Sukses

7 Tips Mengatasi Homesick Bagi Anak Kost

Homesick merupakan keadaan dimana munculnya perasaan kangen terhadap rumah

Citizen6, Jakarta Anda salah satu orang yang hidup berjauhan dengan orang tua maupun keluarga, apakah Anda pernah merasakan homesick?

Ya, homesick merupakan keadaan dimana munculnya perasaan kangen terhadap rumah, kangen dengan suasana ketika bersama orangtua, kakak maupun adik di rumah. Perasaan ini sering dialami oleh para anak kost yang merantau jauh untuk melanjutkan pendidikannya.

Biasanya homesick lebih sering dialami oleh para perempuan. Perasaan kangen rumah ini sering Anda rasakan tiba-tiba atau begitu saja. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi homesick yang sedang melanda Anda. Berikut ulasannya:

1. Menyibukan diri

Setiap orang yang sibuk melakukan banyak kegiatan pasti tidak ada waktu untuk memikirkan sesuatu yang tidak berkaitan dengan kesibukannya, homesick misalnya. Kesibukan yang bisa Anda lakukan sebagai mahasiswa tentunya selain belajar dan mengerjakan tugas bisa juga dilakukan dengan mengikuti organisasi di kampus. Sehingga akan banyak waktu tersita untuk sibuk belajar dan juga berorganisasi.

2. Hangout bersama teman

Diluar dari kesibukan Anda untuk belajar dan berorganisasi, jalan keluar bersama teman juga merupakan hal yang penting dilakukan. Ketika Anda hangout bersama teman akan banyak hal menyenangkan yang dilakukan, Anda akan bisa tertawa lepas bisa juga untuk menghilangkan kejenuhan Anda terhadap kesibukan yang dijalani.

3. Olahraga

Ketika tidak ada kesibukan atau kegiatan yang dapat membuat Anda menjauhi perasaan homesick, maka berolahragalah. Dengan olahraga, selain menyehatkan badan juga menyegarkan jiwa. Pikiran positif akan terpancar terhadap diri Anda. Olahraga bisa dilakukan dengan jogging ataupun berenang di pagi atau sore hari, bisa dilakukan sendiri ataupun dengan mengajak teman.

4. Jauhi kamar kost

Kamar kost adalah tempat Anda beristirahat juga digunakan sebagai ruang dimana Anda bisa memiliki waktu untuk sendiri. Ini yang dapat mendukung perasaan kangen rumah muncul. Disaat ruangan kamar sedang tidak ada orang, perasaan homesick pun akan muncul jika Anda tetap berada di kamar kost.

5. Mandiri

Biasakan diri untuk hidup mandiri. Hidup jauh dari keluarga untuk perantau awal adalah sesuatu yang sulit, tetapi lambat laun akan menjadi biasa untuk menjadi mandiri. Melakukan apapun tanpa bantuan siapapun, termasuk keluarga akan menjadikan Anda terbiasa hidup mandiri. Dengan Anda menjadi terbiasa sendiri, Anda tidak akan lagi mengandalkan peran keluarga untuk beberapa hal. Ini akan membuat Anda terhindar dari rasa homesick.

6. Telepon orang rumah

Komunikasi dengan orang rumah adalah sesuatu yang penting, dengan ini Anda dapat mengetahui bagaimana kabar dan keadaan orang rumah termasuk diri Anda yang jauh dari keluarga. Namun, jangan membiasakan diri untuk menelpon orang rumah dengan skala waktu yang sering. Memang, komunikasi terhadap keluarga terlebih orangtua adalah hal yang penting, tetapi coba untuk mengurangi intensitas menelfon. Ini mampu membantu Anda untuk hidup lebih mandiri dan terhindar dari perasaan homesick. Ketika perasaan kangen dengan rumah sudah tidak bisa ditahan, segeralah telepon orang rumah, dengan demikian perasaan homesick akan berkurang.

7. Pulang

Pulang ke rumah adalah sesuatu yang sangat dinanti oleh banyak perantau seperti mahasiswa, terlebih ketika libur akan tiba, kebanyakan dari mereka akan segera membeli tiket pulang. Pulang ke rumah dan berkumpul bersama keluarga merupakan obat homesick paling manjur. Ketika pulang, benar-benar manfaatkanlah waktu dirumah bersama keluarga agar ketika kembali meninggalkan rumah tidak homesick lagi dikemudian hari.(ule)

Pengirim:

Kartini Lidyawati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini