Sukses

Ingin Menjadi Pegawai Terbaik? Lakukanlah 10 hal ini

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda memiliki resolusi untuk menjadi pegawai terbaik tahun ini? Menjadi pegawai terbaik akan membantu jenjang karir Anda seperti mendapatkan promosi jabatan, bahkan hidup akan lebih terasa bahagia secara keseluruhan. Jika Anda salah satu yang memiiliki keinginan ini namun tidak tahu harus melakukan apa, berikut adalah 10 hal yang harus Anda lakukan:

1. Mintalah feedback kepada atasan secara langsung

Jika Anda belum pernah bertemu dengan atasan, maka ajukanlah untuk bertemu kepada atasan untuk mendapatkan feedback atas pekerjaan yang telah dilakukan selama ini. 30 menit berbicara bersama atasan dapat mengubah hidup Anda, pada saat itu Anda bisa menanyakan bagaimana kinerja selama ini, dan menanyakan beberapa hal tentang perusahaan dan proyek yang Anda kurang mengerti.

2. Mengatur alur kehidupan kerja Anda

Jika Anda belum membuat jadwal kegiatan Anda selama dikantor, maka buatlah hal itu sekarang juga. Dengan memiliki daftar hal apa saja yang Anda lakukan di kantor akan membuat Anda lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan.

Selain itu, mulailah untuk merapihkan meja kerja Anda. Seseorang pernah berkata, 'meja yang rapi, pikiran pun juga akan rapi', dan hal ini dapat menurunkan tingkat stres serta meningkatkan produktivitas Anda. Terakhir, menjadi lebih terorganisir tempat kerja Anda dapat menyeimbangkan kehidupan.

 

2 dari 4 halaman

3. Datang lebih cepat

Seseorang pernah berkata bahwa ada baiknya berada di kantor sebelum bos Anda hadir. Hal tersebut merupakan ide bagus karena Anda dapat meluangkan waktu untuk mempersiapkan diri untuk hari yang akan datang.

Letakkan barang-barang Anda, ambil secangkir kopi, periksa daftar tugas dan mulai setiap hari dengan pola pikir yang benar. Kantor pasti akan sepi sehingga Anda tidak akan terganggu atau kewalahan jika Anda datang di pagi hari. Sekali lagi, bos Anda mungkin akan menilai Anda sebagai pegawai yang sangat tepat waktu dan terorganisir.

4. Selalu berikan yang terbaik

Apapun yang Anda lakukan di kantor, lakukanlah yang terbaik semampu Anda. Hal ini akan membuat Anda dipercayai untuk bisa mengambil alih lebih banyak tanggung jawab.

5. Ambilah tanggung jawab baru

Setelah Anda mempromosikan diri kepada bos,tanyakan kepada atasan apakah Anda dapat mengambil tanggung jawab baru dengan cara melakukan pekerjaan lainya. Hal ini akan membuat Anda lebih diihargai karena telah mencoba menawarkan bantuan, dan memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan yang Anda miliki.

 

3 dari 4 halaman

6. Perbanyaklah jaringan pertemanan Anda

Memiliki banyak jaringan baik di dalam maupun di luar kantor sangat penting bagi perkembangan karier Anda. Maka mulailah untuk memperluas relasi yang telah dimiliki.

7. Beranilah untuk berbicara

Janganlah takut untuk berbicara di kantor, baik itu untuk menyampaikan ide baru untuk membuat proses lebih efisien atau Anda hanya ingin memastikan diberi kredit yang layak untuk sebuah proyek.

Tentu saja, selalu ada waktu dan tempat untuk keduanya, tetapi dalam pengaturan yang tepat dan dengan cara yang benar, Anda dapat dengan mudah membuat kesan positif pada bos atau eksekutif lain di perusahaan.

8. Tetaplah tenang

Pekerjaan dapat membuat stres, namun Anda harus tetap tenang dalam kondisi tersulit apapun itu. Berusahalah untuk mencari solusi atas setiap masalah yang Anda hadapi.

Jika Anda dapat menjadi karyawan yang tenang dan dapat menyelesaikan masalah Anda sendiri, hal ini akan membuat Anda mendapatkan kesan dari atasan sebagai seorang yang memiliki potensi menjadi pemimpin yang sejati.

 

4 dari 4 halaman

9. Bacalah lebih banyak buku

Mulailah untuk membaca banyak buku, selain untuk menambah wawasan Anda, hal ini juga dapat membantu Anda tumbuh dalam karier. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan mendapatkan berbagai tips tentang masalah pekerjaan yang dihadapi, bahkan Anda juga akan mendapatkan jawaban bagaimana cara untuk menjadi karyawan yang lebih baik.

10. Mulailah untuk mendukung rekan kerja Anda yang lainnya

Sangat penting untuk mendukung orang lain di kantor Anda. Dengan begitu diharapkan mereka juga akan mendukung Anda. Jika Anda bekerja dalam grup atau tim, jadilah anggota yang aktif dan membuat Anda semakin memiliki kesan yang baik tidak hanya pada atasan namun rekan-rekan kerja Anda lainnya.