Sukses

Jokowi Minta Pembangunan Runway 3 Bandara Soetta Dipercepat

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pembangunan landasan pacu ketiga Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dipercepat. Dengan tambahan landasan pacu tersebut, maka semakin banyak maskapai dari negara lain yang masuk ke Indonesia.

Jokowi mengungkapkan, dengan kondisi landasan pacu yang ada saat ini, maskapai terpaksa mengantre saat akan terbang atau mendarat di Bandara Soetta.

"Yang kita kejar adalah runway ketiga di Soetta, ini sudah lama dan jadi masalah besar. Pesawat mau naik itu ngantre dulu, 15 menit-30 menit untuk naik, mau turun juga muter-muter dulu di atas, karena runway-nya kurang," ujar dia di JCC, Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Menurut dia, sebenarnya pembangunan landasan pacu Bandara Soetta tersebut ditargetkan selesai tahun ini. Namun lantaran masalah lahan, maka selesainya mundur menjadi pertengahan tahun depan.‎

"Sebetulnya target itu tahun ini harus selesai runway ketiga dan east cross taxiway di timur. Ada masalah pembebasan lahan, enggak apa-apamundur pertengahan tahun depan," kata dia.

 

2 dari 3 halaman

Sangat Penting

Jokowi menyatakan, keberadaan landasan pacu ketiga ini sangat penting. Sebab, kapasitas runway yang ada sudah tidak mencukupi, sedangkan permintaan dari maskapai asing untuk beroperasi di Bandara Soetta semakin banyak.‎

"Karena memang banyak sekali keinginanuntuk terbang ke Indonesia, ke Jakarta. Banyak slot minta dari Qatar, Singapura, India, Thailand minta untuk ditambah tapi kita enggak bisa m‎emberikan, sudah penuh. Bukan penuh lagi, inilah keterlambatan kita di infrastruktur. Di‎ Ngurah Rai juga sama, ini kita terus kerja," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi Mengaku Pernah Kesulitan Meminjam Uang ke Bank untuk Modal Usaha
Artikel Selanjutnya
Demokrat Dukung Jokowi Tidak Setuju Amandemen UUD 1945