Sukses

Orang Dewasa Harus Punya Adult Coloring Books, Alasannya?

Liputan6.com, Jakarta - Jika berbicara tentang menggambar dan mewarnai, seakan-akan kembali lagi ke masa lalu ketika masih duduk di bangku taman kanak-kanak serta merasa seperti anak kecil lagi. Nah, saat ini ada adult coloring books yang jadi tren di berbagai kalangan dan membuat siapa pun akan mengingat masa kecilnya.

Tren unik yang satu ini tak hanya membangkitkan memori masa kecil saja, tapi juga bisa memberikan manfaat yang luar biasa. Bahkan menurut seorang psikolog, kegiatan mewarnai bisa mengurangi stres dan mampu relaksasi pusat rasa takut di otak (Amygdala), sehingga membuat pikiran jadi lebih bisa beristirahat.

Ada banyak manfaat dari adult coloring books ini. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut manfaat lain pentingnya memiliki buku mewarnai khusus orang dewasa ini.

1. Mengurangi dan Menghilangkan Stres

Menurut penelitian, aktivitas mewarnai membuat pusat stres yang memicu rasa takut di otak jadi lebih rileks. Dan secara signifikan bisa menurunkan ketegangan serta perasaan tertekanan yang sering dialami, sehingga membuat pikiran jadi lebih santai.

Mewarnai juga bisa jadi ajang bermeditasi yang bisa Anda lakukan kapan pun. Sehingga respons otak terhadap tekanan atau stres tersebut menjadi tidak terlalu berbahaya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

2 dari 4 halaman

2. Membuat Otak Bisa Lebih Fokus

Tahukah, bahwa melakukan aktivitas mewarnai bisa membantu Anda lebih mudah memecahkan masalah? Menurut Leslie Marshall, seorang clinical counselor, aktivitas mewarnai sebuah gambar akan merangsang lobus frontal otak terbuka sehingga akan meningkatkan kemampuan pikiran agar lebih fokus.

Hal tersebut melatih otak jadi lebih kritis dalam mengelola permasalahan. Sehingga ketika sedang mengalami masalah, pikiran tak akan mudah tertekan dan mampu untuk mencari solusi dengan baik. (Baca Juga: Menabung dengan Gaji Rp 4 Juta dan Bahagia, Bisa? Ini Caranya)

3. Mendukung Kemampuan Motorik dan Visual Meningkat

Tak hanya membantu menurunkan tingkat emosi, kegiatan mewarnai pun ternyata juga mampu mendorong kemampuan motorik sekaligus visual. Sebab dalam kegiatan mewarnai ini memerlukan kemampuan logika dan juga kreativitas ketika memadukan warna agar terlihat menarik. Sehingga motorik dan visual akan terasah dengan baik.

3 dari 4 halaman

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Setiap orang punya karakter masing-masing yang berbeda. Melalui kegiatan mewarnai, Anda mampu mengembangkan karakter diri. Sebab Anda bisa bebas menjadi diri sendiri dan bebas berimajinasi dalam mewarnai pola gambar.

Perlihatkan bakat terpendam yang Anda miliki dan mulailah mewarnai pola di depan Anda. Tak usah terlalu peduli dengan komentar tentang gambar yang Anda buat, yang penting Anda menikmatinya.

5. Sebagai Sarana Bersosialisasi

Tak dimungkiri, mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan. Tak heran bila banyak yang suka melakukannya. Dan saat ini sudah jadi tren yang banyak digemari semua kalangan.

Itulah sebabnya mewarnai juga bisa jadi ajang untuk saling bersosialisasi dengan orang-orang baru yang punya minat sama. Tak ada salahnya membuat coloring party bareng sahabat di waktu senggang atau akhir pekan di rumah. (Baca Juga: Tips Membangun Karier Cemerlang Berdasarkan Tipe Kepribadian)

4 dari 4 halaman

6. Bisa Jadi Hiasan Gratis

Suka nonton DIY video di Instagram atau YouTube dan ingin sekali mencoba tetapi takut gagal? Coba saja dahulu dengan mewarnai pola-pola unik di coloring adult books, tak usah takut gagal. Anda bisa melakukannya kapan pun saat ada waktu luang dan hasilnya bisa Anda pajang di dinding kamar atau mengunggahnya ke media sosial Anda.

7. Digunakan oleh Psikiater

Mewarnai bukan hanya bagus untuk kecerdasan anak-anak tetapi juga bermanfaat untuk orang dewasa. Bahkan Carl Jung, seorang psikolog besar dan ternama sering memakai teknik mewarnai dengan memakai motif mandala untuk membantu pasiennya menjangkau alam bawah sadar.

Sebagai alternatif meditasi untuk menenangkan diri dan sarana relaksasi sekaligus membuat seseorang jadi lebih fokus. Tetapi tak harus menggunakan motif tersebut, karena apapun motifnya Anda tetap bisa mendapatkan hasil yang sama.

Berimajinasilah dengen Warna dan Nikmati Hidup

Mewarnai gambar memang sangat menyenangkan, tak cuma anak-anak saja yang menyukainya, tapi orang dewasa pun juga suka. Ini karena kegiatan mewarnai tak hanya menyenangkan, tetapi juga bisa mengurangi tingkat stres. Sekaligus membantu pikiran agar lebih fokus dan bebas dalam berimajinasi, sehingga meningkatkan kreativitas dan produktivitas individual. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai mewarnai sekarang juga, berimajinasilah, dan nikmati hidup Anda.

Loading
Artikel Selanjutnya
9 Trik Jitu agar Tak Grogi saat Wawancara Kerja
Artikel Selanjutnya
3 Peluang Lulusan Akuntansi di Bisnis Startup