Sukses

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Manado, Penyaluran BBM Tak Terganggu

Saat ini penyaluran BBM ke masyarakat Manado dan sekitarnya tidak mengalami gangguan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyatakan kondisi penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah Manado dan sekitarnya masih berjalan normal.  Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (13/10/2018), pada pukul 12.34 Wita.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region VII Roby Hervindo mengatakan‎, gempa yang mengguncang Manado pada Sabtu siang tidak menimbulkan kerusakan pada infrastruktur penyaluran BBM.

sAAT ini kondisi Terminal BBM Bitung yang memasok BBM ke wilayah tersebut masih beroperasi. sedangkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) juga tidak ada yang mengalami kerusakan akibat gempa.

"Terminal BBM Bitung aman enggak ada kerusakan, SPBU di sekitar juga enggak rusak," kata Roby, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu (13/10/2018).

Menurut Roby, dengan kondisi infrastruktur penyaluran BBM yang tidak mengalami kerusakan dan masih beroperasi, maka saat ini penyaluran BBM ke masyarakat tidak mengalami gangguan.

"Secara umum operasi‎ penyaluran ke masyarakat enggak terganggu," ujarnya.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Manado, Terasa di Seluruh Sulut

 Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (13/10/2018), pada pukul 12.34 Wita.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, lokasi gempa berada di 1,36 Lintang Utara (LU) dan 125,46 Bujur Timur (BT). Dengan pusat gempa di 38 kilometer Tenggara Bitung, pada kedalaman 97 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

"Gempa bumi tektonik yang cukup kuat dengan kedalaman dangkal memang bisa dirasakan dengan lebih luas. Dan ini sesuatu yang normal," jelas Edward dari BMKG.

Sementara itu, getaran gempa yang cukup kuat sempat diraskakan Lannie Bengi, warga setempat. "Manado gempa," ungkap Lannie Bengi, warga Manado beberapa detik setelah terjadinya guncangan.

Selain Manado, getaran gempa juga dirasakan di beberapa kabupaten dan kota di Sulawesi Utara. Seperti Minahasa Utara, Bitung, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan,Sangihe, Sitaro, dan daerah lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Manado