Sukses

Ingin Mulai Hidup Mandiri? Berikut Tips Keuangannya

Hidup jauh dari orangtua tidak mudah, perlu ada adaptasi terutama pengelolaan keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang yang bekerja mulai meninggalkan rumah orangtuanya untuk hidup dan merantau di kota yang jauh dari kota yang ditinggali saat ini.

Namun, kebanyakan yang merantau akan mengalami kekacauan dalam mengatur keuangan. 

Akan tetapi, hal tersebut tidak seharusnya terjadi, mau tahu tips apa saja yang harus Anda lakukan agar keuangan Anda aman saat hidup sendiri? Berikut tips keuangannya seperti dikutip dari laman economic times:

1. Berhentilah Menikmati Bantuan dari Orang Tua

Jika Anda memang berniat untuk hidup mandiri, hal utama yang harus dilakukan yaitu, berhentilah untuk menikmati bantuan-bantuan yang sering orangtua berikan.

Meskipun sulit untuk menolak, tapi cobalah untuk berani. Karena hal ini akan membuat Anda lebih pintar dalam mengatur keuangan pribadi ke depan dan menjadi lebih jelas.

2. Buatlah Rincian Pengeluaran yang Jelas

Dengan rincian pengeluaran yang jelas akan membantu mengontrol keuangan bulanan Anda selama hidup sendiri di luar jauh dari orang tua. Selain itu, dengan rincian pengeluaran yang jelas dapat membantu Anda menabung.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Iritlah dalam Berbelanja

Terkadang di saat masih hidup dengan orangtua, kita tidak memikirkan seberapa banyak uang yang digunakan untuk berbelanja, sehingga jika uang bulanan habis kita langsung meminta kepada orangtua untuk uang tambahan.

Jika Anda termasuk salah satu dari kriteria orang seperti ini,  mulailah untuk irit dalam berbelanja saat mulai hidup sendiri.

Ingatlah, Anda jauh dari orangtua dan tidak ingin memberatkan jadi secara otomatis Anda akan menjaga pengeluaran bulanan sehingga uang akan aman hingga akhir bulan.

4. Sediakanlah Uang Darurat

Hidup sendiri tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal-hal buruk, untuk itu sisihkanlah sedikit uang Anda untuk situasi-situasi darurat seperti ketika Anda sakit, kecelakaan ataupun hal-hal darurat lainnya yang tidak diinginka.

Namun, jika uang tersebut tidak terpakai selama sebulan itu, Anda bisa menabungnya. Jadi, uang darurat ini juga sebagai uang untuk menabung.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.