Sukses

Pengusaha Eka Tjipta Meninggal Dunia, Ini Pewaris Kerajaan Bisnisnya

Pengusaha Eka Tjipta Widjaja meninggal dunia pada Sabtu, 26 Januari 2019 di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha Eka Tjipta Widjaja meningGal dunia pada Sabtu malam (26/1/2019) di Jakarta pada usianya yang ke-98. Pria yang memulai bisnisnya di Makassar itu menorehkan sejarah besar di dunia bisnis sebagai pendiri Sinar Mas.

Berdasarkan perhitungan terakhir Forbes di penghujung tahun 2018, Eka Tjipa Widjaja adalah orang terkaya nomor tiga di Indonesia. Hartanya ditaksir mencapai USD 8,6 miliar atau Rp 121,1 triliun. Kekayaannya akan diwariskan ke 15 anak-anaknya berasal dari dua pernikahannya.

Para anak-anak Eka Tjipta Widjaja adalah Teguh, Oei Hong Leong, Franky, Indra, Frankle, Muktar, Jimmy, Fenny, Sukmawati, Ingrid, Nanny, Lanny, Inneke, Chenny, Meilay, dan Jetty. Semuanya membawa nama Widjaja.

Berawal dari bisnis makanan yang Eka Tjipta Widjaja rintis saat remaja, kini Sinar Mas bergerak di berbagai lini dan telah menjadi kerajaan bisnis. Di antaranya agribisnis, ritel, jasa keuangan, real estate, dan banyak lainnya.

Sejumlah perusahaan grup Sinar Mas pun sebagian mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan tersebut antara lain PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM), PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS), PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSA), PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI).

Kemudian, ada PT Smartfren Telecom Tbk (SMAR), PT Sinarmas Multiartha Tbk (SMMA), dan PT Tjiwi Kimia Tbk (TKIM). Kini, Sinar Mas yang didirikan Eka Tjipta Widjaja di Makassar ini telah memiliki 380 ribu pegawai.

Selain itu, ada pula Eka Tjipta Foundation, sebuah yayasan di bidang pendidikan dan kenanusiaan yang dikelola keluarga Widjaja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tutup Usia

Kabar duka menyelimuti dunia usaha Indonesia. Pendiri grup Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja tutup usia pada Sabtu 26 Januari 2019.

"Telah meninggal dunia pendiri Sinar Mas Bapak Eka Tjipta Widjaja pada usia 98 tahun. Pada pukul 19.43 WIB, Sabtu 26 Januari 2019. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka RSPAD Gatot Subruto,” ujar Juru Bicara Grup Sinar Mas Gandhi Sulityanto, lewat pesan singkat yang diterima Liputan6.com.

Saat ditanya mengenai sebab meninggalnya Eka Tjipta, Gandhi menuturkan karena faktor usia. "Meninggal karena usia," kata dia.

Eka Tjipta Widjaja lahir pada 1921 di Quanzhou, China. Ia merupakan salah satu pengusaha besar di Indonesia yang dikenal sebagai pendiri grup Sinar Mas.

Ia masuk daftar orang ketiga terkaya di Indonesia versi Forbes 2018. Pada 2018, kekayaannya menyusut menjadi USD 8,6 miliar. Bisnis utama yang digelutinya dari kertas, agribisnis, properti dan jasa keuangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini