Sukses

Ingin Puaskan Permintaan Pelanggan Anda? Lakukan 5 Hal Ini

Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan merupakan kunci keberhasilan bisnis Anda. Berikut adalah 5 hal yang harus Anda lakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Memenuhi kebutuhan dan tuntutan pelanggan untuk mendapatkan keuntungan merupakan kunci keberhasilan bisnis. Tentu prosesnya akan menjadi mudah namun akan sulit juga.

Teknologi yang modern, membuat Anda akan lebih mudah untuk mengidentifikasi, memperlajari dan menjangakau permintaan pasar.

Namun, akan menjadi sulit karena pelanggan akan menjadi jauh lebih cerdas, kurang loyal dan memiliki harapan yang semakin tinggi kepada produk yang Anda jual.

Akan tetapi, jika Anda mengetahui strategi terbaik untuk memenuhi kebutuhan permintaan pelanggan, tentunya untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah sulit untuk Anda lakukan.

Mau tahu bagaimana cara memenuhi permintaan pelanggan secara efektif? Berikut adalah lima hal yang harus Anda lakukan:

1. Mengetahui siapa pelanggan Anda

Siapakah pelanggan bisnis Anda? Berjenis kelamin apakah mereka? Berapakah kisaran usia mereka? Hal apa yang mereka sukai?

Penting untuk mengetahui siapa sebenarnya pelanggan Anda, karena dengan begitu akan semakin mudah untuk mengetahui produk atau layanan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan setia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pahamilah apa yang mereka butuhkan

Mengetahui kebutuhan pelanggan merupakan kunci kesuksesan bisnis Anda. Dahulu sebelum adanya situs web dan media sosial, begitu banyak para pembisnis yang menghabiskan uang mereka untuk mengetahui hal apa yang sedah dibutuhkan oleh para pelanggannya.

Namun, itu tidak terjadi lagi, kemajuan teknologi memudahkan para pebisnis mengetahui hal apa yang menjadi ketertarikan pada pasar saat ini juga.

3. Memenuhi harapan

Anda harus perlu memahami harapan pelanggan dan selalu berusaha untuk dapat memenuhi atau bahkan melampaui harapan mereka. Seperti yang dilakukan perusahaan Apple, telah menciptakan standar yang diharapkan pelanggannya.

 

3 dari 3 halaman

4. Ketersediaan barang yang selalu terjaga

Masalah yang sering terjadi yaitu, di saat permintaan sedang tinggi, banyak penjual yang tidak mengkontrol barangnya sehingga membuat pelanggan harus menunggu lama hingga barang tersebut ada lagi.

Sebaiknya yang Anda harus lakukan yaitu, mencek selalu atas ketersediaan barang. Jangan membuat pelanggan Anda menunggu lama akan barang yang mereka inginkan, karena jika hal ini terjadi,  bisnis Anda yang terancam mendapatkan nilai yang negatif.

5. Menjaga penilaian positif pelanggan Anda

Mungkin terdengar sedikit sepele, tapi  hal ini sangat penting untuk Anda lakukan. Penilaian positif pelanggan atas produk atau layanan yang Anda berikan, akan membuat bisnis menjadi lebih stabil dan meningkatkan penjualan produk yang dimiliki.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.