Sukses

Homesick saat Kuliah? Usir dengan Cara Ini

Agar homesick yang kamu rasakan tidak berlarut-larut, lakukan beberapa cara di bawah ini agar kuliahmu lancar dan senang saat menjalaninya

Liputan6.com, Jakarta - Saat kangen rumah (homesick) sudah melanda, bawaannya memang mau nangis. Hal inilah yang dirasakan kebanyakan anak rantau, khususnya yang sedang kuliah. Tentu saja, homesick adalah hal yang wajar karena adanya perbedaan situasi.

Misalnya dulu kamu tidak perlu memasak karena ada ibu yang selalu menyediakan makanan, tapi sekarang harus rela masak sendiri atau beli makanan yang tak selezat masakan orangtua agar tidak kelaparan.

Agar homesick yang kamu rasakan tidak berlarut-larut, lakukan beberapa cara di bawah ini agar kuliahmu lancar dan senang saat menjalaninya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Belajar Mengenal Lingkungan Sekitar dan Beradaptasi

Homesick dan culture shocked adalah dua hal yang akan kamu rasakan saat mengemban pendidikan di kota atau negeri orang lain. Perbedaan budaya, gaya hidup, bahasa, dan makanan akan membuatmu kangen berat sama suasana rumah.

Agar bertahan di tempat baru, kenalilah lingkungan baru dan beradaptasilah. Lama-kelamaan, kamu juga akan terbiasa dengan keadaan di sekitar sehingga perasaan homesick dapat hilang secara perlahan. (Baca Juga: Berhenti Kuliah atau lanjut? Ini Jawabannya)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Membuka Diri, Berbaurlah dengan Orang Lain

Mengurung diri di kamar tidak akan menghilangkan homesick, tapi akan membuatnya bertambah parah. Untuk itu, keluarlah dari kamar dan berbaurlah dengan yang lain.

Masuk ke lingkungan pergaulan yang baru memang tak gampang. Tapi karena niatmu baik yaitu untuk menjalin pertemanan, mereka pun akan dengan senang hati menerimamu bergabung. Intinya adalah berani membuka diri.

Dengan banyak teman, kamu tidak akan merasa homesick lagi. Apalagi jika kamu mendapat teman yang punya hobi sama, maka hari-harimu akan jauh lebih berwarna karena tidak merasa sendirian lagi untuk menekuni hobi tersebut.

3. Sulap Kos-kosan Jadi Tempat Ternyaman di Dunia

Jika merasa homesick karena suasana tempat tinggal yang jauh berbeda dengan rumah, kamu bisa menyulap kamar kos menjadi tempat ternyaman sedunia.

Caranya mudah, sediakan tali panjang dan tempelkan di dinding. Ambil koleksi fotomu, lalu jepitkan di tali tersebut. Supaya lebih menarik lagi, kamu bisa menambahkan lampu tumblr di atasnya.

Selain cara di atas, kamu juga bisa melengkapi kamar tidur dengan berbagai peralatan elektronik, seperti speaker. Ketika bosan, hidupkan musik dan bernyanyilah riang. Alhasil rasa bosan akan hilang, kamu juga tidak merasa homesick lagi.

3 dari 4 halaman

4. Ajak Teman untuk Mengeksplor Tempat Wisata Baru

Sesekali, ajaklah temanmu untuk mengeksplor tempat wisata baru yang belum pernah dikunjungi. Entah itu wahana permainan, restoran, kafe, atau museum.

Ajak teman yang memang asli kota atau negara tempatmu mengemban studi, karena mereka tahu spot-spot terbaik tempat wisata tersebut.

5. Sesekali, Hubungi Orangtua untuk Menanyakan Kabar Mereka

Meskipun homesick perlahan-lahan sudah hilang, tapi bukan berarti kamu harus melupakan orang rumah, ya. Sesekali, luangkan waktu untuk menghubungi orangtua dan menanyakan kabar mereka.

Selain itu, kamu juga dapat bertukar pikiran dengan mereka sambil sedikit bercerita tentang pengalamanmu selama kuliah di luar negeri.

Menjaga komunikasi dengan orang tua itu perlu, apalagi jika jarak kalian benar-benar jauh. Kamu juga bisa menjalin komunikasi melalui sosial media, seperti Line, Whatsapp, atau Skype agar lebih murah.

4 dari 4 halaman

6. Belajar Menyibukkan Diri dan Menggali Potensi

Sibukkan diri dengan mengikuti berbagai kegiatan positif di kampus, seperti organisasi, ekstrakurikuler, atau kelompok belajar. Ketika jam perkuliahan selesai, setidaknya kamu masih punya kegiatan lain yang dapat menambah ilmu pengetahuan.

Di sela-sela kegiatan kampus, kamu juga dapat menggali potensi dalam dirimu dengan cara membaca, menulis, atau mendengarkan presentasi online untuk meningkatkan kemampuan public speaking.

Lawan Homesick dengan Kegiatan Bermakna

Dengan menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan bermakna, homesick dapat hilang dengan sendirinya. Intinya, kamu harus melawan rasa homesick agar kuliahmu tetap lancar dan cepat selesai. Semangat, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.