Sukses

Ini Dia Fitur yang Bikin Orang Tergoda Punya Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Pihak penyedia layanan kartu kredit pada umumnya menawarkan berbagai fitur menarik pada kartu kredit yang diterbitkannya. Tujuan dari penawaran tersebut tentu saja untuk memudahkan nasabahnya dalam berbagai transaksi.

Oleh karena itu, kemampuan Anda untuk menyesuaikan perilaku pembelian dengan fitur kartu kredit sangatlah dibutuhkan. Untuk itu, carilah informasi mengenai manfaat dan risiko yang ditawarkannya.

Konsultasikan hal tersebut dengan pihak penerbit kartu kredit atau tanyakan kepada teman yang terlebih dahulu menggunakan kartu kredit. Hal ini sangat dibutuhkan sebagai gambaran Anda sebelum mengajukan kartu kredit.

Tapi di luar semua itu, ini lho fitur-fitur kartu kredit yang membuat orang tertarik dan berbondong-bondong untuk memiliki kartu kredit, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bisa Tarik Uang Tunai di ATM

Nah, salah satu fitur yang cukup banyak menarik perhatian orang untuk memiliki kartu kredit adalah bisa tarik tunai. Saat keuangan tersendat dan membutuhkan dana segar dengan cepat, maka kartu kreditlah jawabannya.

Cukup mendatangi mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dan berbekal kartu kredit, maka Anda pun sudah bisa mendapatkan uang tunai. Tentu saja, jumlah uang tunai yang bisa diambil tergantung limit yang ada di kartu kredit Anda.

Jadi, dalam kondisi mendesak dan membutuhkan uang tunai, kartu kredit bisa jadi alternatifnya. Tentu saja ini bisa jadi pilihan ketimbang cari pinjaman sana-sini ke saudara atau teman, bukan?

Tapi untuk urusan bunga tarik tunai, setiap bank menerapkan berbeda-beda, ada yang mengenakan bunga lebih tinggi dibanding bunga pembelanjaan dan ada juga menerapkan bunga lebih rendah atau sama dengan bunga belanja.

2 dari 4 halaman

2. Banyak Potongan Harga dan Poin Reward

Fitur yang cukup menarik dari kartu kredit berikutnya adalah potongan harga atau diskon dan poin reward yang cukup menguntungkan bagi nasabahnya untuk memenuhi kebutuhan belanja bulanan.

Tak tanggung-tanggung, diskon yang diberikan dari penggunaan kartu kredit ini pun bisa hingga di atas 50 persen. Bahkan poin reward juga bisa ditukarkan untuk menikmati berbagai hidangan di restoran atau harga makanan buy 1 get 1 free hingga tiket pesawat dan lainnya.

3. Program Cicilan Ringan dengan Bunga 0 Persen

Fitur menarik lainnya dari kartu kredit yang membuat orang kepincut adalah bisa digunakan untuk belanja produk tertentu dengan cicilan ringan bahkan hingga 0 persen saja. Tentu saja, hal ini sangat meringankan bagi orang yang sedang membutuhkan suatu barang namun keuangan masih terbatas.

Sehingga jalan satu-satunya adalah membeli dengan cara kredit dan cicilan rendah atau bebas cicilan. Jadi, saat butuh barang yang mendesak kebutuhannya, bisa segera dipenuhi.

Namun Anda juga perlu memerhatikan bahwa biasanya produk yang dibeli dengan cicilan kartu kredit ini tidak dapat ditukarkan. Oleh karena itu, sebaiknya memahami dengan baik syarat dan ketentuan yang diterapkan pihak retailer terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

3 dari 4 halaman

4. Banyak Keuntungan Bagi yang Hobi Travelling

Fasilitas satu ini biasanya dicari oleh para nasabah yang suka travelling atau pengusaha yang sering melakukan perjalanan bisnis. Dengan mengumpulkan air miles, Anda dapat meningkatkan kelas kursi pesawat atau bahkan mendapatkan tiket pesawat gratis.

Selain itu, pengguna fitur kredit ini juga akan mendapatkan akses gratis ke airport lounge di seluruh dunia. Sehingga dapat menunggu dengan santai dan nyaman di bandara. Apalagi biasanya pihak bandara menyediakan makanan ringan gratis.

Bahkan kartu kredit juga lebih memudahkan untuk memesan tiket pesawat maupun penginapan atau hotel secara online.

Kartu kredit juga memudahkan transaksi saat berasa di kota atau negara tujuan. Karena logo Visa dan Martercard pada kartu kredit bisa digunakan untuk transaksi di mana saja di seluruh negara.

5. Bisa untuk Tarik Tunai Mata Uang Asing

Fitur menarik satu ini sering ditawarkan pihak penyedia layanan kredit adalah dapat memudahkan proses transaksi internasional. Dalam hal itu adalah tarik tunai di mana pun kota dan negara tujuan Anda.

Tentu saja, logo Visa dan Mastercard itulah yang memungkinkan Anda bisa tarik tunai dengan mata uang lokal negara tujuan. Sehingga sangat praktis saat Anda sedang bepergian ke suatu tempat dan belum menemukan tempat penukaran uang asing (money changer).

Tapi, sebelum memanfaatkan fitur ini, Anda perlu mengetahui bahwa pihak bank biasanya mengenakan fee pada setiap konversi yang dilakukan. Jadi, jangan sembarangan dalam menukarkan uang Anda.

4 dari 4 halaman

6. Fitur Transfer Tagihan

Fitur menarik lainnya yang bisa saja didapatkan dari pihak layanan penyedia kredit adalah balance transfer. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mentransfer atau memindahkan sejumlah tagihan dari kartu kredit lama ke kartu kredit baru. Biasanya pemindahan tagihan tersebut bertujuan untuk membayar tagihan kredit dengan suku bunga yang lebih rendah.

Jumlah maksimal transfer tagihan yang diperbolehkan biasanya 80 persen dari jumlah tagihan yang dimiliki. Untuk itu, Anda memiliki waktu antara 6 sampai 12 bulan untuk melunasi tagihan yang dibebankan sebelum suku bunga kembali naik ke angka normal.

Sesuaikan Fitur Kartu Kredit dengan Kebutuhan

Fitur kartu kredit memang bervariasi dan terlihat ingin menguntungkan nasabah. Namun, jangan lupa, Anda harus bisa menyesuaikan perilaku pembelian atau kebutuhan dengan fitur kartu kredit yang ditawarkan. Tujuannya agar mendapatkan keuntungan yang maksimal dari fitur kartu kredit itu sendiri.

Apabila suka travelling, ajukanlah kepada pihak penyedia layanan kartu kredit yang memberikan keuntungan bagi setiap transaksi perjalanan yang akan Anda lakukan. Sebaliknya, jika suka belanja, pilihlah kartu kredit yang menawarkan fitur diskon.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kerja Multitasking Ternyata Tak Efektif, Mengapa?
Artikel Selanjutnya
Trik Jaga Diet Meski Tetap Makan Banyak