Sukses

5 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Hal yang seringkali menjadi dilema saat akan melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi adalah kebanyakan calon mahasiswa akan memilih Perguruan Tinggi Negeri.

Hal ini dikarenakan selama ini universitas negeri memang dikenal memiliki kualitas pelayanan dan mutu pendidikan yang baik.

Akan tetapi, Universitas Swasta juga tidak kalah dengan Perguruan Tinggi Negeri, lo. Khusus untuk yang berdomisili di Jakarta, berikut 5 rekomendasi Universitas Swasta terbaik di Jakarta, seperti dikutip dari TunaiKita:

1. Universitas Bina Nusantara

Universitas Swasta terbaik di Jakarta yang pertama adalah Universitas Bina Nusantara. Universitas yang lebih dikenal dengan sebutan Binus ini menempati urutan ke-15 universitas swasta terbaik di Indonesia berdasarkan 4icu Uni Rank.

Setidaknya terdapat 11 fakultas yang bisa dipilih jika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke Strata 1, di antaranya Fakultas Desain, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, dan fakultas-fakultas lainnya.

Kampus utamanya berlokasi di Jalan KH. Syahdan No. 9 Kemanggisan, Palmerah dan di Jalan Kebon Jeruk Raya No. 27, Kebon Jeruk-Jakarta Barat.

2 dari 5 halaman

2. Universitas Gunadarma

Universitas yang satu ini sudah memiliki akreditas A dan menjadi salah satu Universitas Swasta yang menjadi favorit. Kampus yang didirikan pada tahun 1996 ini, sangat mudah dijangkau dengan angkutan umum dan kereta commuter line karena terletak di Jalan Margonda Raya 100 Pondok Cina, Depok.

Terdapat 6 fakultas yang bisa dipilih untuk tingkat Strata 1, yaitu Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

3 dari 5 halaman

3. Universitas Tarumanagara

Universitas Swasta terbaik di Jakarta selanjutnya adalah Universitas Tarumanagara. Berlokasi di Jalan Letjen S. Parman No. 1 Jakarta Barat, Universitas Tarumanagara sudah berdiri sejak tahun 1959.

Universitas Tarumanagara setidaknya memiliki 8 fakultas yang bisa dipilih untuk jenjang Strata 1, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknologi Informasi, dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Universitas ini memperoleh predikat A dalam Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) oleh BAN-PT sejak tahun 2017.

4 dari 5 halaman

4. Universitas Mercu Buana

Untuk hal akreditasi, Universitas Swasta yang satu ini masuk ke dalam jajaran Universitas Swasta terbaik di Jakarta. Universitas yang didirikan oleh pengusaha Probosutedjo (almarhum) sejak tahun 1985 ini, memiliki akreditas A sejak awal tahun 2017. Pada tahun 2018, menempati urutan ke-22 di Indonesia.

Setidaknya terdapat 6 fakultas untuk Strata 1, yakni Fakultas Desain dan Seni Kreatif, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ilmu Komputer.

Kampus utama Universitas Mercu Buana terletak di Jalan Meruya Selatan, Kembangan-Jakarta Barat.

5 dari 5 halaman

5. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas selanjutnya yang bisa menjadi pilihan adalah Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Didirikan pada tahun 1960, Universitas yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman 51, Jakarta Selatan ini memiliki akreditasi A sejak akhir tahun 2016 lalu hingga sekarang.

Khusus untuk yang ingin melanjutkan jenjang Strata 1, terdapat 8 fakultas yang bisa dipilih, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Teknobiologi, dan Fakultas Psikologi.

Semoga membantu!

Loading
Artikel Selanjutnya
Menteri Jonan: Permukaan Tanah Jakarta Sudah Turun 40 Meter
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Akhir Pekan, Jakarta Cerah Berawan, Bogor Hujan