Sukses

5 Wanita Ini Buktikan Usia Tak Halangi Kesuksesan

Liputan6.com, Jakarta - Tidak selamanya sukses itu milik anak muda belaka. Di dunia ini, justru banyak orang yang masih produktif dan menggapai kesuksesan di usia tua. Hal ini tentu saja mematahkan anggapan bahwa hanya anak muda yang bersemangat dan segar yang mampu sukses.

Terkait hal ini, menurut Swara Tunaiku, ada lima sosok perempuan yang bisa menjadi inspirasi. Mereka menunjukkan bahwa sukses itu bisa diraih oleh siapa saja, umur berapa saja, dan bisa dimulai kapan saja.

Berikut adalah lima perempuan yang membuktikan bahwa usia bukan penghalang meraih sukses.

2 dari 6 halaman

1. Katy Perry

Perjalanan Katy Perry meraih kesuksesan cukup panjang dan berliku. Sebelum menjadi penyanyi terkenal, Perry beberapa kali mengalami batu sandungan saat merintis karier di dunia musik.

Pada 2001, Perry memulai debut dengan hasil yang kurang menggembirakan. Kondisi ini terus berlanjut hingga Perry jatuh miskin. Ia bahkan sempat kesulitan membayar sewa apartemen. Akan tetapi, karena sabar dan telaten, akhirnya nama Perry melambung setelah merilis lagu I Kissed a Girl, tujuh tahun setelah debut.

3 dari 6 halaman

2. J.K. Rowling

Novelis kondang yang memperkenalkan serial Harry Potter kepada dunia ini memiliki kisah yang menyentuh hati. Rowling bisa menjadi contoh bahwa perjalanan menjadi novelis hebat itu tidaklah instan. Rowling bahkan menulis serial dunia sihir ini dalam kondisi finansial yang sulit.

Setelah novel awal Harry Potter selesai pun, karya Rowling ditolak 12 penerbit. Namun setelah 7 tahun, Rowling akhirnya berhasil menerbitkan serial Harry Potter yang segera menjadi best-seller. Saat ini, Rowling merupakan novelis kaya raya. Serial Harry Potter pun masih terus dicetak ulang.

4 dari 6 halaman

3. Vera Wang

Terkadang, zona nyaman menjadikan orang takut untuk menghadapi tantangan baru dalam hidup. Hal ini terjadi karena usia muda jarang meraih sukses ketika memulai kembali dari titik nol.

Akan tetapi, mantan editor fashion dan figure skater bernama Vera Wang mematahkan mitos ini. Karier Vera Wang dalam dunia desain dimulai ketika ia berusia 40 tahun. Saat itu, dia mendesain gaun pengantin sendiri.

5 dari 6 halaman

4. Amy Poehler

Komedian Amy Poehler yang saat ini tengah membintangi serial televisi Parks and Recreation juga mengalami perjalanan karier yang cukup naik turun.

Sebelum terkenal seperti sekarang, Poehler tampil dalam berbagai proyek film dan televisi seperti Mean Girls (2004) dan Upright Citizens Brigade (1996).

Akan tetapi, nama Poehler baru benar-benar dikenal publik luas ketika mendapatkan peran utama dalam Parks and Recreation pada 2009. Saat itu, ia berusia 38 tahun. Ia juga mengukir prestasi saat meraih penghargaan Best Actress in a Comedy Series di Critics Choice Television pada 2012.

6 dari 6 halaman

5. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey memulai karier sebagai co-anchor di kota Baltimore saat berusia 22 tahun. Akan tetapi, kariernya mandek karena gaya bahasanya dianggap kurang menarik. Selain itu, Winfrey juga dinilai sering melakukan kesalahan pengucapan.

Akan tetapi, kondisi ini menumbuhkan tekadnya. Berawal dari sinilah, kariernya mulai berubah menuju kesuksesan. Ia dipindahkan ke acara talk show sampai dia memiliki talk show-nya sendiri dan mendapatkan penggemar di seluruh dunia.

Lima perempuan di atas bisa menjadi teladan untuk yang masih takut mengejar mimpi. Hal yang patut diingat adalah, karier itu bisa dimulai kapan pun. Tidak ada kata terlambat selagi masih mau mencoba. Jangan biarkan usia menjadi kendala untuk meraih kesuksesan yang menanti di depan sana.

Artikel Selanjutnya
5 Cara Capai Karier Cemerlang Menurut Ahli Fengshui
Artikel Selanjutnya
Intip Peruntungan Karier Menurut Zodiak Kamu, Sudah Sesuai?