Sukses

Menhub Budi dan Menteri Rini Cek Kesiapan Bandara Sambut Asian Games

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung penyambutan delegasi dan official Asian Games 2018 melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Empat bandara di bawah PT Angkasa Pura II yaitu Bandara Palembang, Soekarno-Hatta, Halim Perdana Kusumah dan Kertajati dipastikan siap menyambut delegasi dari 45 negara peserta Asian Games.

“Dilaporkan dari sisi infrastruktur seluruhnya sudah siap, baik di Soekarno-Hatta dan Palembang. Terutama Garuda Indonesia yang merupakan armada utama untuk melayani seluruh delegasi ke Soetta dan Palembang," ucap Ketua Satgas Asian Games Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi, di posko utama Asian Games 2018, Tangerang, Sabtu (11/8/2018).

Persiapan penyambutan delegasi tamu Asian games 2018 ini, lanjut dia, telah dilakukan pihaknya sejak H-10 atau sekitar 8 Agustus 2018. Penyambutan itu masih terus dilakukan penyempurnaan.

Pada praktiknya, Agus menuturkan, penyambutan kedatangan atlet mulai dari bandara hingga tiba di hotel tujuan para delegasi dan atlet telah disiapkan sehingga tidak menyatu dengan alur penumpang reguler.

"Secara keseluruhan penyambutan delegasi Asian Games di terminal 2 dan 3. Flownya sudah kami atur sedemikian rupa agar para delegasi ini bisa cepat bergerak menuju bus untuk menuju venue dan hotel mereka," kata Agus.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi PT Angkasa Pura II yang telah berusaha keras dalam meningkatkan pelayanan terhadap delegasi Asian Games 2018 di semua bandara yang dikelolanya.

"Saya apresiasi AP II dalam mengkordinir ini dengan baik ke seluruh stake holder di bandara termasuk TNI dan Polri. Saya pinta bandara-bandara melayani delegasi dan official Asian Games ini bekerja dengan baik dalam memberikan servicenya," kata dia.

 

Reporter: Kirom

Sumber: Merdeka.com

 

2 dari 2 halaman

Menteri Yasonna: Bandara Soetta Siap Terima 17.194 Kontingen Asian Games

Sebelumnya, Ketua Inasgoc Erick Tohir dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) di Kota Tangerang. Yasonna memastikan Bandara Soetta sudah siap menerima 17.194 kontingen Asian Games 2018.

"Hasil sidak kami hari ini di Terminal 3 Bandara Soetta, secara keseluruhan dipastikan bandara ini sudah siap menerima para tamu Asian Games," tutur Menteri Yasonna, Kamis 2 Agustus 2018.

Hasil tersebut setelah pihaknya bersama Inasgoc, mengecek alur kedatangan dan keberangkatan yang akan dilalui official dan atlet Asian Games. Seperti di pintu pemeriksaan atau x-Ray, lanjut ke area konter Imigrasi.

"Tadi kami lihat untuk area konter Imigrasi akan diaktifkan 32 kedatangan dan 32 kepulangan. Itu di luar untuk WNI akan ada konter sendiri atau auto gate, jadi tidak akan tabrakan," ungkap Yasonna.

Lanjut ke area akreditasi, nantinya para official dan atlet akan divalidasi ulang identitas. Sebab, Inasgoc dari jauh hari sudah memegang data 17.194 peserta dari masing-masing negara.

Barulah para peserta Asian Games ini diarahkan keluar pintu Terminal 3 dengan dibuatkan jalur khusus 'Asian Games Line'. Dengan begitu, tidak tercampur dengan pengunjung atau calon penumpang Bandara Soekarno Hatta lainnya.

"Barulah disambut dengan bus yang sudah disiapkan untuk mengangkut para peserta (Asian Games) ini," kata Yasonna.

Yasonna mengaku semua sudah sesuai dengan alur yang direncanakan sebelumnya. Sehingga, bandara yang dijadikan sebagai beranda terdepan dan terakhir dipastikan sudah siap menerima para tamu.

"Itu teorinya, tapi semua kesuksesan akan terlaksana dengan baik bila ada kordinasi yang baik antar semua pihak," ujar Yasonna.

Yasonna pun menyoroti kekompakan Komunitas Bandara Soekarno-Hatta (Kombata) dalam persiapan Asian Games ini. "Kompak banget, tadi saja apel gelar pasukan yang datang 970 personel," ujarnya.

Mulai dari Imigrasi, APII, Karantina, Basarnas, Avsec, security gabungan, TNI/POLRI, dan para maskapai penerbangan. "Saya dapat bocoran, tiap hari itu total yang bertugas ada 10 ribu orang di Bandara ini, jadi kami tambah yakin persiapan di Soekarno-Hatta akan semakin baik," Yasonna memungkas.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Artikel Selanjutnya
Dukung Ekonomi, Pemimpin Bakal Terpilih Mesti Genjot Dua Sektor Ini
Artikel Selanjutnya
Lika Liku Prabowo Subianto Gandeng Sandiaga Uno Maju Pilpres 2019