Sukses

8 Pekerjaan yang Paling Cocok buat Milenial

Generasi milenial seringkali dikenal dengan karakteristiknya sebagai 'kutu loncat' di dunia kerja. Nah, 8 pekerjaan ini cocok bagi para milenial!

Liputan6.com, Jakarta - Generasi milenial menjadi salah satu pencari kerja yang aktif saat ini, mengingat sebagian memang telah dalam usia lulus kuliah dan siap untuk bekerja. Berbeda dengan generasi sebelumnya, milenial memang dikenal dengan pola hidup yang praktis dan lebih modern.

Ada banyak jenis pekerjaan yang sekarang ini paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan cocok buat para milenial. Mengingat gaya hidup generasi milenial ini yang lebih suka nomaden alias berpindah tempat atau tidak bekerja di dalam kantor.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut delapan pekerjaan yang banyak dibutuhkan dan cocok buat para milenial setelah lulus kuliah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Software Engineer

Pesatnya perkembangan teknologi digital menjadi salah satu angin segar bagi lulusan IT. Hingga saat ini, tenaga di bidang yang satu ini masih sangat banyak dibutuhkan. Tidak harus selalu berada di kantor, sebagian teknisi komputer bahkan menjalani pekerjaan mereka sebagai pekerja lepas (freelancer).

Namun jangan ditanya tentang pengasilannya, sebab pekerjaan yang satu ini menjadi salah satu yang paling menjanjikan. Mengingat rata-rata penghasilan seorang teknisi komputer memang cukup jauh di atas pekerjaan lainnya.

2. Desainer Grafis

Jika belasan tahun lalu pekerjaan ini kurang diminati, maka perkembangan teknologi digital telah membawa banyak perubahan saat ini. Perancang grafis (desainer grafis) kini lebih diminati dan lebih banyak dibutuhkan.

Sebab sistem digital telah memberikan lebih banyak ruang kerja untuk lulusan dari jurusan ini. Bertransformasi menjadi lebih modern dan canggih, pekerjaan ini cocok bagi para milenial serta banyak dibutuhkan oleh perusahaan. (Baca Juga: Motivasi Kerja Mulai Hilang? Ini Cara Untuk Mengembalikannya)

3 dari 5 halaman

2. Analis Investasi Perbankan

Dunia investasi juga mengalami banyak perubahan, sebab saat ini lebih banyak orang yang melek dengan aktifitas keuangan. Menjadi analis investasi perbankan merupakan pekerjaan yang penuh tantangan sekaligus cukup menjanjikan.

Saat ini cukup banyak dibutuhkan keahlian di bidang ini. Selain memberikan peluang gaji yang besar, jenis pekerjaan ini juga sangat cocok bagi Anda, kaum milenial.

4. Account Executive

Penghasilan yang besar dan juga lingkungan kerja yang menyenangkan menjadi salah satu hal menarik di dalam pekerjaan ini. Bagi Anda para milenial yang berniat untuk mengejar jenjang karier dengan cepat, maka menjadi seorang Accout Executive adalah pilihan yang sangat tepat. Karena pekerjaan ini juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

5. Asisten Media Planner

Asisten Media Planner juga menjadi awal karier yang baik dan sangat menantang, terutama bagi milenial yang suka melakukan penelitian dan analisa. Pekerjaan yang satu ini juga menjanjikan dan cukup banyak dibutuhkan serta cocok bagi generasi milenial. (Baca Juga: Tips Mengurangi Kebiasaan ‘Workaholic’)

4 dari 5 halaman

6. Social Media Specialist

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, banyak perusahaan yang membutuhkan senaga untuk mengisi sebagai Social Media Specialist. Maklum saja, bukan hanya orang pribadi, perusahaan pun butuh dikenal di kalangan netizen.

Dan media sosial merupakan alat yang cukup efektif dan efisien untuk itu. Bahkan jenis pekerjaan ini bisa dilakukan di mana saja, tidak harus ngantor. Jadi bagi Anda yang milenial, bekerja sebagai social media specialist ini cukup tepat.

7. Analis Bisnis

Bukan hanya menarik, pekerjaan menjadi analis bisnis tentu menjanjikan penghasilan yang cukup besar. Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang ini, berbagai peluang usaha juga mudah didirikan.

Sehingga kebutuhan akan keterampilan dari seorang analis bisnis ini sangat dibutuhkan banyak perusahaan. Nah, Anda sebagai generasi milenial layak menekuni pekerjaan ini.

5 dari 5 halaman

8. Content Writer

Tentu saja, pekerjaan sebagai penulis konten (content writer) ini juga menjajikan dan lingkungan kerja yang cocok buat para milenial karena bisa dilakukan secara kerja lepas (freelance). Sehingga bisa dilakukan di mana saja. Tentu saja, ada banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja untuk posisi content writer.

Pilih Pekerjaan yang Sesuai Kemampuan dan Keinginan

Berbeda dengan generasi sebelumnya, generasi milenial memang memiliki kesempatan besar untuk berkarier di berbagai bidang pekerjaan yang lebih beragam. Bukan hanya menatang, beberapa jenis pekerjaan yang cocok bagi para milenial juga menjanjikan penghasilan yang besar.

Dari banyak jenis pekerjaan yang banyak dibutuhkan dan cocok buat milenial, pilih pekerjaan yang sesuai kemampuan dan keinginan Anda.

(Felicia Margaretha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.