Sukses

Commonwealth Jual Asuransi Jiwa di Indonesia kepada Grup FWD

FWD yang dimiliki miliarder Hong Kong Richard Li akan beli asuransi jiwa Commonwealth Bank of Australia di Indonesia senilai Rp 4,56 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Grup FWD yang dimiliki miliarder Hong Kong Richard Li akan beli asuransi jiwa Commonwealth Bank of Australia (CBA) di Indonesia sekitar AS$ 426 juta atau USD 300 juta (Rp 4,56 triliun dengan asumsi kurs dolar AS sebesar Rp 15.210).

Langkah Richard Li tersebut memperluas bisnisnya di Asia. Transaksi itu termasuk terbaru dari beberapa di sektor asuransi Asia Tenggara. Hal itu lantaran pelaku usaha terpikat tingkat penetrasi asuransi lebih rendah dan pertumbuhan yang kuat untuk premi asuransi.

Sebelumnya transaksi tersebut diminati oleh sejumlah pihak. Mengutip laman Reuters, Selasa (23/10/2018), berdasarkan sumber,  setidaknya lima perusahaan asuransi tertarik termasuk Prudential Inggris, Sun Life Kanada mengajukan penawaran untuk 80 persen saham Commonwealth Bank Australia untuk unit asuransi di Indonesia yaitu PT Commonwealth Life.

FWD juga setuju membeli saham HSBC Holdings Plc dalam perusahaan patungan asuransi Malaysia. Dua transaksi itu menambah bisnis FWD di Singapura, Jepang, Filipina, Thailand, Vietnam.

FWD merupakan bisnis asuransi grup Pacific Century yang dijalankan oleh Richard Li, salah satu putra miliarder Li Ka-shing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Commonwealth Fokus Bisnis Bank

Adapun penjualan CBA atas 80 persen sahamnya berasal dari sebagian besar bank Australia di bawah pengawasan ketat terhadap sektor keuangan. Dengan penjualan tersebut membuat perseroan fokus untuk penyaluran pinjaman.

“Transaksi ini sejalan dengan strategi CBA untuk fokus pada bisnis inti perbankan dan menciptakan bank lebih sederhana dan baik,” tulis pernyataan bank.

Mengutip laman commonwealth, dalam transaksi tersebut PT Bank Commonwealth akan tetap distribusikan asuransi jiwa dengan bermitra bersama FWD dalam 15 tahun.

Pelanggan Commonwealth Life akan pertahankan semua manfaat dari kebijakan yang ada dan bermitra dengan FWD. Hal itu memungkin pelanggan perbankan Commonwealth mempertahankan akses ke produk asuransi jiwa.

“Menyediakan pelanggan kami di Indonesia dengan produk dan layanan berkualitas tinggi adalah inti dari tujuan kami untuk meningkatkan kesejahteraan nasabah dan masyarakat. FWD adalah grup asuransi Asia terkemuka dan kami senang bekerja sama untuk lebih meningkatkan penawaran produksi asuransi jiwa dan layanan kami kepada pelanggan,” tutur Presiden Direktur PT Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati.

Adapun pertimbangan adanya transaksi melihat dana AS$ 426 juta merupakan tiga kali dari buku Commonwealth pada 30 Juni 2018 dan 16,20 kali laba bersih Commonwealth Life.

Perseroan menyatakan akan ada pembayaran tambahan potensial yang dibayarkan seiring waktu. Ini tergantung pada kinerja kemitraan distribusi. Di bawah ketentuan kemitraan, PT Bank Commonwealth akan terus mendapatkan penghasilan atas distribusi produk asuransi jiwa

Selain Commonwealth dan FWD, transaksi asuransi lainnya di Indonesia antara lain Zurich Insurance akuisisi 80 persen saham Adira Insurance di Indonesia dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.