Sukses

Gandeng Alibaba, Starbucks Tawarkan Pengalaman Digital di Gerai Terbesar

Liputan6.com, Shanghai - Berkunjung ke Kota Shanghai di China tak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan waktu mengunjungi Starbucks Reserve Roastery Shanghai. Gerai ini merupakan gerai kopi milik Starbucks yang terbesar di dunia.

Perusahaan kopi asal Seattle, Amerika Serikat ini menyebut gerai tersebut sebagai tempat mencoba pengalaman minum kopi multi sensoris pertama di Asia.

Bekerjasama dengan New Retail milik Alibaba Group, Starbucks memperlihatkan kepada pengunjung sebuah pengalaman digital tersendiri, yakni dengan menyaksikan sistem kerja pembuatan kopi lewat layar sentuh di telepon genggam.

Liputan6.com mendapat kesempatan untuk mencoba pengalaman tersebut. Saat masuk ke Starbucks Reserve Roastery Shanghai, penikmat kopi langsung disambut dengan langit-langit ruangan berbentuk heksagonal buatan tangan. Desain tersebut terinspirasi oleh sistem penguncian espresso shot pada mesin pembuatan espresso.

Beranjak lebih ke dalam, pengunjung akan merasakan konsep roastery yang Starbucks usung di gerai tersebut. Dengan mata telanjang, peminum kopi bisa melihat langsung melihat proses pengolahan biji kopi hingga menjadi sebuah sajian minuman.

Konsep ini sendiri hanya Starbucks tawarkan di tiga kedai milik mereka. Selain di Shanghai, dua lainnya berada di kota asalnya, Seattle, Amerika Serikat dan di Milan, Italia.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat mengaktifkan perangkat mobile untuk coba merasakan pengalaman Augmented Reality (AR). Lewat aplikasi Taobao, pelanggan bisa mendapatkan informasi seputar kopi atau fasilitas roastery di sana lewat sebuah sajian tiga dimensi.

 

2 dari 3 halaman

Menuju Digital

Sebagai informasi, Starbucks dan Alibaba pada Agustus 2018 lalu telah menjalin kemitraan strategis New Retail untuk memberikan pengalaman minum kopi bernuansa digital.

Selain itu, Starbucks juga berkolaborasi dengan berbagai bisnis yang ada di ekosistem Alibaba, seperti platform pengantar makanan Ele.me, supermarket Hema, Tmall, dan Alipay.

Bagi pengunjung yang hendak membawa buah tangan, kedai ini menjual sekitar 30 jenis biji kopi yang didapat dari 30 negara. Terdapat pula bermacam aksesoris seperti alat pengolah kopi yang bisa dibawa pulang dengan merogoh kocek tersendiri.

Di luar kopi, Starbucks Reserve Roastery Shanghai ini juga menghidangkan suguhan minuman lain seperti bir, wine dan cocktail. Juga terdapat sekitar 80 jenis penganan, termasuk Roti Princi dari Italia buatan Rocco Princi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Kedai Kopi Ini Gunakan Bahasa Isyarat untuk Layani Pelanggan
Artikel Selanjutnya
Peduli Kaum Disabilitas, Starbucks Buka Kafe Pertama Berbahasa Isyarat