Sukses

AirAsia X Kembali Pesan 34 Pesawat Airbus A330neo

AirAsia X akan menjadi maskapai pertama yang mengoperasikan A330neo di Asia.

Liputan6.com, Jakarta - AirAsia X memesan kembali 34 pesawat lorong ganda A330neo. Pemesanan ini diumumkan di Farnborough Air Show di Inggris oleh AirAsia Co-Founder dan AirAsia X Group Chief Executive Officer Kamarudin Meranun, Chairman of AirAsia X Tan Sri Rafidah Aziz, dan Airbus Chief Commercial Officer Eric Schulz.

AirAsia X menjadi maskapai pelanggan terbesar bagi A330neo, dengan total pemesanan yang meningkat menjadi 100 pesawat. Seluruh pesawat A330neo yang dipesan oleh AirAsia X merupakan model yang lebih besar, yakni A330-900.

Menawarkan jangkauan yang memungkinkan penerbangan non-stop ke Eropa, termasuk rute Kuala Lumpur menuju London, pesawat A330neo memungkinkan AirAsia X mengembangkan model bisnis penerbangan jarak jauh dengan harga operasional yang lebih rendah. A330neo juga akan memungkinkan para penumpang untuk terbang lebih jauh dengan tarif yang sangat kompetitif.

AirAsia X akan menjadi maskapai pertama yang mengoperasikan A330neo di Asia, dengan pengiriman pesawat pertama dijadwalkan pada Q4 2019. A330neo akan dioperasikan oleh AirAsia X di Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

"Penerbangan jarak jauh berbiaya rendah adalah sesuatu yang sangat kami percayai, dan pemesanan ini mencerminkan keyakinan kami pada model bisnis AirAsia X," ujar AirAsia Co-Founder dan AirAsia X Group Chief Executive Officer, Kamarudin Meranun, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (20/7/2018).

AirAsia Co-Founder dan AirAsia X Co-Group Chief Executive Officer Tan Sri Tony Fernandes menambahkan penambahan 34 pesawat A330neo dari sebelumnya 66 unit merupakan sebuah keputusan yang lahir dari evaluasi pesawat yang mungkin paling menyeluruh di industri penerbangan.

"Kami telah melihat setiap sisi A330neo mulai dari kinerja teknis dan keandalan hingga kenyamanan penumpang dan jelas inilah pesawat yang tepat untuk mendukung kami memperluas jaringan penerbangan jarak jauh secara efisien."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keluarga A330

A330neo merupakan versi terbaru dari Keluarga A330 yang berlorong ganda. Pesawat ini menggunakan mesin Rolls-Royce Trent 7000 generasi baru, sayap baru yang telah disempurnakan, dan penggunaan material komposit yang lebih banyak. Semua pembaruan ini menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat hingga 25 persen jika dibandingkan dengan pesawat dari generasi sebelumnya yang memiliki ukuran kurang lebih sama.

Penumpang dapat menikmati tingkat kenyamanan tertinggi ketika terbang bersama A330neo karena pesawat ini telah dilengkapi kabin Airspace oleh Airbus yang telah memenangkan penghargaan. Pada awalnya didesain untuk pesawat yang lebih besar yaitu A350 XWB, kabin Airspace memiliki dinding dan perlengkapan yang telah didesain ulang, kompartemen penyimpanan yang lebih besar, pencahayaan suasana yang canggih, dan teknologi hiburan serta keterhubungan terbaru.

Keluarga Pesawat A330 merupakan salah satu lini produk pesawat lorong ganda paling sukses, dengan lebih dari 1.700 pesanan dari 120 pelanggan. Lebih dari 1.400 pesawat A330 beroperasi dengan lebih dari 120 operator di seluruh dunia. Dengan pengumuman hari ini, pesawat A330neo telah memenangkan 250 pesanan bahkan sebelum mulai beroperasi bersama operator.

Saat ini pesawat A330neo hampir menyelesaikan rangkaian uji penerbangan dengan proses sertifikasi diperkirakan selesai dalam beberapa minggu mendatang. Kemudian, pesawat ini akan mulai terbang bersama maskapai di bulan September.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.