Sukses

4 Cara Tetap Produktif di Akhir Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja 8 jam setiap harinya selama 5 hari, ditambah lagi dengan kemacetan yang semakin menguras waktu tentunya sangat melelahkan. Belum lagi kondisi iklim yang sering berubah-berubah, membuat tubuh mudah sakit.

Setelah dihadapkan rutinitas pekerjaan sehari-hari, kita pun hanya memiliki waktu di akhir pekan saja untuk beristrirahat. Namun sayangnya tak semua orang mampu memanfaatkan akhir pekan guna mengembalikan energi yang terbuang.

Setidaknya setiap Sabtu dan Minggu kita punya hari yang dapat dimanfaatkan untuk sebuah agenda menarik maupun rencana besar yang bisa membuat hidup semakin menyenangkan. Tapi jangan pernah lupakan meluangkan waktu hanya benar-benar untuk istirahat.

Jika setiap akhir pekan hanya dihabiskan untuk pesta dan bersenang-senang di luar rumah, maka bisa-bisa energi semakin terkuras habis dan tidak punya tenaga serta semangat lagi untuk memulai hari dan bekerja keesokan harinya.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan produktivitas di akhir pekan? Mudah saja, simak tips berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Hargai Akhir Pekan Anda

Banyak yang memiliki pandangan bahwa akhir pekan adalah perpanjangan dari 5 hari kerja yang mereka miliki. Tak jarang dengan memiliki padangan tersebut justru membuat mereka berkeinginan melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan saat hari kerja (Senin hingga Jumat).

Pandangan tersebut memang tidak sepenuhnya salah, namun jika kita melihat hari Sabtu dan Minggu sebagai hari yang terpisah dari Senin hingga Jumat, tentunya kita bisa memaksimalkan hari tersebut untuk beristirahat dan membuat hidup lebih seimbang dengan melakukan hal-hal positif.

2 dari 3 halaman

2. Menjauhkan Diri dari Perangkat Teknologi

Jika dahulu kita melakukan berbagai hal secara konvensional, mulai dari membeli makanan, membersihkan rumah, hingga mengerjakan hal-hal kecil, berbeda dengan keadaan saat ini yang lebih dimanjakan oleh perangkat teknologi dan berbagai fasilitas layanan secara online.

Kerjakanlah seluruh aktivitas tersebut secara manual, bukan hanya membuat Anda memiliki kesibukan yang bermanfaat, selain itu Anda juga dapat sekaligus berolahraga dengan menghasilkan keringat.

Selain layanan yang disediakan secara online yang mudah diakses, kurangi pula keinginan untuk membagikan foto-foto di media sosial. Berhentilah sejenak dengan kehidupan di dunia maya yang ternyata justru bisa membuat semakin stres lantaran membandingkan diri dengan orang lain.

Daripada berinteraksi dengan teman melalui media sosial, cobalah untuk berinteraksi langsung dengn orang-orang terdekat Anda sembari menikmati secangkir kopi. Kegiatan ini setidaknya bisa menghindarkan diri dari perangkat teknologi dan tetap fokus dengan apa yang sedang Anda lakukan.

3. Waktunya Perbaiki Waktu Tidur

Salah satu hal yang sangat umum dialami oleh pekerja adalah buruknya waktu tidur. Hal tersebut akan diperparah apabila setiap akhir pekan Anda justru menghabiskan waktu dengan begadang.

Tentu saja, dengan begadang, alih-alih berpikiran keesokan harinya Anda bisa tidur sehari penuh di siang hari. Tak jarang hal tersebut justru membuat badan semakin mudah terkena berbagai penyakit seperti obesitas, jantung hingga diabetes.

Dalam jangka pendek, kekurangan tidur juga dapat memengaruhi kinerja otak, sehingga dapat mengganggu keseharian Anda lantaran mudah lupa, hingga pusing. Oleh karenanya jangan gadaikan kesehatan Anda dengan menghabiskan setiap akhir pekan dengan cara begadang.

Akhir pekan dapat Anda manfaatkan untuk memperbaiki waktu tidur dengan cara istirahat di siang hari maupun istirahat lebih cepat dari biasanya. Salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah non-aktifkan ponsel.

Sebab ponsel adalah salah satu alasan yang dapat menganggu tidur Anda. Ketika asyik berponsel berselancar di dunia maya, maka pikiran pun akan teralihkan dan sulit memejamkan mata untuk istirahat.

3 dari 3 halaman

4. Hindari Memaksakan Diri saat Akhir Pekan

Seperti kita semua tahu, melakukan sesuatu secara berlebihan tentunya tidak baik, terutama bekerja secara berlebihan pada akhir pekan. Manfaatkan akhir pekan untuk rileksasi.

Namun yang perlu diingat, tetap jangan berlebihan dalam beristirahat yang membuat malah terserang rasa malas. Sebab bukannya tubuh menjadi bugar, namun justru kelelahan keesokan harinya.

Untuk mengalokasikan waktu akhir pekan, Anda bisa membuat daftar kegiatan yang bisa dilakukan. Sehingga Anda bisa memilah mana kegiatan yang penting dan yang dirasa kurang bermanfaat serta hanya terkesan membuang-buang waktu.

Apabila tidak dapat Anda lakukan seluruhnya minggu ini, masih bisa melakukannya minggu depan, sehingga waktu akhir pekan Anda tetap memiliki kegiatan yang positif.

Sayangi Diri dan Jadilah Produktif

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat akan menghadapi akhir pekan. Lakukan kegiatan-kegiatan positif.

Namun tetap ingat kegiatan di akhir pekan bukan hanya untuk menghabiskan waktu bersenang-senang di luar rumah, tapi mengalokasikan waktu dengan cara yang lebih santai sehingga produktivitas Anda tetap terjaga.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Kerja di Luar Kantor
Artikel Selanjutnya
Wajib Tahu, 7 Ide Bisnis Ini Layak Kamu Coba