberi fasilitas Wi-Fi, tapi di perpustakaan UI, tersedia kedai kopi asal Amerika Serikat yang terkenal, yakni Starbucks.

Selain kedai kopi, tersedia juga Gold's Gym di bagian lantai dasar Perpustakaan UI. Selain itu, ada juga ruang theater yang menjadi satu dengan bangunan Perpustakaan UI. Layaknya bioskop pada umumnya, theater tersebut didukung dengan layar lebar dengan sound system yang canggih. Ruang theater ini hanya dapat digunakan untuk keperluan pemutaran film yang menjadi kegiatan mahasiswa. Yang terakhir, juga terdapat restoran.

Jadi, untuk Anda yang selesai membaca buku di Perpustakaan UI kemudian merasa lapar, Anda bisa langsung makan di restoran tersebut. Restoran yang tersedia yakni restoran yang menyajikan makanan korea. Fasilitasnya lengkap seperti di dalam mall, ya?

Perpustakaan Asik Bikin Betah

Nah, banyak, kan perpustakaan asik di Jakarta yang bisa Anda kunjungi. Berkunjung ke perpustakaan umum tidak membosankan seperti yang dibanyangkan kok. Justru Anda bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan di perpustakaan tersebut. Yuk, berkunjung ke perpustakaan!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.